Kajian Relevansi Kurikulum SMK dengan Kebutuhan Pengembangan Teknologi Masa Depan di Indonesia
Abstract
Upaya pembaharuan pendidikan harus dilakukan secara terus-menerus sejalan dengan perkembangan ilmupengetahuan dan teknologi, tuntutan ekonomi, dan perubahan dalam masyarakat. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji
relevansi kurikulum pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) terhadap kebutuhan pengembangan teknologi
masa depan yang sesuai bagi bangsa Indonesia. Metode kajian yang digunakan, selain melalui studi meja dan diskusi
dengan pakar, juga dilakukan analisis data sekunder untuk mendapatkan peta program-program keahlian yang ada di
sekolah kejuruan. Hasil kajian antara lain menunjukkan bahwa jurusan bisnis dan manajemen merupakan program
keahlian yang paling banyak yaitu 2.239 unit; sedangkan program keahlian yang paling relevan dengan arah
kebijakan pengembangan ristek adalah jurusan atau program keahlian teknologi informasi yaitu sekitar 2.904 unit.
Kata kunci: sekolah kejuruan, kurikulum, teknologi masa depan
Downloads
Articles published in Jurnal Penyuluhan are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license. Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Penyuluhan to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.