KAJIAN TEKNIS BERDASARKAN KONDISI EKSISTING BENTUK KAPAL HANDLINES DI NELAYAN LOKAL KENDARI
Abstrak
Kendari adalah kota di Sulawesi Tenggara yang mempunyai potensi kelimpahan sumberdaya ikan yang tinggi. Makanya banyak sekali bantuan kapal yang akan dialokasikan ke wilayah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan kondisi armada kapal di Sulawesi Tenggara dan membuat kajian teknis kapal handlines yaitu tingkat stabilitas, tahanan dan periode oleng kapal yang ada di Sulawesi Tenggara. Kelaiklautan kapal dengan stabilitas, tahanan gerak dan rolling period. Pada kelompok desain kapal Kendari terdapat tiga kelompok besar, sedang dan kecil. Dari ketiga kelompok semua desain bentuk linggi haluan yaitu raked bow landai yang menandakan bahwa kapal disana adalah seragam dari bentuk linggi haluan. Desain tersebut memiliki bentuk penampang membujur yang berbeda, yaitu double pointed untuk kelompok dengan ukuran kelompok kecil dan transom untuk kapal dengan ukuran besar dan sedang. Estimasi dari stabilitas, rolling period dan tahanan kapal yang ada di Sulawesi Tenggara yaitu dari ketiga kriteria memiliki nilai yang memenuhi kriteria. Kapal dengan ukuran kelompok sedang, memiliki nilai stabilitas yang baik diantara kedua kelompok besar dan kecil. Berdasarkan kemampuan tahanan gerak, kapal dengan ukuran kelompok sedang, memiliki nilai tahanan yang paling besar karena untuk kapal dengan alat tangkap handline tidak memerlukan kecepatan karena alat tangkap pasif. Berdasarkan nilai rolling period kapal dengan ukuran kelompok sedang, besar dan kecil memiliki nilai sesuai persyaratan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kapal handlines menjadi pilihan nelayan untuk dipilih sebagai kapal bantuan.