PENGARUH RASIO DIMENSI UTAMA TERHADAP STABILITAS KAPAL PURSE SEINE DI KECAMATAN KUSAN HILIR (STUDI KASUS KAPAL PURSE SEINE KMN BANGUN POLEA 01)

  • Frans Handika Setiawan Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Eka Anto Supeni Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Aulia Azhar Wahab Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

Abstrak

Kapal purse seine termasuk jenis kapal encircling dan kapal yang digunakan untuk membawa  alat tangkap purse seine yang target tangkapannya merupakan ikan yang bersifat schooling fish pada saat kapal melingkari target harus memiliki stabilitas kapal yang baik agar keselamatan dan keamanan nelayan terjamin. Dalam menentukan stabilitas kapal yang paling pertama harus diperhatikan yaitu pada saat pembuatan kapal dan penentuan rasio dimensi utama kapal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio dimensi utama terhadap stabilitas Kapal Purse Seine KMN Bangun Polea 01. Metode yang digunakan yaitu metode studi kasus dengan analisis deskriptif dan perhitungan parameter hidrostatis kapal. Hasil penelitian menunjukkan rasio dimensi utama yaitu nilai L/B sebesar 5,5, nilai L/D sebesar 15,71 dan nilai B/D sebesar 2,85. Dari rasio dimensi utama kapal yang berpengaruh terhadap stabilitas yaitu nilai B/D

Diterbitkan
2021-01-20