Integrasi Pasar Komoditas Unggulan Minapolitan di Palabuhanratu (Market Integration for Major Minapolitan Commodities in Palabuhanratu)

  • Ardani Ardani
  • Tri Wiji Nurani
  • Ernani Lubis

Abstract

Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu telah ditetapkan sebagai lokasi proyek minapolitan perikanan tangkap.Pemerintah daerah menetapkan tuna dan layur sebagai komoditas unggulan minapolitan. Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam pengembangan komoditas unggulan adalah  integrasi pasar. Dalam integrasi pasar, harga suatu komoditas sangat responsif terhadap perubahan harga produk yang memiliki kualitas yang sama di pasar lainnya. Hubungan harga spasial dapat menunjukkan kinerja pasar secara keseluruhan.Kinerja pasar yang efisien dapat digunakan sebagai salah satu daya saing komoditas unggulan minapolitan di Palabuhanratu.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi pasar tuna dan layur di kawasan minapolitan perikanan tangkap Palabuhanratu. Model Ravallion digunakan untuk menganalisis integrasi pasar tuna dan layur antara pasar lokal dan  pasar ekspor. Metode Index of Market Connection digunakan untuk menghitung derajat integrasi di antara kedua pasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasar bigeye tuna segar dan layur di Palabuhanratu terintegrasi baik untuk jenis pasar lokal maupun pasar ekspor.

Kata kunci: perikanan tangkap, integrasi pasar, minapolitan, Palabuhanratu

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ardani Ardani
Technical Advisor PT.CIDES Persada Comsultant
Tri Wiji Nurani
Staf Pengajar di Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor
Published
2013-10-19