ALIRAN PERDAGANGAN LADA INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL

  • Eka Miftakhul Jannah Program Studi Agribisnis, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor
  • Rita Nurmalina Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pernanian Bogor
  • Ratna Winandi Asmarantaka Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pernanian Bogor
Kata Kunci: ekspor impor, lada, perdagangan internasional, potensi perdagangan

Abstrak

Indonesia merupakan salah satu negara produsen dan eksportir lada terbesar di dunia. Namun pertumbuhan volume ekspor lada Indonesia memiliki pertumbuhan lebih rendah dari pertumbuhan produksinya. Rendahnya ekspor lada Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor yang mempengaruhi perdagangan lada Indonesia di pasar internasional. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan lada Indonesia di pasar internasional dan menjelaskan potensi perdagangan lada Indonesia di negara tujuan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis data panel dengan gravity model dan analisis potensi perdagangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aliran perdagangan ekspor lada Indonesia secara signifikan sangat dipengaruhi oleh nilai GDP riil per kapita Indonesia, GDP riil per kapita negara tujuan ekspor, jarak ekonomi Indonesia dengan negara tujuan ekspor, nilai tukar rupiah terhadap negara tujuan ekspor, dan nilai RCA Indonesia. Namun demikian tarif impor negara tujuan ekspor tidak memiliki pengaruh signifikan. Indonesia memiliki potensi untuk terus meningkatkan perdagangan lada terhadap negara China, Malaysia, Taiwan, Belanda, Perancis, dan Jerman. Hal ini disebabkan perdagangan lada Indonesia dengan mitra dagang masih mengalami under trade. Sementara China merupakan negara yang memiliki potensi perdagangan paling tinggi.

##plugins.generic.paperbuzz.metrics##

##plugins.generic.paperbuzz.loading##

Unduh

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

International Trade Center [ITC]. 2017. Trade Map Trade Statistic For International Business Development. Retrieved from https://trademap.org.

Kementerian Pertanian. 2015. Outlook Lada : Komoditas Pertanian Subsektor Perkebunan. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pertanian. Jakarta.

Arifin, B. 2013. On the competitiveness and sustainability of the Indonesian agricultural export commodities. ASEAN Journal of Economics, Management and Accounting, 1(1), 81–100.

Balassa, B. 1965. Trade lberalization and revealed comparative advantage. The Manchaster School of Economic and Sosial Studies, 33, 92–123.

Baroh, I., Hanani, N., Setiawan, B., Koestiono, D. 2014. Indonesian coffee competitiveness in the International Market: Armington Model Application. American Journal of Economics, 4(4), 184-194.

Boansi, D., Crentsil, C. 2013. Competitiveness and Determinants of Coffee Exports, Producer Price and Production for Ethiopia. Journal of Advanced Research in Economics and International Business, 1(1), 31–56.

Edwards, L., Schoer, V. 2002. Measures of competitiveness: a dynamic approach to South Africa's trade performance in the 1990s. South African Journal of Economics, 70(6), 1008-1046.

Erkan, B., Yildirimci, E. 2015. Economic Complexity and Export Competitiveness: The Case of Turkey. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 195, 524-533.

Gebre, Y. 2015. Determinants of Coffee Export Performance in Ethiopia. Journal of Economics and Sustainable Development, 6(5), 147–157.

Hamdy, H. 2001. Ekonomi Internasional Teori dan Kebijakan Perdagangan Internasional. Jakarta: Ghalia.

Hinloopen, J., Onderstal, S. 2010. Collusion and the choice of auction: An experimental study.

Krugman, P.R., Obstfeld, M. 2005. Ekonomi Internasional Teori dan Kebijakan 5th ed. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Meiri, A., Nurmalina, R., Rifin, A. 2013. Trade Analysis of Indonesian Coffee in International Market. Buletin RISTRI, 4(1), 39-46.

Nhien, N.T.H. 2016. The Competitiveness of Vietnamese Coffee Into The EU Market. Centria University of Applied Scinces Finlandia.

Özçelik, S.E., Erlat, G. 2013. Turkey’s comparative advantages and dynamic market positioning in the EU market an analysis by extensive and intensive margins. Topics in Middle E astern and African Economies. 15(2):186-211

Rosiana, N., Nurmalina, R., Winandi, R., Rifin, A. 2017. The Level of Comparative Advantages of World Main Coffee Producers. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 11(2), 227-246.

Salvatore, D. 1997. Ekonomi Internasional (Terjemahan). Jakarta (ID): Erlangga.

Tambunan, T. 2001. Perekonomian Indonesia: Teori, Temuan dan Empiris. Jakarta: Ghalia.Özçelik SE. Erlat G, 2013. Turkey’s comparative advantages and dynamic market positioning in the EU market an analysis by extensive and intensive margins. Topics in Middle E astern and African Economies. 15(2):186-211.

Diterbitkan
2021-08-01
Bagian
Articles