ALTERNATIF KEBIJAKAN KETAHANAN PANGAN WILAYAH KABUPATEN BANYUMAS DENGAN PENDEKATAN CLUSTER ANALYSIS

  • Oki Wijaya Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Wangsit Juniawan Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Widodo Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Abstract

Pangan merupakan salah satu kebutuhan paling dasar dan menjadi bagian dari hak asasi setiap individu. Kekurangan pangan berdampak pada instabilitas sosial, ekonomi, dan politik, sehingga ketahanan pangan menjadi salah satu penyokong ketahanan nasional suatu negara. Pembangunan ketahanan pangan memerlukan perencanaan yang strategis sehingga kebijakan yang dijalankan akan tepat sasaran. Untuk itu penelitian ini bertujuan melakukan perencanaan kebijakan ketahanan pangan dengan menganalisis status ketahanan pangan kecamatan berdasarkan indikator ketahanan pangan pada tingkat kecamatan, serta menyusun alternatif kebijakan berbasis klaster. Penelitian dilakukan di Kabupaten Banyumas dengan menggunakan data sekunder. Analisis status ketahanan pangan dilakukan dengan pendekatan indikator Food Security and Vulnerability Atlas of Indonesia (FSVA). Sedangkan alternatif kebijakan disusun berdasarkan karakteristik wilayah berdasarkan hasil cluster analysis. Hasil analisis status ketahanan pangan menunjukkan bahwa terdapat 5 kecamatan dengan kondisi sangat tahan, 16 kecamatan dengan kondisi tahan, dan 6 kecamatan dengan kondisi cukup tahan. Fokus kebijakan yang dapat dilakukan pada wilayah klaster 1 adalah penyediaan pangan wilayah kota melalui program urban tani. Fokus kebijakan pada klaster 2 adalah program pengentasan kemiskinan melalui penambahan akses ekonomi seperti pasar. Fokus kebijakan pada klaster 3 adalah peningkatan status gizi masyarakat melalui sosialisasi kesehatan dan bantuan pangan sehat pada balita.

Metrics

Metrics Loading ...

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, H.S., Nurhayati, H.S.A, Kaswanto, R.L., Budiadi, Irwan, S.N.R., Faisal, B., Dahlan, M.Z., Nadhiroh, S.R., Wahyuni, T.S., Ali, M.S. 2021. Landscape Management Strategy of Pekarangan to Increase Community Immunity during the Covid-19 Pandemic in Java Indonesia – Inductive Research. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 918 (1), 012029

[BPS] Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas. 2017. Kabupaten Banyumas Dalam Angka 2017. banyumas.bps.go.id.

[BPS] Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. 2018. Provinsi Jawa tengah dalam angka 2018. jateng.bps.go.id.

Budiman, V.P., Arifin, N.H.S., Arifin, H.S., Astawan, M., Kaswanto, R.L. 2013. Optimalisasi Fungsi Pekarangan Melalui Program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Prosiding Lokakarya Nasional dan Seminar FKPTPI, Bogor, 2-4

Dirhamsyah, T., Mulyo, J.H., Darwanto, D. H., Hartono, S. 2016. Ketahanan Pangan kemandirian pangan dan kesejahteraan masyarakat daerah rawan pangan di Jawa. Yogyakarta: Plantaxia.

Hariyati, Y., Raharto, S. 2012. Ketahanan pangan, kemiskinan dan solusinya di ASEAN. Agricultural Economics Electronic Journal, 1 (1), 35-44.

Hermanto. 1995. Kemiskinan di perdesaan, masalah dan alternatif penanggulangannya. Bogor: Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian.

Ikmaludin, I., Kusmana, C., Amirudin, S. 2018. Tipologi Sistem Budidaya Pertanian dan Keberlanjutan Ketersediaan Pangan pada Masyarakat Adat Kasepuhan Ciptagelar Sukabumi. Risalah Kebijakan Pertanian dan Lingkungan Rumusan Kajian Strategis Bidang Pertanian dan Lingkungan, 5(1), 14-26. https://doi.org/10.29244/jkebijakan.v5i1.28756

[Kementan] Kementerian Pertanian. 2016. Laporan PDB Atas Harga Berlaku Tahun 2011-2015. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian.

Suharyanto, H. 2011. Ketahanan Pangan. Jurnal Sosial Humaniora, 4 (2), 188.

[UU] Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

Yulianto, S., Hidayatullah, K.H. 2014. Analisis Klaster Untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat. Statistika, 2 (1), 57-58.

Published
2022-12-01
How to Cite
WijayaO., JuniawanW., & Widodo. (2022). ALTERNATIF KEBIJAKAN KETAHANAN PANGAN WILAYAH KABUPATEN BANYUMAS DENGAN PENDEKATAN CLUSTER ANALYSIS . RISALAH KEBIJAKAN PERTANIAN DAN LINGKUNGAN Rumusan Kajian Strategis Bidang Pertanian Dan Lingkungan, 9(3), 133-148. https://doi.org/10.29244/jkebijakan.v9i3.32799
Section
Articles