PENDEKATAN PARTISIPATORI UNTUK STRATEGI PENGEMBANGAN DESA PENYANGGA TAMAN HUTAN RAYA RADEN SOERJO

Abstract

Daerah penyangga merupakan daerah yang berada pada batas kawasan hutan lindung dan merupakan kawasan yang berfungsi untuk melindungi hutan dari aktivitas manusia yang dapat mengganggu ekosistem hutan lindung dan taman nasional. Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo merupakan salah satu kawasan lindung yang secara administratif berada pada beberapa Kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Beberapa permasalahan yang timbul pada kawasan desa penyangga Tahura Raden Soerjo berkaitan dengan pengelolaan kawasan pertanian dan sumberdaya hutan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alternatif strategi dan arahan pengembangan desa penyangga hutan di Tahura Raden Soerjo yang dapat mengurangi permasalahan pengelolaan sumberdaya hutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan partisipatif kepada stakeholder dan pakar terkait strategi pengembangan desa penyangga hutan yang berada di Desa Wiyurejo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan secara purposive sampling, dan pengambilan data dilakukan sebagai input pada model MULTIPOL untuk merancang berbagai alternatif strategi pengembangan desa Wiyurejo sebagai daerah penyangga Tahura Raden Soerjo. Hasil penelitian ini mengajukan prioritas kebijakan/policy yang berfokus pada pertanian multifungsi dengan prioritas program kerja membangun kawasan agrowisata, perbaikan infrastruktur dan pengembangan sumberdaya manusia melalui pelatihan dan pendidikan terkait pertanian ramah lingkungan dan agrowisata berbasis edukasi pertanian dan lingkungan.

Metrics

Metrics Loading ...

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Erwin Ismu Wisnubroto, Tribhuwana Tunggadewi University
Faculty of Agriculture
Gerardus Jova, Tribhuwana Tunggadewi University
Faculty of Agriculture
Yohanes Roni, Tribhuwana Tunggadewi University
Faculty of Agriculture

References

Deaton, B.J., Nelson, G.L. 1992. Conceptual underpinnings of policy analysis for rural development. Journal of Agricultural and Applied Economics. 24(1): 87-99.

Fauzi, A. 2019. Teknik Analisis Keberlanjutan. Jakarta (ID): PT. Gramedia Pustaka Utama.

Godet, M., Monti, R., Meunier, F., Roubelat, F. 2004. Scenarios and Strategies: A toolbox for Problem Solving. Cahiers du LIPSOR, LISOR Working Papers. Laboratoire d'Investigation en Prospective, Stratιgie et Organisation.

Godet, M. 2001. Creating Futures: Scenario Planning as a strategic management tool. Washington, DC: Economica. Economica Brookings diffusion.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2017. Peraturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Noor P.43/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2017 Tentang Pemberdayaan Masyarakat di Sekitar Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam.

Listyarini, L., Sari, N., Sutikno, F.R. 2011. Optimalisasi Fungsi Daerah Penyangga Kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo (Studi Kasus: Desa Sumber Brantas Kota Batu). Jurnal Tata Kota dan Daerah. 3(1): 47-53.

Pemerintah Republik Indonesia. 2015. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Perubahan Peruntukan Dan Fungsi Kawasan Hutan.

Pribadi, D.O., Pauleit, S. 2015. The dynamics of peri-urban agriculture during rapid urbanization of Jabodetabek Metropolitan Area. Land Use Policy. 48: 13-24.

Soemarwoto, Otto. 1985. Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Jakarta: Djambatan.

Stratigea, A. 2013. Participatory policy making in foresight studies at the regional level—A methodological approach. Regional Science Inquiry. 5(1): 145-160.

Zasada, I. 2011. Multifunctional peri-urban agriculture—A review of societal demands and the provision of goods and services by farming. Land Use Policy. 28(4): 639-648.

Published
2021-12-01
How to Cite
WisnubrotoE. I., JovaG., & RoniY. (2021). PENDEKATAN PARTISIPATORI UNTUK STRATEGI PENGEMBANGAN DESA PENYANGGA TAMAN HUTAN RAYA RADEN SOERJO. RISALAH KEBIJAKAN PERTANIAN DAN LINGKUNGAN Rumusan Kajian Strategis Bidang Pertanian Dan Lingkungan, 8(3), 135-150. https://doi.org/10.29244/jkebijakan.v8i3.28062
Section
Articles