ANALISA PEMASARAN TERASI UDANG AKIBAT PANDEMI COVID-19DI DESA TANJUNG PASIR KECAMATAN TANAH MERAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

  • Shiffa Febyarandika Shalichaty Politeknik KP Dumai
  • Putri Wening Ratrinia Politeknik KP Dumai
  • Muh Suryono Politeknik KP Dumai
  • Riama Gusnawati Politeknik KP Dumai
Kata Kunci: Farmer's share, Efisiensi pemasaran, Margin pemasaran, Terasi

Abstrak

Potensi perikanan di Kabupaten Indragiri Hilir sangat besar, mulai dari perikanan laut/tangkap hingga ke
perikanan umum. Potensi tersebut banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar salah satunya adalah
dengan membuat usaha pengolahan terasi udang. Pandemi covid-19 yang melanda hampir di seluruh
Indonesia berdampak pada produksi pengolahan terasi yang dilakukan masyarakat Desa Tanjung Pasir.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui besarnya margin pemasaran, efisiensi pemasaran dan
farmer’s share sebelum dan sesudah adanya pandemic Covid-19 dan menganalisa ada tidaknya perbedaan
pemasaran sebelum dan sesudah pandemic Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hilir. Hasil dari penelitian ini
adalah nilai margin pemasaran sebelum pandemic covid-19 adalah Rp.3.000,-/kg dan setelah pandemic
covid menjadi Rp. 13.000,-/kg. Nilai efisiensi pemasaran sebelum pandemic covid-19 sebesar 5-5,75% dan
setelah pandemic covid-19 sebesar 3,33 - 3,83%. Nilai farmer’s share sebelum pandemic covid-19 sebesar
85% dan setelah pandemic covid-19 sebesar 56,67%. Uji t menunjukan bahwa ada perbedaan pemasaran
usaha pengolahan terasi udang antara sebelum dan sesudah adanya pandemic Covid-19 dengan nilai t
hitung 2,638 > t tabel 2,110.

Unduh

Download data is not yet available.

Referensi

BPS. 2021. Kabupaten Indragiri Hilir dalam Angka. Riau: Badan Pusat Statistik Kabupaten Indragiri Hilir.

Daniel, M.2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: Bumi Aksara.

Efriyansah, H. 2016. Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Indragiri Hilir dalam Usaha Penangkapan Ikan Tahun 2012-2013. JOM FISIP.3(1):1-16

Thaha, A.F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand.2(1):148-153.

Irawan, M.R.N. 2016. Pengaruh modal usaha dan penjualan terhadap laba usaha pada Perusahaan Penggilingan Padi UD. Sari Tani Tenggerejo Kedungpring Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntasi.1(2):75-82.

Jumiati, E., Darwanto, D.H., Hartono,S.dan Masyahuri. 2013. Analisis saluran pemasaran dan margin pemasaran kelapa dalam Di Daerah Perbatasan Kalimantan Timur. Jurnal AGRIFOR.12(1):1-10.

Nuryadi, Astuti, T.D., Utami, E.S.,dan Budiantara, M. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta:Gramasurya.

Rahardja, Pratama, dan ManurungM. 2010. Teori Ekonomi Mikro. Jakarta:Lembaga Univesitas Indonesia.

Sazmi, Musikal, R., Haryono, D.,danSuryani, A. 2018. Analisis pendapatan dan efisiensi pemasaran ikan patin di Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. JIIA.6(2):133-141.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian: Teori dan Aplikasi.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utama,M.K., W. Roessali., WD. Prastiwi. 2018. Analisis tata niaga kopi robusta di Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Agrisocionomics.2(2):101-108.

Diterbitkan
2021-05-14