Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Manajemen & Agribisnis?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Please read our publication ethics and publication malpractice statement

Jurnal Manajemen Agribisnis (JMA) ditujukan untuk komunitas ilmiah dan praktisi di dunia bisnis dan industri, perguruan tinggi, dan lembaga-lembaga penelitian yang berkaitan dalam bidang manajemen agribisnis. JMA dapat menerima dan menerbitkan jurnal yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai (1) karya penelitian yang orisinil dan signifikan pada pembahasan manajemen dan agribisnis (2) karya penelitian dan review mendalam yang mampu menumbuhkan minat bersama untuk menemukan aplikasi  yang tepat (3) naskah/artikel tidak atau belum pernah dipublikasikan pada majalah atau jurnal lain, dan merupakan hasil karya sendiri bukan plagiat ataupun mengutip hasil artikel penulis lainnya.

>>>>>>>>>>>>> Petunjuk Penulisan JMA hlm 1 <<<<<<<<<<<<<<

>>>>>>>>>>>>> Petunjuk Penulisan JMA hlm 2 <<<<<<<<<<<<<<

>>>>>>>>>>> Download Formulir Langganan & Donasi <<<<<<<<<<<<

Format Penulisan Artikel


Halaman Depan :

Jurnal Manajemen & Agribisnis (JMA) ditujukan untuk komunitas ilmiah dan praktisi di dunia bisnis dan industri, perguruan tinggi, dan lembaga-lembaga penelitian yang berkaitan dalam bidang manajemen agribisnis. JMA dapat menerima dan menerbitkan jurnal yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai (1) karya penelitian yang orisinil dan signifikan pada pembahasan manajemen agribisnis (2) karya penelitian dan review mendalam yang mampu menumbuhkan minat bersama untuk menemukan aplikasi yang tepat (3) naskah/artikel tidak atau belum pernah dipublikasikan pada majalah atau jurnal lain, dan merupakan hasil karya sendiri bukan plagiat ataupun mengutip hasil artikel penulis lainnya.

Format Penulisan Artikel

Halaman Depan :

Judul, ditulis dengan beberapa pilihan kata penting secara cermat, benar, baik, menarik, dan terorganisasi dengan runtut. judul ditulis dengan huruf kapital (12pt). Jumlah kata pada judul tidak lebih dari 15 kata.

Penulis, berisikan nama (tanpa gelar), instansi/perusahaan tempat penulis bekerja (10pt) dilengkapi alamat lengkap (fax/telepon, Email maupun kode pos), dan mencantumkan salah satu korespondensi penulis.

Abstrak, berisi uraian singkat tentang alasan penelitian dilakukan, pendekatan atau metode yang dipilih, hasil-hasil penting dan implikasi kebijakan yang berbentuk dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Sedapat mungkin tidak berisi formula dan referensi serta memuat maksimal 200 kata dengan menggunakan satu spasi, huruf Times New Roman ukuran 10pt (italic), mudah dimengerti oleh berbagai pihak. Dalam Abstrak harus dicantumkan kata kunci (keywords) yang berisi maksimal lima kata kunci yang mencerminkan isi artikel.

Halaman Isi :

Artikel minimal 10 halaman dan maksimal berjumlah 12 halaman. Isi artikel diketik dalam format.rtf (rich text format)/Microsoft Word, ukuran A4 (21 x 29,7 cm), spasi 1 cm menggunakan huruf Times New Roman 11 pt, kecuali judul subbab yaitu 12 pt (capital) dan tabel 10 pt, marjin kiri 4 cm, marjin kanan 3 cm, marjin atas 3 cm, dan marjin bawah 3 cm. Naskah terdiri dari beberapa bab secara terpisah dan tidak menggunakan pengkodean baik pada judul maupun subjudul. Adapun bab-bab tersebut:

Pendahuluan, merupakan gambaran umum yang diuraikan secara singkat dari observasi awal dan fenomena mengenai topik yang diangkat yang mencakup: latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian dan ruang lingkup penelitian (opsional). Pada rumusan masalah didahului penjelasan secara singkat tinjauan penelitian terdahulu yang mendukung.

Metode Penelitian, memuat 1) jenis dan sumber data yang menguraikan teknik pengumpulan data dan informasi, dan 2) metode analisis data (contoh: berisi teknik pengambilan data (sampel) dan analisis data yang digunakan serta memuat kerangka pemikiran penelitian yang berupa bagan alur penelitian).

Hasil dan Pembahasan, berupa hasil penelitian.

Kesimpulan dan Saran, berupa jawaban dari tujuan yang sudah ditentukan dan tidak dimaksudkan sebagai ringkasan hasil. Saran berupa tindakan lanjutan (implikasi) yang harus dilakukan sehubungan dengan temuan atau kesimpulan penulis.

Ucapan Terima Kasih, berisikan ucapan terima kasih kepada pihak yang pantas (pemberi dana (sponsor), penyumbang bahan, dan sarana penelitian.

Daftar Pustaka, referensi yang digunakan dibuat daftarnya sesuai dengan urutan abjad nama penulisnya dengan contoh format (buku dan jurnal) seperti lazimnya pada daftar pustaka. Daftar pustaka yang digunakan 10 tahun terakhir dengan 80% jurnal, dan penulis harus mengutip setidaknya 1 artikel yang telah diterbitkan JMA. Contoh penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut:



Contoh penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut:

Jurnal

Novianti T, Hendratno EH. 2008. Analisis penawaran ekspor karet alam Indonesia ke negara Cina. Jurnal Manajemen & Agribisnis 5(1):40–51.

Rindayati W, Hutagaol MP, Siregar H. 2007. Dampak desentralisasi fiskal terhadap kinerja fiskal daerah dan ketahanan pangan di wilayah provinsi Jawa Barat. Jurnal Manajemen dan Agribisnis 4(2):103–117.

Wilkinson MJ et al. 2000. A direct regional scale estimate of transgene movement from genetically modified oilseed rape to its wild progenitions. Mol Ecol 9:983–991.

Buku

Daryanto A. 2009. Dinamika Daya Saing Industri Peternakan. Bogor: IPB Press.

Saragih B. 1998. Agribisnis Berbasis Peternakan. Frans BM, editor. Bogor: Pusat Studi Pembangunan LP-IPB.

Wheelen TL, JD Hunger. 2003. Manajemen Strategis. Ed. ke-5. Julianto Agung, penerjemah. Yogyakarta: Andi.

[FMIPA IPB] Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor. 1996. Katalog program Sarjana FMIPA 1995-1999. Bogor: FMIPA IPB.

[Depdikbud] Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed. ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.

Prosiding
Mayer B, Hermans K. 1985. Formaldehyde release from pressed wood products. Di dalam: Turoski V, editor. Formaldehyde Analitical Chemistry and Toxicology. Proceeding of symposium at the 1187th Meeting on  the American Chemical Society; St Louis, 8-13 Apr 1984. Washington:American Chemical Society. hlm 101-116

Wery, Sudirman LMI, Gunawan AW. 1994. Pertumbuhan dan perkembangan  Schizophyllum commune in vitro dan in vivo. Di dalam: Peranan Mikrobiologi dalam Industri Pangan. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan; Bogor, 20 Agu 1994. Bogor:Perhimpunan  Mikrobiologi Indonesia Cabang Bogor. hlm 170-177.

Skripsi,Tesis, Disertasi
Astriani  A. 2003. Fungsi biaya dalam usaha perbenihan ikan mas : kasus Kabupaten Bandung [tesis]. Bogor: Sekolah Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.

Internet
Hsu, YH. and To, KY. 2000.  Cloning of a cDNA (Accesion No AFI183891) Encoding Type II S-adenosyl-L-methionine Synthetase from Pertunia hybrida. Plant Physiol 122:1457.[PGROO-33].http://www.tarweed.com/pgr/PGR00-33.html [2 November 2000].

Surat Kabar
Budiarso IT. 24 Des 1995. Suami Mandul Dan Menurun Keperkasaannya: Akibat Pencemaran Mikotoksin Dan Pestisida?. Kompas:11(kolom 6-8).

Format Gambar/Grafik dan Tabel :
Nomor dan judul gambar ditulis di bawah gambar, sedangkan nomor dan judul tabel di tulis di atas tabel dan sejajar dengan tabel. Dianjurkan tabel dan grafik tidak berbentuk gambar (image). Usahakan pembuatan tabel dan grafik di Microsoft Office Excel dan Microsoft Office Word. Angka dari nol sampai dengan sembilan menggunakan huruf (misalnya, dua orang, bukan 2 orang). Desimal ditunjukkan dengan tanda koma, bukan titik (misalnya, 10,5 cm, bukan 10.5 cm); bilangan ribuan/jutaan ditunjukkan dengan tanda titik, bukan koma (misalnya, Rp 10.500, bukan Rp 10,500);  bilangan yang besar  dapat diganti dengan sebutan kata (misalnya 2 juta untuk 2.000.000).

Format Model Matematik:
Untuk kepentingan kemudahan dalam pembacaan jurnal, dianjurkan untuk membatasi jumlah model matematik yang dituliskan dalam jurnal, untuk kasus penggunaan model matematik yang ekstensif dianjurkan untuk menempatkannya pada appendix (lampiran). Model, persamaan dan simbol matematika dianjurkan menggunakan Microsoft Equation. Satuan ukuran disarankan dengan sistem metrik (misalnya, m, m2, liter, dan oC). Kata persen dinyatakan dengan karakter %, ditulis tanpa spasi dari angka yang mendahuluinya (misalnya 10%).

Pengiriman Artikel dikirimkan pada:
Dewan Redaksi JMA
Divisi Penelitian, Pengembangan dan Kemitraan
Gedung MB-IPB, Jl. Raya Pajajaran Bogor 16151                                                           
Telp. 0251-8313813 (hunting), Fax. 0251-8318515

E- mail :
jma@mb.ipb.ac.id; cc andina.oktariani@gmail.com;
sulistyo45@gmail.com

Contact Person :
Sulistiyo (0856-9838450)
Andina Oktariani (0813-85355201)

 

Copyright Notice

Authors who publish with this journal agree to the following terms:


  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.

  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 


Journal of Management & Agribusiness (JMA)

Graduate Program of Management and Business

Bogor Agricultural University

Bogor 16680, Indonesia

Telp: +62-251-8313813 (Hunting), 8378671

Hp. 08111108358 (Marketing)

Fax. +62-251-8318515

E-mail:jma@mb.ipb.ac.id

ISSN : 1693-5853