DESIGNING STRATEGIES FOR IMPROVING TOTAL QUALITY MANAGEMENT IN MANUFACTURING INDUSTRIES

Alfian Nur Ubay, Marimin Marimin, Yandra Arkeman

Abstract


This research was aimed at designing strategies for improving total quality management at CV XYZ and PT HIJ. The research locations were selected intentionally with the consideration that the company is a middle class company that started to apply a study in line with the research topic. The experts were chosen using an approach method. This research used a descriptive approach and quantitative analysis through questionnaires using purposive sampling. The stages began with data processing, i.e. testing the questionnaire quality through validity and reliability tests, making a causality diagram, evaluating the implementation levels of each company by giving evaluation scales based on the existing condition, making House of Quality (HOQ) using QFD methods, and then analyzing the problem solutions produced from the QFD methods with 5W + IH analysis, and finally determining the improvement priorities using Fuzzy AHP methods. The results were the strategies for improving total quality management /TQM of CV XYZ, namely the factor that plays the most important role was improving the quality management performance. The actor that has the competence to carry out the TQM improvement is the director. The prioritized goal to be achieved is a commitment to improve the quality of goods and services.  The prioritized strategy used in improving TQM is carrying out SOP consistently.

Keywords: strategies, improvement, TQM, manufacturing company, fuzzy AHP


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan merancang strategi peningkatan manajemen mutu terpadu pada CV XYZ dan PT HIJ. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan kelas menengah yang mulai menerapkan kajian sesuai dengan topik penelitian. Penentuan pakar dilakukan dengan metode pendekatan secara sengaja. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan analisa kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara sengaja (purposive sampling), dengan tahapan pengolahan data yaitu menguji mutu kuesioner melalui uji validitas dan reliabilitas, kemudian menyusun diagram sebab-akibat, menilai tingkat implementasi dari masing-masing perusahaan dengan memberikan skala penilaian berdasarkan kondisi yang ada, menyusun House of Quality (HOQ) dengan menggunakan metode QFD, kemudian analisa penyelesian masalah yang dihasilkan dari penyusunan QFD menggunakan analisa 5W + 1H dan setelah itu menentukan prioritas perbaikan dengan menggunakan metode Fuzzy AHP. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi peningkatan manajemen mutu terpadu/TQM di perusahaan CV XYZ dirumuskan sebagai berikut. Faktor yang paling berperan adalah peningkatan kinerja manajemen mutu. Kemudian aktor yang memiliki kompentensi dalam menjalankan peran peningkatan TQM adalah direktur. Kemudian tujuan yang priortitas harus dicapai adalah komitmen meningkatkan kualitas barang & jasa. Kemudian untuk strategi prioritas yang digunakan dalam peningkatan TQM adalah melaksanakan SOP dengan konsisten.

Kata kunci: strategi, peningkatan, TQM, perusahaan manufaktur, fuzzy AHP


Full Text:

PDF

References


Banker RG, Potter R, Schroeder. 1993. Emporting manufacturing performance measures to workers: an empirical study. Journal of Management Accounting Research 5:33–55.

BPS. 2016. Perkembangan jumlah kendaraan bermotor menurut jenis 1987-2014. http://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1413 [21Maret 2016].

Carolina Y. 2012. Pengaruh penerapan Total Quality Management (TQM) dan komitmen organisasi terhadap kinerja perusahaan dengan budaya organisasi sebagai variabel moderasi (survei pada perusahaan manufaktur di Jawa Barat yang listing di BEI). Jurnal Akuntansi 4(2):175–186.

Cohen L. 1995. Quality Function Deployment: How to Make QFD Work for You. One Jacob Way Reading. Massachussets: Addison Wesley Publishing Company. .

Deming WE. 2002. Out of the Crisis. Cambridge: MIT Press.

Erni N, Marimin. 2005. Formulasi strategi pengembangan agroindustri nilam menggunakan pendekatan fuzzy logic. Jurnal Inovisi TM 4(1): 7–18.

Evans RJ, Lindsay MW. 2008. The Management and Control of Quality. 6th Edition. St. Paul, MN: West Publishing.

Farisi FI. 2006. Kajian manajemen mutu terpadu PT XYZ [tesis]. Bogor: Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Froomkin JT, Jamison DT, Radner R. 1976. Education as an Industry. Cambridge: the National Bureau of Economic Research.

Hamidah. 2003. Pengaruh Manajemen mutu terpadu terhadap perilaku produktif karyawan industri tekstil berskala besar di Kota Bandung. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen 3(2).

Hansen DR, Mowen MM. 2000. Management Accounting. Cincinnati Ohio: South-Western College Publishing.

Horngren CT, Foster G, Srikant MD. 2000. Cost Accounting: A Managerial Emphasis. New Jersey: Prentice Hall.

Hurley RF, Hult GT. 1998. Innovation, market orientation and organization learning: an integration and empirical examination. Journal of Marketing 62(3): 42–54. https://doi.org/10.2307/1251742.

Margareth. 2004. Perbandingan tingkat implementasi Total Quality Management (TQM) diantara perusahaan-perusahaan yang menerapkan iso 9000 yang dihubungkan dengan kinerja manajemen mutu [skripsi]. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Rahardja L. 2010. Analisis peranan manajemen mutu terpadu (TQM) dalam meningkatkan produktifitas PT Mustika Ratu yang bersertifikat ISO 9002. Jurnal Ultima Accounting 2(1): 1–21.

Sekaran U. 1992. Research Methods For Business: A Skill Building Approach. Second Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Soota T, Singh H, Mishra SC. 2011. Fostering product development using combination of QFD and ANP: a case study. Journal of Industrial Engineering International 7(14): 29–40.

Susetyo J, Winarni, Catur H. 2011. Aplikasi Six Sigma DMAIC dan Kaizen sebagai metode pengendalian dan perbaikan kualitas produk. Jurnal Teknologi 4(1): 61–53.

Talavera V, Gloria M. 2004. Development and validation of TQM construct, the Philippine experience. Gadjah Mada International Journal of Business. 6(3): 355–380.




DOI: https://doi.org/10.17358/ijbe.3.2.131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

_____________

View My Stats