ANALISIS PERILAKU STAKEHOLDER DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT
Keywords:
Media sosial, bridging, bonding, communication, discovering, taking actionAbstract
Media sosial saat ini memegang peran penting, terutama sebagai pendorong upaya partisipasi publik dalam hal program pengembangan masyarakat. Media ini berfungsi untuk penyedia informasi, komunikasi, dan koordinasi. Kegiatan penelitian ini bertujuan menganalisis perilaku stakeholder di beberapa desa dan kelurahan di wilayah kerja perusahaan migas di Provinsi Riau sebagai modal sosial bagi kegiatan pengembangan masyarakat. Studi dilakukan dengan analisis media behaviour dengan penekanan pada lima perilaku yang dikaji (bridging, bonding, communication, discovering dan taking action). Hasil riset menunjukkan bahwa terdapat 3 sosial media yang mendominasi penggunaanya, dalam arti yang paling sering/banyak digunakan oleh responden di lokasi studi. Ketiga media sosial yang paling sering digunakan tersebut secara berturut-turut adalah Whatsapp (29,2%), Facebook (24,7%) dan Youtube (20,4%). Sebagian besar stakeholder menunjukkan preferensi/motif tinggi (paling tinggi) dalam menggunakan media sosial sebagai sarana komunikasi (Communicating) dibandingkan untuk 4 motif lainnya. Oleh karena itu, fokus pada strategi komunikasi melalui platform seperti Whatsapp dan Facebook dapat memperkuat keterlibatan stakeholder.
References
Coleman, J.S. 1988. Social capital in the creation of human capital. Am. J. Sociol., vol. 94 (s1) :95–120
Massie, B.L., Warouw, D.M.D., dan Golung, A.M. 2018. Peran Media Sosial sebagai Sarana Informasi Bagi Masyarakagt Ranotana Weu Kecamatan Wanea. Jurnal Acta Diurna Komunikasi, Vol 3 (4):
Mansir, F., & Purnomo, H. 2021. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkerru, 1(1), 39-50. Retrieved from https://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/33
Montgomery, N.V. 2020. How Consumers Want to Engage with Brands on Social Media: A Framework. [Internet]. https://blog.hubspot.com/marketing/social-media-framework. [20 Juni 2020]
Muljanto Silajadja, Pamela Magdalena, & Trinandari Prasetyo Nugrahanti. 2023. Pemanfaatan Media Sosial (Digital Marketing) untuk Pemasaran Produk UMKM. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(2), 88–100. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i2.1001