Peran Jurnalisme Pembangunan dalam Perkembangan Startup AgritechBerbasis Social Entrepreneurship

Authors

  • Dede Suryadi Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, IPB University, Bogor, 16680, Indonesia
  • Djuara P. Lubis Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, IPB University, Bogor, 16680, Indonesia
  • Firdanianty Pramono Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Pakuan, Bogor, 16144, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25015/21202547979

Keywords:

jurnalisme pembangunan, media bisnis SWA, peran media massa, startup agritech

Abstract

Jurnalisme pembangunan adalah jurnalisme yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis peran jurnalisme pembangunan pada studi kasus media bisnis SWA cetak (majalah) dan online (website) dalam menyoroti perkembangan startup agritech berbasis social entrepreneurship, dan 2) menganalisis manfaat yang dirasakan startup agritech berbasis social entrepreneurship setelah diberitakan oleh media bisnis SWA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Obyek penelitian ini terdiri dari dua komponen utama, yaitu media bisnis SWA, termasuk Majalah SWA dalam format cetak dan situs web SWA serta dua startup agritech, yaitu EdenFarm dan eFishery. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan cara tatap muka langsung dan online melalui aplikasi Zoom, serta dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dari penelitian adalah SWA berperan dalam menyoroti keberhasilan dan tantangan startup agritech, menyediakan analisis mendalam tentang tren dan perkembangan dalam industri startup agritech, mengarahkan perhatian, kepercayaan, dan minat investor, mendorong dialog dan kolaborasi antara pemangku kepentingan dengan startup agritech, dan membangun brand awareness dan brand image bagi startup agritech.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhikari, B., Goswami, P., & Kashyap, S. K. (2020). Role of development journalism in agriculture and rural development of India. Food and Scientific Reports, 1(1), 36–38.

Adnjani, M. D. (2023). Media relations sebagai upaya pembentuk reputasi organisasi. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 45(119), 57–72.

Alinda, D. N., & Hambalah, F. (2022). Pengaruh sponsorship dan brand ambassador terhadap purchase intention dengan brand image sebagai variabel intervening: Shopee sebagai sponsor utama liga 1 Indonesia dan Cristiano Ronaldo sebagai brand ambassador. Journal Of Accounting and Business, 1(2), 69–81. https://doi.org/10.30649/jab.v1i2.108

Anand, V. E. (2014). Development journalism: A catalyst for positive change. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 157, 210–225. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.11.024

Azhar, A. A., & Pekuwali, D. (2018). Framing analysis of edy rahmayadi’s news on MedanBisnisdaily.com. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 1(3), 137–143. https://doi.org/10.33258/birci.v1i3.37

Battistella, C., Dangelico, R. M., Nonino, F., & Pessot, E. (2021). How social start‐ups avoid being falling stars when developing social innovation. Creativity and Innovation Management, 30(2), 320–335. https://doi.org/10.1111/caim.12431

Davies, I. A., & Chambers, L. (2018). Integrating hybridity and business model theory in sustainable entrepreneurship. Journal of Cleaner Production, 177, 378–386. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2017.12.196

Dharmawan, L., Muljono, P., Hapsari, D. R., & Purwanto, B. P. (2023). Pemanfaatan komunikasi inovasi digital pertanian perkotaan di masa pandemi Covid-19. Jurnal Penyuluhan, 19(01), 1–11. https://doi.org/10.25015/19202340647

Duku, S. (2018). Penerapan jurnalisme pembangunan dalam pemberdayaan masyarakat (Adopsi inovasi urban farming dan pemanfaatan lahan tidur di Kota Palembang). Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan, 2(2), 103–126. https://doi.org/10.19109/jkpi.v2i2.3317

Effendy, O. U. (2003). Ilmu komunikasi teori dan praktik. PT. Remaja Rosdakarya.

Erlingsson, C., & Brysiewicz, P. (2017). A hands-on guide to doing content analysis. African Journal of Emergency Medicine, 7(3), 93–99. https://doi.org/10.1016/j.afjem.2017.08.001

Gidron, B., Israel-Cohen, Y., Bar, K., Silberstein, D., Lustig, M., & Kandel, D. (2021). Impact tech startups: A conceptual framework, machine-learning-based methodology and future research directions. Sustainability, 13(18), 10048. https://doi.org/10.3390/su131810048

Haryanti, D. M., Hati, S. R. H., & Anggriyani, D. S. (2020). Profit untuk misi sosial (Seri lanjutan buku berani jadi wirausaha). DBS Foundation.

Hudon, M., Labie, M., & Reichert, P. (2020). What is a fair level of profit for social enterprise? Insights from microfinance. Journal of Business Ethics, 162(3), 627–644. https://doi.org/10.1007/s10551-018-3986-z

Khieng, S., & Dahles, H. (2015). Commercialization in the non-profit sector: The emergence of social enterprise in Cambodia. Journal of Social Entrepreneurship, 6(2), 218–243. https://doi.org/10.1080/19420676.2014.954261

Kriyantono, R. (2021). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis skripsi, tesis, dan disertasi riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran (Cetakan ke-2). Kencana.

Laksono, B., Aliami, S., & Soeprajitno, E. D. (2022). Sinergi strategi customer bonding untuk mempertahankan loyalitas pelanggan di Pizza Hut Delivery Kota Kediri. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 7(1), 495–503.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. SAGE Publications Ltd (CA).

Narida, M. G. (2013). Komunikasi bisnis investor relations PT Mayora Indah Tbk sebagai upaya mewujudkan harapan investor dan mengembangkan kerja sama bisnis perusahaan (Tesis magister). Universitas Gadjah Mada. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/69078

Nurudin. (2017). Pengantar komunikasi massa. Rajawali Pers.

Pattinson, S. (2020). The hextol foundation: Building a sustainable social enterprise business model. The International Journal of Entrepreneurship and Innovation, 21(1), 72–80. https://doi.org/10.1177/1465750319879023

Pramono, M. F. (2016). Komunikasi pembangunan dan media massa suatu telaah historis, paradigmatik dan prospektif. ETTISAL: Journal of Communication, 1(1), 41–56. https://doi.org/10.21111/ettisal.v1i1.1053

Raggio, R. D., & Leone, R. P. (2007). The theoretical separation of brand equity and brand value: Managerial implications for strategic planning. Journal of Brand Management, 14, 380–395. https://doi.org/10.1057/palgrave.bm.2550078

Ruslan, R. (2008). Manajemen public relations & media komunikasi. PT Grafindo Persada.

Saridewi, L. P. (2022). Pemanfaatan Fitur Instagram sebagai Sarana Pembentukan Minat Anak Muda pada Sektor Pertanian di Dkronik Farm. Journal of Agribusiness Science and Rural Development, 2(1), 14–19. https://doi.org/10.32639/jasrd.v2i1.243

Schramm, W. (1964). Mass media and national development: The role of Information in The Developing Countries. Stanford University Press Stanford, CA.

Siegner, M., Pinkse, J., & Panwar, R. (2018). Managing tensions in a social enterprise: The complex balancing act to deliver a multi-faceted but coherent social mission. Journal of Cleaner Production, 174, 1314–1324. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2017.11.076

Smith, B. R., Cronley, M. L., & Barr, T. F. (2012). Funding implications of social enterprise: The role of mission consistency, entrepreneurial competence, and attitude toward social enterprise on donor behavior. Journal of Public Policy & Marketing, 31(1), 142–157.

Soegoto, D. S., & Faridh, M. (2020). Developments of information technology and digital startup sector of agriculture in Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 879(1), 12137.

Tshabangu, T. (2013). Development jurnalism in Zimbabwe: Practice, problems, and prospects. Journal of Development and Communication Studies, 2(2–3), 312–328.

Wijaya, B. S. (2020). Branderpreneurship: Kewirausahaan berbasis pengembangan merek. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(4), 205–212.

Windari, W., Sukesi, K., & Hidayat, K. (2021). Model strengthening the role of agricultural startup an agent of change in the era of industrial revolution 4.0 during the Covid 19 outbreak. Webology, 18(Special Issue on Computing Technology and Information), 401-425. https://doi.org/10.14704/WEB/V18SI04/WEB18137

Downloads

Published

2025-12-15

How to Cite

Suryadi, D., Lubis, D. P., & Pramono, F. . (2025). Peran Jurnalisme Pembangunan dalam Perkembangan Startup AgritechBerbasis Social Entrepreneurship. Jurnal Penyuluhan, 21(02), 367-380. https://doi.org/10.25015/21202547979