Efektivitas Pemasaran Susu Jagung Melalui Strategi Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Nilai Tambah oleh UMKM di Desa Sidokumpul Kecamatan Lamongan

Authors

  • Joko Gagung Sunaryono Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Nadia Ingrid Zagita Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Ugik Romadi Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25015/21202547513

Keywords:

efektifitas pemasaran, strategi pemasaran, SWOT

Abstract

Strategi pemasaran menjadi hal yang akan mendukung keberlanjutan dan berkembangnya suatu usaha. Berbelanja online adalah efek penggunaan internet, yang memungkinkan para pembeli untuk melakukan penyebaran positive word of mouth dan berpotensi memberikan efek promosi ke pembeli lain.  Salah satu UMKM di Desa Sidokumpul merupakan pelopor produk olahan jagung yaitu minuman susu jagung di Kecamatan Lamongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran melalui digital marketing berdasarkan analisis SWOT dan metode FGD serta untuk dapat mengetahui efektifitas pemasaran susu jagung melalui digital marketing. Penelitian menggunakan metode kuantitatif.  Populasi dalam kajian ini adalah seluruh anggota kelompok Wanita UMKM di Desa Sidokumpul sejumlah 25 orang. Penetapan sampel menggunakan teknik sensus sampling yaitu mengambil keseluruhan dari jumlah pupulasi yang ada.  Penelitian ini menghasilkan tiga strategi yang dinyatakan sebagai strategi terbaik berdasarkan strategi SO dengan total skor 4,15. Hasil dari implementasi strategi diamati selama kurun waktu dua minggu dan dinyatakan efektif berdasarkan hasil perhitungan efektivitas pemasaran sebesar 125%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, D. (2017). Strategi Pemasaran Melalui Peran Internet Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) (Studi Kasus Pada Umk” Bells Sob Sidoarjo” Di Perumahan Pondok Jati Blok S-No. 08-Sidoarjo). Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 3(1), 140-151.

Aprilia, L., Cyrilla, L., & Burhanuddin, B. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Ternak Berbasis E-Commerce Di Pt X. Jurnal Ilmu Produksi Dan Teknologi Hasil Peternakan, 6(3), 121-129.

Arsyad, M., & Hulinggi, M. (2019). Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan. Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 7(3), 178–192

Atikah, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Swot Dan Qspm (Studi Kasus: Restoran Ramen Aboy). Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 6(1), 88–99. https://doi.org/10.33005/mebis.v6i1.208

Ayu, I. D., Tantri, A., Martina, K., Putri, D., & Arya, I. P. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Klungkung Dalam Meningkatkan Komoditas Profit. Jurnal Pendidikan …, 12(2), 263–275. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/29305

Badan Pusat Statistik (Bps) Kabupaten Lamongan. 2019. Produksi Jagung Dan Kedelai Menurut Kecamatan (Ha) Tahun 2019. Lamongankab.Bps.Go.Id (Diakses Pada Tanggal 5 November 2022)

Bisjoe, A. R. H. (2018). Menjaring Data Dan Informasi Penelitian Melalui FGD (Focus Group Discussion): Belajar Dari Praktik Lapang. Buletin Eboni, 15(1), 17–27.

Chakti, G. (2019). The Book Of Digital marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

Dwiwati, D. M., Suparta, N., & Putra, I. (2016). Dampak Teknik Penyuluhan Focus Group Discussion (FGD) Terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap Dan Penerapan Pada Penyuluh Dan Peternak Sapi Bali Di Bali. Majalah Ilmiah Peternakan, 19(1).

Fatmawati, F. (2021). Analisis Efisiensi Dan Margin Pemasaran Kedelai (Glycine max) Di Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato. Gorontalo Agriculture Technology Journal, 4(1), 22. https://doi.org/10.32662/gatj.v4i1.1480

Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto, M. (2022). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1452

Hasibuan, S., Wahyudi, D., & Farida. (2019). Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada Usaha Minuman Happy Bubble Drink di Kota Binjai. Jurnal SENSASI, 7(3), 165–169. http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/article/view/290

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Global Ed.). England: Pearson.

Luntungan, W. G. A., Tawas, H. N., Ekonomi, F., Bisnis, D., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2019). Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard Manado: Analisis SWOT. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5495–5504.

Marginingsih, R. (2019). Analisis SWOT Technology Financial (Fintech) Terhadap Industri Perbankan. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19 (1), 55–60.

Masrin, I., & Akmalia, O. K. (2019). Strategi pemasaran untuk meningkatkan kedatangan wisatawan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 204–216.

Nasution, M., Prayogi, M., & Nasution, S. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan ( Analysis Of The Effect Of Marketing Mix To Sales Volume. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 1-12).

Praniti, N. L. G. W. A., Parining, N., & Putra, I. G. S. A. (2016). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pupuk Organik (Studi Kasus Pada Simantri 174 Gapoktan Dharma Pertiwi Kelurahan Lukluk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung). Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata (Journal Of Agribusiness And Agritourism).

Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT.

Rohman, M F, Gunawan dan Romadi, U. (2021). Pengaruh Integrasi Media Komunikasi terhadap Pengetahuan Pengunjung Wisata Edukasi Pertanian Desa Bono, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Jurnal Penyuluhan, https://journal.ipb.ac.id/index.php/jupe/article/view/35890

Romadi, U., Yaha, H., Yastutik., Rohman, M F, 2023. Factors Affecting the Attraction of Visitors from the Agricultural Education Tour in the Tani Belimbing Group, Artha Mandiri, Tulungagung District, Indonesian Country. Journal anuario do Instituto de Geociências, https://revistas.ufrj.br/index.php/aigeo/article/view/56199

Sasmita, A., Ambarita, Y. M., & Putri, A. M. (2021). Strategi Pemasaran Tokopedia dalam Persaingan Antar E-Commerce dengan Analisis SWOT. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3397–3404. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1403

Setiawan, D., Mandey, S., & Jorie, R. (2022). Strategi Pemasaran Pada Cafe Van Ommen Coffee Shop Manado : Analisis Swot. EMBA Vol.10 No.1 Januari 2022, Hal. 1740-1748, 10(1), 1740–1748.

Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Sukatmadiredja, N. R., & Rosita, W. M. (2019). Strategi Pemasaran Melalui Analisis Swot Pada Perusahaan Kopi Lokal. Ecopreneur.12, 2(2), 12. https://doi.org/10.51804/econ12.v2i2.497

Syarbaini, A. (2015). Kelayakan Potensi Pengembangan Usaha Es Susu Jagung Manis (Zea Mays Sacc.). Jurnal Pertanian, 6(1), 21-34.

Downloads

Published

2025-03-27

How to Cite

Sunaryono, J. G., Zagita, N. I. ., & Romadi, U. . (2025). Efektivitas Pemasaran Susu Jagung Melalui Strategi Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Nilai Tambah oleh UMKM di Desa Sidokumpul Kecamatan Lamongan . Jurnal Penyuluhan, 21(01), 1-14. https://doi.org/10.25015/21202547513