Efektivitas Pemasaran Susu Jagung Melalui Strategi Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Nilai Tambah oleh UMKM di Desa Sidokumpul Kecamatan Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.25015/21202547513Keywords:
efektifitas pemasaran, strategi pemasaran, SWOTAbstract
Strategi pemasaran menjadi hal yang akan mendukung keberlanjutan dan berkembangnya suatu usaha. Berbelanja online adalah efek penggunaan internet, yang memungkinkan para pembeli untuk melakukan penyebaran positive word of mouth dan berpotensi memberikan efek promosi ke pembeli lain. Salah satu UMKM di Desa Sidokumpul merupakan pelopor produk olahan jagung yaitu minuman susu jagung di Kecamatan Lamongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran melalui digital marketing berdasarkan analisis SWOT dan metode FGD serta untuk dapat mengetahui efektifitas pemasaran susu jagung melalui digital marketing. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam kajian ini adalah seluruh anggota kelompok Wanita UMKM di Desa Sidokumpul sejumlah 25 orang. Penetapan sampel menggunakan teknik sensus sampling yaitu mengambil keseluruhan dari jumlah pupulasi yang ada. Penelitian ini menghasilkan tiga strategi yang dinyatakan sebagai strategi terbaik berdasarkan strategi SO dengan total skor 4,15. Hasil dari implementasi strategi diamati selama kurun waktu dua minggu dan dinyatakan efektif berdasarkan hasil perhitungan efektivitas pemasaran sebesar 125%.
Downloads
References
Anggraeni, D. (2017). Strategi Pemasaran Melalui Peran Internet Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) (Studi Kasus Pada Umk” Bells Sob Sidoarjo” Di Perumahan Pondok Jati Blok S-No. 08-Sidoarjo). Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 3(1), 140-151.
Aprilia, L., Cyrilla, L., & Burhanuddin, B. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Ternak Berbasis E-Commerce Di Pt X. Jurnal Ilmu Produksi Dan Teknologi Hasil Peternakan, 6(3), 121-129.
Arsyad, M., & Hulinggi, M. (2019). Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan. Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 7(3), 178–192
Atikah, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Swot Dan Qspm (Studi Kasus: Restoran Ramen Aboy). Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 6(1), 88–99. https://doi.org/10.33005/mebis.v6i1.208
Ayu, I. D., Tantri, A., Martina, K., Putri, D., & Arya, I. P. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Klungkung Dalam Meningkatkan Komoditas Profit. Jurnal Pendidikan …, 12(2), 263–275. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/29305
Badan Pusat Statistik (Bps) Kabupaten Lamongan. 2019. Produksi Jagung Dan Kedelai Menurut Kecamatan (Ha) Tahun 2019. Lamongankab.Bps.Go.Id (Diakses Pada Tanggal 5 November 2022)
Bisjoe, A. R. H. (2018). Menjaring Data Dan Informasi Penelitian Melalui FGD (Focus Group Discussion): Belajar Dari Praktik Lapang. Buletin Eboni, 15(1), 17–27.
Chakti, G. (2019). The Book Of Digital marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.
Dwiwati, D. M., Suparta, N., & Putra, I. (2016). Dampak Teknik Penyuluhan Focus Group Discussion (FGD) Terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap Dan Penerapan Pada Penyuluh Dan Peternak Sapi Bali Di Bali. Majalah Ilmiah Peternakan, 19(1).
Fatmawati, F. (2021). Analisis Efisiensi Dan Margin Pemasaran Kedelai (Glycine max) Di Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato. Gorontalo Agriculture Technology Journal, 4(1), 22. https://doi.org/10.32662/gatj.v4i1.1480
Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto, M. (2022). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1452
Hasibuan, S., Wahyudi, D., & Farida. (2019). Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada Usaha Minuman Happy Bubble Drink di Kota Binjai. Jurnal SENSASI, 7(3), 165–169. http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/article/view/290
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Global Ed.). England: Pearson.
Luntungan, W. G. A., Tawas, H. N., Ekonomi, F., Bisnis, D., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2019). Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard Manado: Analisis SWOT. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5495–5504.
Marginingsih, R. (2019). Analisis SWOT Technology Financial (Fintech) Terhadap Industri Perbankan. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19 (1), 55–60.
Masrin, I., & Akmalia, O. K. (2019). Strategi pemasaran untuk meningkatkan kedatangan wisatawan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 204–216.
Nasution, M., Prayogi, M., & Nasution, S. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan ( Analysis Of The Effect Of Marketing Mix To Sales Volume. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 1-12).
Praniti, N. L. G. W. A., Parining, N., & Putra, I. G. S. A. (2016). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pupuk Organik (Studi Kasus Pada Simantri 174 Gapoktan Dharma Pertiwi Kelurahan Lukluk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung). Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata (Journal Of Agribusiness And Agritourism).
Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT.
Rohman, M F, Gunawan dan Romadi, U. (2021). Pengaruh Integrasi Media Komunikasi terhadap Pengetahuan Pengunjung Wisata Edukasi Pertanian Desa Bono, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Jurnal Penyuluhan, https://journal.ipb.ac.id/index.php/jupe/article/view/35890
Romadi, U., Yaha, H., Yastutik., Rohman, M F, 2023. Factors Affecting the Attraction of Visitors from the Agricultural Education Tour in the Tani Belimbing Group, Artha Mandiri, Tulungagung District, Indonesian Country. Journal anuario do Instituto de Geociências, https://revistas.ufrj.br/index.php/aigeo/article/view/56199
Sasmita, A., Ambarita, Y. M., & Putri, A. M. (2021). Strategi Pemasaran Tokopedia dalam Persaingan Antar E-Commerce dengan Analisis SWOT. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3397–3404. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1403
Setiawan, D., Mandey, S., & Jorie, R. (2022). Strategi Pemasaran Pada Cafe Van Ommen Coffee Shop Manado : Analisis Swot. EMBA Vol.10 No.1 Januari 2022, Hal. 1740-1748, 10(1), 1740–1748.
Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Sukatmadiredja, N. R., & Rosita, W. M. (2019). Strategi Pemasaran Melalui Analisis Swot Pada Perusahaan Kopi Lokal. Ecopreneur.12, 2(2), 12. https://doi.org/10.51804/econ12.v2i2.497
Syarbaini, A. (2015). Kelayakan Potensi Pengembangan Usaha Es Susu Jagung Manis (Zea Mays Sacc.). Jurnal Pertanian, 6(1), 21-34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. - Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).











