PENGGUNAAN GENERALIZED F TEST PADA ANALISIS RAGAM SATU ARAH DENGAN RAGAM TIDAK HOMOGEN

  • Bagus . Sartono FMIPA IPB
  • Farit M. Afendi FMIPA IPB

Abstract

Analisis ragam dengan ragam galat yang tidak homogen memerlukan penanganan yang khusus dalam penyelesaiannya. Hal yang umum dilakukan adalah dengan mentransformasi data. Melalui transformasi data diharapkan kehomogenanan ragam akan terpenuhi sehingga proses pengujian dapat mendekati kesahihan. Namun, tidak mudah memperoleh transformasi yang menyebabkan asumsi kehomogenan ragam terpenuhi.

 

Untuk mengatasi masalah ini, dapat digunakan pendekatan yang disebut dengan prosedur generalized F test. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan generalized F test pada analisis ragam satu arah dengan ragam tidak homogen. Tulisan ini menyajikan penerapan uji tersebut pada data hasil percobaan mengenai pertanian dalam bidang hortikultura hibrida melon.

 

Berdasarkan tampilan visual dengan menggunakan diagram kotak garis, hasil respon dari kelima perlakuan yang diujicobakan memiliki kecenderungan berbeda. Namun perhitungan nilai p pada analisis ragam uji F konvensional didapat sebesar 0.117, hal ini disebabkan karena asumsi kehomogenan ragam tidak terpenuhi. Perolehan nilai p pada prosedur generalized F test didapat sebesar 0.0074. Kesimpulan yang diperoleh pada prosedur generalized F test sesuai dengan tampilan visual dari diagram kotak garis.

 

Kata Kunci: ragam tidak homogen, ANOVA, generalized F test

Section
Articles