PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PEMASARAN DIGITAL PRODUK PERIKANAN DI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA

  • Retno Muninggar Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, FPIK-IPB University, Indonesia
  • Helmi Aulia Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, FPIK-IPB University, Indonesia

Abstract

Persepsi dan perilaku konsumen terhadap pemasaran digital hasil perikanan merupakan aspek yang penting untuk menentukan strategi pemasaran dan segmentasi pasar. Keputusan akhir pembelian produk perikanan dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya persepsi, karakteristik, dan perilaku konsumen. Permasalahan penelitian adalah belum adanya informasi yang lengkap terkait perilaku dan persepsi konsumen terhadap pemasaran digital produk perikanan di DKI Jakarta. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi perilaku konsumen, serta mengukur persepsi konsumen terhadap kinerja pemasaran digital produk perikanan. Pendekatan penelitian dilakukan melalui studi kasus dan menggunakan metode pengumpulan data accidental sampling. Data dianalisis menggunakan metode important performance analysis (IPA) dan customer satisfaction index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen dalam pemasaran digital produk perikanan adalah sebagai berikut: konsumen membeli produk perikanan melalui pemasaran digital dengan alasan praktis (60%), sumber informasi pembelian dari media sosial (43%), konsumen memperhatikan tingkat kualitas (46%), konsumen membeli rata-rata 1-3 kg produk perikanan (53%) dan konsumen melakukan pembelian kembali (89%). Persepsi konsumen terhadap keseluruhan atribut pemasaran digital hasil perikanan adalah puas (67%), dengan prioritas utama peningkatan kinerja terletak pada atribut harga dan kualitas hasil perikanan dari pemasaran digital.

Kata kunci: konsumen, pemasaran digital, persepsi, perilaku, produk perikanan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-15
Section
Articles