PENENTUAN FAKTOR DOMINAN PENYEBAB KECELAKAAN KAPAL DI KESYAHBANDARAN UTAMA TANJUNG PRIOK

  • Harnoli Rahman Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kemenhub RI
  • Arif Satria Staf Pengajar Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor
  • Budhi Hascaryo Iskandar Staf Pengajar Program Studi Teknologi Perikanan Laut
  • Deni Achmad Soeboer Staf Pengajar Program Studi Teknologi Perikanan Laut

Abstract

Keselamatan transportasi adalah hal yang mutlak harus dipenuhi. Keselamatan ini meliputi
moda transportasi darat, kereta api, udara dan laut. Keselamatan transportasi laut untuk selanjutnya
disebut keselamatan pelayaran diatur dalam International Safety Management Code (ISM) Code bab
IX. ISM Code menyatakan bahwa keselamatan pelayaran setidaknya harus memenuhi 2 kriteria yaitu
layak laut dan layak layar. Penelitian ini dilakukan di Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok. Data
yang dikumpulkan adalah data kecelakaan kapal dari tahun 2014 hingga 2016. Metode analisis yang
dipakai adalah analisa deskriptif yaitu data yang dikumpulkan ditabulasikan untuk menentukan
faktor dominan penyebab kecelakaan kapal. Hasil dari metode ini menyimpulkan bahwa kecelakaan
kapal disebabkan oleh 3 faktor yaitu faktor alam, faktor manusia dan faktor lainnya. Dalam kurun
waktu tersebut kecelakaan kapal yang disebabkan oleh faktor alam sebanyak 7 kecelakaan, faktor
manusia 5 kecelakaan dan faktor lainnya 6 kecelakaan.
Kata kunci: analisa deskriptif, ISM Code, keselamatan pelayaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-27
Section
Articles