Diseminasi Instalasi Fertigasi (Irigasi Tetes) Guna Menghemat Penggunaan Air untuk Pertanian di Kelurahan Beji

  • Faris Abdul Jabbar
  • Ninuk Purnaningsih Institut Pertanian Bogor

Abstract

Fertigasi atau lazim disebut irigasi tetes merupakan salah satu inovasi dalam bidang pertanian yang  memiliki keunggulan dapat menghemat penggunaan air. Pupuk yang digunakan adalah AB mix dan POC (pupuk organik cair) dan dicampurkan dengan media air sekaligus untuk  irigasi, yang selanjutnya dialirkan langsung ke tanaman melalui selang-selang kecil. Tujuan kegiatan ini adalah mengintroduksikan teknologi fertigasi untuk mengatasi masalah keterbatasan air irigasi di lokasi mitra kegiatan. Pembuatan instalasi dimulai dari tanggal 17 Juli hingga 23 Juli 2019 di Dusun Pudak, Kelurahan Beji, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri. Sasaran dari program ini adalah Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Beji, Kelompok Wanita Tani (KWT) Pelangi dan warga Kelurahan Beji. Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 23 juli 2019 ini dihadiri oleh 42 orang. Respon dari warga dan KWT Pelangi sangat antusias dengan program ini. Instalasi fertigasi  sangat cocok diterapkan di Kelurahan Beji agar penggunaan air untuk pertanian bisa lebih efisien. Harapannya semoga instalasi fertigasi ini dapat diaplikasikan oleh warga Kelurahan Beji untuk  skala rumah tangga maupun untuk skala bisnis. Setelah kegiatan selesai, instalasi diserahkan kepada KWT, dan berhasil panen pada Bulan November 2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kafkafi, U. Tarchitzky, J. 2011. Fertigation: A tool for Efficient Fertilizer and water management. Paris (FR): International Fertilizer Industry Association (IFA) International Potash Institute (IPI).

Naswir, Hardjoamidjojo, S, Pandjaitan NH, Hidayat, Pawitan. 2009. Efektivitas sistem fertigasi mikro untuk lahan sempit. Forum Pascasarjana. 32(1):45–54.

Sandal SK, Kapoor R, Kendra KV, Himachal CSK, Krishi P. 2015. Fertigation technology for enhancing nutrient use and crop productivity: An overview. Himachal Journal of Agricultural Research. 41(2): 14-121.

Sinha I, Buttar GS, Brar AS. 2017. Drip irrigation and fertigation improve economics, water and energy productivity of spring sunflower (Helianthus annuus L.) in Indian Punjab. Agricultural Water Management. 185:58-64.

Suhaimi MY, Mohamad AM, Hani MNF. 2014. Potential and viability analysis for ginger cultivation using fertigation technology in Malaysia. International Journal of Innovation and Applied Studies. 9(1):421.

Sumarna A, Stallen. 1991. Penerapan irigasi tetes pada udidaya sayuran dataran rendah. Laporan Hasil Penelitian Hortikultura. Kerjasama Balai Penelitian Hortikultura dengan Proyek ATA-395.

Sumarna A. 1998. Irigasi tetes pada budidaya cabai. Balai penelitian tanaman sayuran. Monograf (9): 1-28.

Yuan H, Cheng M, Pang S, Li L, Wang H, Na S. 2014. Construction and performance experiment of integrated water and fertilization irrigation recycling system. Transactions of the Chinese Society of Agricultural Engineering. 30(12):72-78.

Published
2022-10-31