Pengembangan UMKM Melalui Optimalisasi Branding dan Penggunaan Media Digital di Desa Sindangbarang, Kabupaten Cilacap

  • Intan Qori Lutfiyani
  • Andre Yasip Hastadi
  • Fetri Wahyuningsih
  • Ane Tika Wahyuni
  • Ghizela Fineartha Fauzi
  • Ani Nurfaizah
  • Mustofa Mustofa
  • Titi Rohimah
  • Rahmat Yanuar
Keywords: branding, media digital, UMKM

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak bulan Maret 2020 telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan di masyarakat, termasuk aspek ekonomi. UMKM menjadi salah satu sektor yang paling berdampak akibat adanya pandemi Covid-19 ini. Dengan adanya pandemi dan pemberlakuan kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat, menyebabkan produktivitas UMKM juga menurun sehingga berdampak pada penurunan pendapatan. Desa Sindangbarang merupakan sebuah desa inovatif dan potensial untuk pengembangan UMKM yang berada di Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap. Terdapat tiga UMKM potensial di Desa Sindangbarang diantaranya HI Binamitra Perkasa produsen minyak kelapa murni atau VCO (Virgin Coconut Oil), UMKM Keripik Pisang, dan UMKM Pisang Asap. Namun, potensi yang dimiliki belum dioptimalkan dengan baik dan masih terdapat berbagai permasalahan yang terjadi pada UMKM antara lain: 1) Kurangnya akses pasar; 2) Pemasaran masih secara konvensional; 3) Kemasan yang sederhana; 4) Belum memiliki brand; 5) tidak memiliki catatan keuangan. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman pelaku UMKM terhadap pentingnya brand sebuah produk dan penggunaan media digital dalam pengembangan usaha. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dapat disusun tujuan yaitu: 1) Melakukan analisis potensi dan kendala UMKM dilihat dari lingkungan bisnis internal dan eksternalnya; dan 2) Optimalisasi branding dan pencatatan keuangan UMKM dengan mengadakan pelatihan dan pendampingan. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Juli hingga Agustus 2021. Pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan berupa analisis SWOT terhadap UMKM mitra, kegiatan mentoring, kegiatan pendampingan branding produk, pembuatan poster dan promosi online, serta pelatihan pencatatan keuangan digital. Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan dalam pengembangan UMKM terbukti bermanfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM mitra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amartha. 2019. Pentingnya Pencatatan Keuangan Bagi Pelaku Usaha UMKM. https://blog.amartha.com/pentingnya-pencatatan-keuangan-bagi-pelaku-usaha-umkm/, diakses pada 21 September 2021.

[BPS] Badan Pusat Statistika. 2016. Jumlah Penduduk (Jiwa) di Kabupaten Cilacap. https://cilacapkab.bps.go. id, diakses pada 15 September 2021.

CNN. 2020. Digitalisasi UMKM Dinilai Jadi Solusi di Tengah Pandemi.

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201112150816-97-569036/digitalisasi- umkm-dinila i- jadi-solus i- di-tengah-pandemi, diakses pada 16 Juli 2021.

Hanjaya, S. (2016). Pengaruh kualitas produk, pengetahuan produk dan keragaman menu terhadap keputusan pembelian produk capra latte. Jurnal manajemen dan Start-up Bisnis, 1(2), 181-190.

Kotler, P. and K.L. Keller. 2012. Marketing Management. 14th ed. Upper Saddle River. NJ: Prentice Hall.

Kotler, Philip and Gary A. 2018. Principle of Marketing. 17e Global Edition. New York: Pearson Education Limited.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Munawir, Analisa Laporan Keuangan,Liberty, 2010. Jakarta.

Murdjito, G. 2012. Metode Pengabdian Masyarakat. Disampaikan pada Pelatihan Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat. https://www.slideshare.net/FitriRiyanto/metoda - pengabdian-pada-masyarakat-pak-gatot 1, diakses pada 16 September 2021.

Nurhayati S. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi. 4(2) : 60-69.

Purwati, A. A., Suryani, F., & Hamzah, M. L. . (2020). Pengaplikasian Sistem Informasi Pencatatan Keuangan pada Koperasi Serba Usaha Karya Mentulik. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 1(1), 22–26

Puslitbang Aptika dan IKP. 2019. Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia, Strategi dan Sektor Potensial. Jakarta : Puslitbang Aptika dan IKP Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Raharja, SJ. dan Natari, SU. 2021. Pengembangan Usaha UMKM Di Masa P andemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(1) : 108-123.

Rogers E (1995) Diffusion of innovations, (4thedn), New York. Free Press

Rosilawati Y. 2008. Employee Branding sebagai Strategi Komunikasi Organisasi untuk Mengkomunikasikan Citra Merek (Brand-Image). Jurnal Ilmu Komunikasi. 6(3) : 153-161

Soejono, F., Theresia,S., Kusmawati,K., Sony, S., & Wenny, A. (2020). Pendampingan Usaha: Pentingnya Laporan Keuangan Dan Penggunaan Aplikasi Bukukas Untuk Laporan Keuangan Usaha. Logista - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 210-219.

Susilo, Y., Wijayanti, E., & Santoso, S. (2021). Penerapan Teknologi Digital Pada Ekonomi Kreatif Pada Bisnis Minuman Boba. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 457-468.

Tamara A. 2016. Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. 4(3) : 395-406.

Published
2022-04-29
Section
Articles