PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP BENTUK PERTUMBUHAN TERUMBU KARANG DI PERAIRAN TELUK LAMPUNG

  • Beta Susanto Barus Dosen Sriwijaya University
  • Tri Prartono Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, FPIK-IPB, Bogor
  • Dedi Soedarma Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, FPIK-IPB, Bogor

Abstract

ABSTRAK

Kondisi lingkungan perairan dapat menentukan bentuk pertumbuhan terumbu karang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk pertumbuhan karang pada kondisi lingkungan yang berbeda di sekitar perairan Teluk Lampung. Pengamatan dilakukan dengan menggunakan transek kuadrat dengan ukuran (1x1) m2 dan pengolahan data menggunakan software CPCE (Coral Point Count with Excel Extension). Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2013. Hasil pengamatan menunjukan bahwa bentuk pertumbuhan karang yang dominan pada perairan Teluk Lampung adalah bentuk bercabang dari genus Acropora (ACB), bentuk foliose (CF) dan bentuk massive (CM). Tipe brancing  ditemukan di daerah yang memiliki kondisi arus yang lemah dan tingkat kecerahan yang tinggi. Coral foliose ditemukan pada daerah yang arusnya juga lemah dan tingkat kekeruhan rendah. Coral massive ditemukan  mendominasi di daerah yang arus dan tingkat kekeruhannya cukup tinggi. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa kondisi lingkungan perairan dapat mempengaruhi bentuk pertumbuhan terumbu karang di Perairan Teluk Lampung.

 

ABSTRACT

Water conditions can determine the life form of coral. This study aimed to determine life form of coral growth in different environmental conditions around Lampung Bay waters. The observation using quadratic transect with size (1x1) m2 and processing data by using CPCE (Coral Point Count with Excel Extension) software. This study was conducted in July 2013. The results showed that the dominant form of coral growth in Lampung Bay waters was branching form of the Acropora genus (ACB), foliose (CF) and massive (CM) forms. Branching types were found in areas with weak current conditions and high brightness levels. Coral foliose were found in areas where the current was also weak and low turbidity. Coral massive domination was found in high level both in current and turbidity. It was concluded that environmental conditions could influence the life form of coral reef  in the waters of Lampung Bay.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Beta Susanto Barus, Dosen Sriwijaya University
Marine Science Department of Sriwijaya University
Published
2018-12-01
How to Cite
BarusB. S., PrartonoT., & SoedarmaD. (2018). PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP BENTUK PERTUMBUHAN TERUMBU KARANG DI PERAIRAN TELUK LAMPUNG. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kelautan Tropis, 10(3), 699-709. https://doi.org/10.29244/jitkt.v10i3.21516