Analisis Perilaku Peternak dan Efektivitas Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) (Kasus di Desa Pringkasap, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang)

Analysis of Farmers Behavior and Operating on Poverty for Community Welfare (BEKERJA) Program Effectiveness (Case in Pringkasap Village, Pabuaran District, Subang Regency)

  • Alya Putri Mulyani
  • Adi Firmansyah

Abstract

Pemerintah menyadari betul bahwa untuk mewujudkan sistem pertanian yang berkeadilan, petani dan peternak sebagai penggerak utama sektor pertanian perlu ditingkatkan kesejahteraannya. Oleh karena itu, Kementan mengupayakan banyaknya bantuan salah satunya di bidang peternakan. Masyarakat di Desa Pringkasap, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang memiliki potensi kegiatan dalam berternak. Namun perilaku yang terbangun oleh para peternak di Desa Pringkasap memberikan pengaruh terhadap efektivitas program pemerintah yang disalurkan. Tujuan penulisan ini ialah untuk mengetahui bagaimana perilaku peternak dan sejauh mana efektivitas program di Desa Pringkasap. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perilaku masyarakat dalam beternak dipengaruhi oleh aspek konatif dan kognitif yang membangun pengambilan sikap para peternak dalam berternak. Selain itu, efektivitas program dapat dilihat melalui ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program.

Kata kunci: efektivitas program, perilaku peternak, peternakan

Published
2023-07-03
How to Cite
MulyaniA. P., & Adi Firmansyah. (2023). Analisis Perilaku Peternak dan Efektivitas Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) (Kasus di Desa Pringkasap, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang): Analysis of Farmers Behavior and Operating on Poverty for Community Welfare (BEKERJA) Program Effectiveness (Case in Pringkasap Village, Pabuaran District, Subang Regency). Jurnal Resolusi Konflik, CSR Dan Pemberdayaan (CARE), 8(1), 40-47. Retrieved from https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalcare/article/view/48423