TRANSFORMASI PERAN PAUD SEBAGAI PENDEKATAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP BERBASIS MASYARAKAT

Yulia Puspadewi Wulandari, Nursukma Putri Mahardika, Dea Farahdita

Sari


ABSTRAK

Lingkungan yang ada di sekitar anak merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dioptimalkan untuk pencapaian proses dan hasil pendidikan yang berkualitas bagi anak usia dini. Lingkungan pula menyediakan berbagai hal yang dapat dipelajari anak. Dari usia dinilah seharusnya dibangun karakter kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Dewasa ini sangat dibutuhkannya pengelolaan lingkungan berbasis masyarakat yang sekaligus terintegrasi dengan dunia pendidikan yang dimana pada akhirnya tidak hanya anak yang dapat belajar tetapi orangtua dan lingkungan (komunitas) dapat belajar serta mengimplementasikan mendukung program pengelolaan lingkungan, seperti yang dilakukan oleh PAUD Al-Firdaus. Tujuan penulisan ini ialah mengkaji model transformasi PAUD sebagai model pendekatan pengelolaan lingkungan hidup berbasis masyarakat, mengkaji inovasi-inovasi yang dikembangkan pada PAUD Al Firdaus, mengkaji faktor-faktor yang berpengaruh pada keberhasilan transformasi PAUD, mengkaji dampak yang diberikan oleh PAUD AL-Firdaus. Waktu dilakukan pada bulan Juli-Agustus tahun 2019. tempat penelitian  berlokasi di PAUD Al Firdaus Desa Muktijaya Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang. Metode analisis data yang digunakan yakni kuantitatif maupun data kualitatif. Dampak langsung yang diberikan oleh PAUD Al Firdaus antara lain peningkatan jumlah penerima manfaat dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Kegiatan PAUD dan masyarakat sekitar PAUD meningkatkan kondisi hijauan di sekitar kawasan sekitar 6,66 %. Mayoritas sampah yang dikumpulkan oleh siswa dan orangtua PAUD  Al Firdaus berupa botol/gelas kemasan plastik bekas meberikan berupa emisi karbon yang dihasilkan dari timbunan sampah plastik sebesar 3.746 kg.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.