Analisis Perbandingan Pengetahuan dan Sikap Civitas Academica terhadap Kekerasan Seksual: Kasus Dua Perguruan Tinggi

  • Anna Fatchiya Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB University, Bogor, Jawa Barat, Indonesia
  • Hesti Asriwandari Prodi Sosiologi FISIP Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Ikhlasiah Dalimoenthe Prodi Sosiologi FIS Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia
  • Dyah Retna Puspita Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB University, Bogor, Jawa Barat, Indonesia
  • Heriberta Prodi Ekonomi Pembangunan FEB Universitas Jambi, Muaro Jambi, Indonesia
  • Adi Firmansyah Pusat Kajian Resolusi Konflik IPB, Bogor, Indonesia
Keywords: gender, kampus, kekerasan seksual, perguruan tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengetahuan dan sikap civitas academica tentang kekerasan seksual dan peran perguruan tinggi untuk mencegah dan menanganinya. Data dikumpulkan melalui kuesioner online di perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH) dengan inisial PT X dan perguruan tinggi negeri tidak berbadan hukum (PT Y). Responden berjumlah 238 orang, dengan proporsi dosen (25%), tenaga kependidikan (15%), dan mahasiswa (60%). Hasil penelitian tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan di kedua jenis PTN tersebut dalam pengetahuan atau pengalaman responden tentang kekerasan seksual, sikap, dan peran perguruan tinggi dalam pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. Mayoritas responden pernah pengalami kekerasan seksual verbal yaitu mendapatkan ucapan yang memuat rayuan, lelucon, dan/atau siulan yang bernuansa seksual tanpa persetujuan korban.  Sikap positif ditunjukkan mayoritas responden terhadap korban, yaitu mendapatkan hak korban (melapor, mencari informasi, memberi informasi alternatif penanganan kasus) dan membantu melaporkannya kepada pihak yang berwenang di kampus. Upaya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di kedua perguruan tinggi juga relatif tidak berbeda, dalam bentuk pendampingan psikologis dan hukum, pelaporan, pemulihan korban secara medis, psikologis, sosial, spiritual, dan hukum, dan pengenaan sanksi administratif kepada pelaku, serta penyediaan sarana prasarana untuk menciptakan rasa aman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adams, J. W., Kottke, J. L., & Padgitt, J. S. (1983). Sexual harassment of university students. Journal of College Student Personnel.

Alif, M., Sumardjo, S., Sarwoprasodjo, S., & Fatchiya, A. (2022). Behavior Analysis of Farmers in Tidal Swamp Land towards Agricultural Insurance. Universal Journal of Agricultural Research, 10(6), 691–698. https://doi.org/10.13189/ujar.2022.100610 .

Bloom, B. S. (Ed.). (1968). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals; Handbook. Cognitive Domain. McKay.

Burt, M. R. (1980). Cultural myths and supports for rape. Journal of personality and social psychology, 38(2), 217.

Citron, D. K. (2014). Hate crimes in cyberspace. Harvard University Press.

Cohen, L. E., & Felson, M. (1979). Social Change and Crime Rate Trends: A Routine Activity Approach. American Sociological Review, 44(4), 588–608.

Dihni, V. A. (2021). Ketimpangan Gender Indonesia Tertinggi di ASEAN, Singapura Terendah. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/14/ketimpangan-gender-indonesia-tertinggi-di-asean-singapura-terendah.

Elindawati, R. (2021). Perspektif feminis dalam kasus perempuan sebagai korban kekerasan seksual di Perguruan Tinggi. AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama, 15(2), 181-193.

Fitriyanti, E., & Suharyati, H. (2023). Pelecehan Seksual Fisik di Perguruan Tinggi: Tinjauan terhadap Faktor Penyebab, Dampak, dan Strategi Kebijakan sebagai Upaya Pencegahan. Sosio e-Kons, 15(2), 178-195.

Halim, A., & Pratiwi, R. (2021). Pemahaman Masyarakat Terhadap Kasus Kekerasan Seksual dan Pengaruhnya terhadap Penegakan Hukum. Jurnal Kriminologi, 13(3), 145–159.

Hamid, A. (2022). Perspektif Hukum Terhadap Upaya Antisipasi Dan Penyelesaian Kekerasan Seksual Di Perguruan Tinggi. Al-Adl: Jurnal Hukum, 14(1), 42-64.

Harahap, D. (2023). Punya Peran Penting, Satgas PPKS di Kampus Perlu Diperkuat dan Dilindungi. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/634750/punya-peran-penting-satgas-ppks-di-kampus-perlu-diperkuat-dan-dilindungi.

Hasbullah, H. (2020). Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1).

Henry, N., & Powell, A. (2015). Embodied harms: Gender, shame, and technology-facilitated sexual violence. Violence against women, 21(6), 758-779.

Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (1987). Theory research and practice. Educational administration.

Kelly, L. (2013). Surviving sexual violence. John Wiley & Sons.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (n.d.). Apa Itu Kekerasan Seksual? 2023. https://merdekadarikekerasan.kemdikbud.go.id/ppks/kekerasan-seksual/.

Koss, M. P., & Gidycz, C. A. (1985). Sexual experiences survey: reliability and validity. Journal of consulting and clinical psychology, 53(3), 422.

Lindawati, S., Lubis, D. P., & Fatchiya, A. (2022). Pengaruh Komunikasi Siswa SMK dengan Orang Tua, Guru, dan Teman Sebaya terhadap Kematangan Kariernya. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 20(02), 140–154. https://doi.org/10.46937/20202240696.

McGlynn, C., & Rackley, E. (2017). Image-based sexual abuse. Oxford Journal of Legal Studies, 37(3), 534-561.

McKinney, K. (1990). Sexual harassment of university faculty by colleagues and students. Sex Roles, 23, 421-438.

Mendikbudristek RI. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 30 Tahun 2021 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi. https://peraturan.bpk.go.id/Details/188450/permendikbud-no-30-tahun-2021

Miller, K., & Demirbilek, M. (2023). The Role of Social Media in the Fight Against Gender Violence (pp. 90–99). https://doi.org/10.4018/978-1-6684-8893-5.ch006.

O'Leary-Kelly, A. M., Bowes-Sperry, L., Bates, C. A., & Lean, E. R. (2009). Sexual harassment at work: A decade (plus) of progress. Journal of Management, 35(3), 503-536.

Quran, R. F. (2022). Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), 480-486.

Reilly, M. E., Lott, B., Caldwell, D., & DeLuca, L. (1992). Tolerance for sexual harassment related to self-reported sexual victimization. Gender & Society, 6(1), 122-138.

Retnaningsih, U. O., Asriwandari, H., Ningsih, R. B., Purwanti, I. T., Sidiq, Rd. S. S., Artina, D., & Rosaliza, M. (2022). The Persistence of Patriarchy in the Palm Oil Sector: Evidence from the Riau Province of Indonesia. Cogent Social Sciences, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2022.2112825.

Romanti. (2023). Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi: Mari Bergerak Bersama. Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi RI. https://itjen.kemdikbud.go.id/web/pencegahan-dan-penanganan-kekerasan-seksual-di-lingkungan-perguruan-tinggi-mari-bergerak-bersama/

Santoso, B. (2019). Sikap dan Perilaku Aparat Hukum dalam Menangani Kasus Kekerasan Seksual. Jurnal Hukum Dan Keadilan, 7(1), 89–102.

Sarbana, B., Saleh, A., Fatchiya, A., & Firdaus, M. (2023). Analisis Efektivitas Komunikasi Pemangku Kepentingan untuk Keberlanjutan Bisnis UMK di Geopark Pongkor. Jurnal Penyuluhan, 19(01), 104–116. https://doi.org/10.25015/19202343488.

Sikweyiya, Y., Addo-Lartey, A. A., Alangea, D. O., Dako-Gyeke, P., Chirwa, E. D., Coker-Appiah, D., Adanu, R. M. K., & Jewkes, R. (2020). Patriarchy and Gender-Inequitable Attitudes as Drivers of Intimate Partner Violence Against Women in the Central Region of Ghana. BMC Public Health, 20(1), 682. https://doi.org/10.1186/s12889-020-08825-z.

Sumintak, S., & Idi, A. (2022). Analisis Relasi Kuasa Michel Foucault: Studi Kasus Fenomena Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 11(1), 55-61.

Vyas, S., & Jansen, H. A. F. M. (2018). Unequal Power Relations and Partner Violence Against Women in Tanzania: A Cross-Sectional Analysis. BMC Women’s Health, 18(1), 185. https://doi.org/10.1186/s12905-018-0675-0.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes (Vol. 86). Harvard university press.

Published
2024-10-11
How to Cite
Fatchiya A., AsriwandariH., Dalimoenthe I., Retna PuspitaD., Heriberta, & Firmansyah A. (2024). Analisis Perbandingan Pengetahuan dan Sikap Civitas Academica terhadap Kekerasan Seksual: Kasus Dua Perguruan Tinggi . Jurnal Penyuluhan, 20(02), 243-250. https://doi.org/10.25015/20202452978