Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran
Abstract
Realitas perilaku anak-anak dan remaja masa kini sudah dipengaruhi oleh internet. Lingkungan keluarga dan sekolah dituntut kondusif agar anak-anak dan remaja menggunakan internet secara positif terutama untuk pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) perilaku siswa dalam menggunakan internet; 2) peran orangtua dan guru dalam membangun internet sebagai sumber pembelajaran; dan 3) faktor-faktor yang berhubungan dengan intensitas penggunaan internet untuk pembelajaran. Penelitian ini menggunan pendekatan kuantitatif. Hasil deskripsi data dan uji korelasi diketahui bahwa semua siswa setiap hari menggunakan internet, dengan rata-rata lebih dari dua jam. Penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran cukup tinggi. Tingginya penggunaan internet untuk pembelajaran tersebut dipengaruhi oleh tingginya kepedulian orangtua dalam membimbing anaknya belajar dan mengontrol penggunaan internet, tingginya intensitas guru menggunakan internet untuk pembelajaran, tingkat pendidikan orangtua terutama ibu, serta intensitas membaca buku pelajaran. Menggunakan media sosial, bermain game online, menggunakan internet walaupun intensitasnya tinggi tetapi tidak berhubungan dengan penggunaan internet untuk pembelajaran. Implikasinya bahwa para orangtua dan guru dituntut lebih peduli terhadap pembelajaran, terutama memanfaatkan internet untuk mendukung keberhasilan pembelajaran.
Downloads
References
Aberg, E. S., Stahle, Y., Engdahl, I, Nyqvist, H.K. 2016. Designing a Website to Support Students Academic Writing Process. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 15(1), hlm. 33-42.
Al-Dheleal, Yahya M. dan Tasir, Zaidatun. 2017. Using Facebook for the Purpose of Students’ Interaction and its Correlation with Students’ Academic Performance. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology – October 2017, volume 16 issue 4. Page. 170-178. http://www.tojet.net/articles/v16i4/16416.pdf.
Anwas, Oos M. 2011. Pembudayaan Teknologi Infoemasi dan Komunikasi di Sekolah. Jurnal Teknodik, Pustekkom Kemendikbud. Vol. XV Nomor 1 2011, hal 75-83.
Anwas, Oos M. 2016. Model Buku Teks Pelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Kwangsan BPMTP Surabaya, Vol 4 Nomor 1 Juni 2016, hal 17-32.
Dasli, Aira Putri Eri; Pudji, Muljono; Susanto, Joko. 2015. Pemanfaatan Cyber Extension melalui Telepon Genggam Oleh Petani Anggrek di Taman Anggrek Ragunan Jakarta Selatan. Jurnal Penyuluhan, September 2015 Vol 11 No 2. Hal 1 – 10.
Fitri, Sulidar. 2017. Dampak Positif dan Negatif Sosial Media terhadap Perubahan Sosial Anak. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 1, 2 (April 2017): 118-123. file:///C:/Users/HP%20User/Downloads/5-Article%20Text-146-2-10-20170418.pdf
Fahriantini, Eva. 2016. Peranan Orangtua dalam Pengawasan Anak Pada Penggunaan Blackberry Messenger di Al Azhar Syifa Budi Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 2016: 4(4): 44-55, Universitas Mulawarman, ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id. http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/10/eJournal%20fix%20(10-26-16-03-01-25).pdf
Faisal, Nasrul. 2016. Pola Asuh Orang Tua dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal An-Nisa, Volume IX Nomor 2 Desember 2016, hal. 121-137. http://e-jurnal.stainwatampone.ac.id/index.php/an-nisa/article/viewFile/191/184
Peter, Ramot.2015. Peran Orangtua Dalam Krisis Remaja. Jurnal Humaniora Vol.6 No.4 Oktober 2015: 453-460. http://oaji.net/articles/2015/2639-1448598526.pdf
John, B., Thavavel, V., Jayaraj, J., Muthukumar, A., Jeevanandam, P.K. 2016. Design of Open Content Social Learning that Increases Learning Efficiency and Engagement Based on Open Pedagogy. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 15(1), hlm. 20-32.
Juwita, Elsa Puji. Dasim Budimansyah, Dasim. Nurbayani, Siti. 2015. Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa Sma Negeri 5 Bandung, Jurnal Pendidikan Sosiologi, UPI Bandung. Jurnal Sosietas, Vol. 5, No. 1. http://ejournal.upi.edu/index.php/sosietas/issue/view/181
Kemkominfo: Pengguna Internet di Indonesia Capai 82 Juta. 2014. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker
Kominfo. 2014. Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet Siaran Pers No.17/PIH/Kominfo/2/2014 https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3834/Siaran+Pers+No.+17-PIH-KOMINFO-2014+tentang+Riset+Kominfo+dan+UNICEF+Mengenai+Perilaku+Anak+dan+Remaja+Dalam+Menggunakan+Internet+/0/siaran_pers
Kusuma, Nurlaeli dan Hadiyanto. Perilaku Menonton dan Kepuasan Petani terhadap Program Merajut Asa di Televisi TV Trans7. Jurnal Penyuluhan, Maret 2015 Vol 11 No 1. Hal. 60 – 68.
Nugraha, Ardi Maulana. Suryadi, Karim. Syam, Syaifullah Syam. 2015. Penggunaan Media Sosial Path Sebagai Sarana Pengakuan Sosial. Jurnal Pendidikan Sosiologi, UPI Bandung. Jurnal Sosietas, Vol. 5, No. 2.
Siyamitri, Puty. Literasi Media Internet pada Kalangan Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Medan. Jurnal Simbolika/Volume 1/Nomor 2/September 2015. Hal. 161-175 file:///C:/Users/HP%20User/Downloads/203-527-1-PB.pdf
Susena, Edy dan Lestari, Dewi Amelia. 2014 Dampak Penggunaan Internet Terhadap Kecerdasan Pelajar Sekolah Menengah Atas di Daerah Pedesaan dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidikan di Daerah Pedesaan. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta ISSN : 2355-5009 Vol. 1 Nomor 2 Tahun 2014. Hal 1-10. http://www.poltekindonusa.ac.id/wp-content/uploads/2016/05/Vol-1-2-2014-Dampak-Penggunaan-Internet-Terhadap-Kecerdasan-Pelajar-Edy-Susena.pdf
Ulinuhha, Masyari. 2013. Melindungi Anak dari Konten Negatif Internet; Studi terhadap Peramban Web Khususnya Anak. Jurnal Sawwa, Volume 8 Nomor 2, April 2013. Hal. 341-360.
Youthmanual. 2017. Data Pengguna Internet Tahun 2017 https://www.youthmanual.com/post/fun/did-you-know/data-pengguna-internet-tahun-2017-dan-apa-kesimpulan-yang-bisa-diambil-dari-data-tersebut.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. - Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).