Marketing Strategy Analysis of Processed Tuna Products at CV Putra Boga Mahdani Bogor City, West Java

  • Dwicahyo Waskito Nugroho IPB University
  • Veralianta Br Sebayang IPB University
  • Chiquita Japar IPB University
  • Raysha Putri Ramadhania IPB University
  • Ulya Hoironnisa IPB University
  • Fannisa Athallah Kusumaningtyas IPB University
  • Tasya Angelita IPB University
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Nilai Tambah, Olahan Ikan Tuna, Strategi Pemasaran, UMKM

Abstrak

Kota Bogor merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang terkenal akan produksi budidaya ikannya. Potensi yang cukup besar yang dimiliki oleh sektor perikanan Kota Bogor mampu menghasilkan peluang usaha baru dalam memaksimalkan potensi yang ada, khususnya dalam bidang pengolahan produk perikanan. CV Putra Boga Mahdani adalah salah satu UMKM yang melakukan penerapan nilai tambah produk ikan dengan membuat produk Basreng Ikan. Adapaun permasalahan yang dihadapi oleh CV Putra Boga Mahdani yaitu penjualan produk ikan yang belum maksimal, hal ini merupakan indikasi strategi pemasaran yang belum dijalankan secara optimal, sehingga perumusan strategi pemasaran terkait bauran pemasaran diperlukan untuk meningkatkan kegiatan pemasaran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi semasaran produk olahan ikan tuna di CV Putra Boga Mahdani. Analisis data menggunakan metode AHP untuk mendapatkan prioritas strategi. Hasil analisis AHP yang didapat adalah prioritas strategi penetrasi pasar dengan bobot nilai 0,875 dan rasio inkonsistensi 0,002. Strategi ini dapat dilakukan dengan menambah saluran distribusi dan meningkatkan promosi. Prioritas faktor dengan tingkat prioritas tertinggi, yaitu harga (Price) dengan bobot 0,323 dan rasio inkonsistensi 0,163, dengan strategi diskon harga sehingga harga terjangkau dan produk dapat bersaing dengan produk basreng jenis lain.

Diterbitkan
2024-12-27