Kemanfaatan Perpustakaan dalam Pembelajaran dan Penelitian Mahasiswa IPB serta Strategi Peningkatannya

  • Janti G. Sujana Perpustakaan IPB
  • Deden Himawan Perpustakaan IPB
Kata Kunci: literasi informasi; pembelajaran mahasiswa; penelitian mahasiswa; revolusi industri 4.0; pustakawan IPB

Abstrak

Menghadapi era disruptif Perpustakaan IPB perlu mengantisipasi berbagai perubahan dengan melakukan evaluasi diri melalui pengkajian manfaat keberadaannya bagi mahasiswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui  hubungan antara frekuensi kunjungan mahasiswa ke Perpustakaan IPB dengan IPK; (2) Mengetahui hubungan banyaknya buku Perpustakaan IPB yang dipinjam mahasiswa dengan IPK; (3) Mengetahui manfaat Perpustakaan IPB dalam mendukung proses pembelajaran dan penelitian mahasiswa; (4) Mengetahui peran pustakawan IPB dalam mendukung proses pembelajaran dan penelitian mahasiswanya; (5) Merumuskan strategi Perpustakaan IPB untuk meningkatkan manfaatnya terhadap proses pembelajaran dan penelitian mahasiswanya.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan uji korelasi untuk melihat hubungan antara frekuensi kunjungan mahasiswa ke Perpustakaan IPB dan banyaknya buku Perpustakaan IPB yang dipinjam mahasiswa dengan IPK. Penelitian ini juga menggunakan metode survei dengan kuesioner disertai wawancara kepada tiga orang dosen IPB.

Hasil penelitian menunjukkan tidak ada korelasi antara frekuensi kunjungan mahasiswa ke perpustakaan dan banyaknya buku perpustakaan yang dipinjam dengan IPK mahasiswa. Namun demikian, persepsi mahasiswa terkait dukungan Perpustakaan IPB pada pembelajaran dan penelitian mereka sangat baik, rata-rata persentase responden yang setuju akan kemanfaatan perpustakaan dalam proses belajar dan penelitian mereka di atas 90 %. Persepsi responden terhadap dukungan pustakawan dalam membantu mahasiswa belajar sangat baik, namun untuk dukungan pustakawan pada penelitian mahasiswa dianggap kurang.

Strategi peningkatan manfaat perpustakaan  pada proses pembelajaran dan penelitian mahasiswa perlu disesuaikan dengan perilaku generasi milenial. Oleh karena itu disarankan Perpustakaan IPB segera mengimplementasikan konsep-konsep berbasiskan revolusi industri 4.0. Pustakawan IPB perlu ditingkatkan kompetensinya terkait keterampilan literasi informasi dan penguasaan pada teknologi informasi dan komunikasi.

Unduh

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Datig, I. (2014). What is a library?: International college students’ perceptions of libraries. The Journal of Academic Librarianship, 40, 350-356. Diambil 2 Juli 2019 dari Science Direct database. http://dx.doi.org/10.1016/j. acalib.2014. 05.001
Daruyani, S., Wilandari, Y., & Yasin, H. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi indeks prestasi mahasiswa FSM Universitas Diponegoro semaster pertama dengan motode regresi logistik biner. Prosiding Seminar Nasional Statistika Universitas Diponegoro, 14 September 2013, 185-194. Diambil 22 November 2020 dari http://eprints.undip.ac.id/40295/
Irianto, A. (2008). Statistik: Konsep dasar & aplikasinya. Jakarta: Kencana.
Jamaluddin. (2014). Pengaruh pemanfaatan layanan perpustakaan terhadap prestasi belajar mahasiswa di Universitas Hasanuddin. JUPITER, XIII(1), 1-8. Diambil 2 Juli 2019 dari http://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/ article/view/1669
Li, L.H., Wu, F., & Su, B. (2018). Impacts of library space on learning satisfaction – An empirical study of University library design in Guangzhou, China. The Journal of Academic Librarianship, 44, 724-737. Diambil 2 Juli 2019 dari Science Direct database http://doi.org/10.1016/j.acalib.2018.10. 003
Masyhuri & Zainuddin, M. (2011). Metodologi penelitian: pendekatan praktis dan aplikatif. Ed. revisi. Bandung: Refika Aditama.
Montenegro, M., Clasing, P., Kelly, N. dkk. (2016). Library resources and students’ learning outcomes: Do all the resources have the same impact on learning? The Journal of Academic Librarianship, 42, 551-556. Diambil 2 Juli 2019 dari Science Direct database http://dx.doi.org/10.1016/j.acalib.2016.06.020
Nzivo, C.N. & Chuanfu, C. (2013). International students’ perception of library services and information resources in Chinese academic libraries. The Journal of Academic Librarianship, 39, 129-137. Diambil 2 Juli 2019 dari Science Direct database http://dx.doi.org/10.1016/j.acalib. 2012.11.004
Pan, D., Ferrer-Vinent, I.J. & Bruehl, M. (2014). Library value in the classroom: assessing student learning outcomes from instruction and collections. The Journal of Academic Librarianship, 40, 332-338. Diambil 2 Juli 2019 dari Science Direct database http://dx.doi.org/10.1016/j.acalib.2014. 04.011
Riduwan. (2009). Pengantar statistika sosial. Bandung: Alfabeta.

Rinto, E.E., Cogbill – Seiders, E.I. (2015). Library instruction and themed composition courses: aninvestigation of factors that impact student learning. The Journal of Academic Librarianship, 41, 14-20. Diambil 2 Juli 2019 dari Science Direct database http://dx.doi.org/10.1016/j.acalib.2014.11.010

Shen, Y., Varvel, V.E. Jr. (2013). Developing data management services at the John Hopkins University. The Journal of Academic Librarianship, 39, 552-557. Diambil 2 Juli 2019 dari Science Direct database http://dx.doi.org/10.1016/ j.acalib.2013.06.002.

Sujana, J.G., Muljono, P., Lubis, D.P., Sulistyo-Basuki. (2018). The information seeking behavior of digital native and digital immigrant students of Bogor Agricultural University. Journal of Education and Learning, 12(1), 57-68. Diambil 25 Juli 2019 dari http://journal.uad.ac.id/index.php/EduLearn/ article/view/7064/pdf_218

Sujana, J.G., Siswadi, F., Isriyanti. (2019). Layanan manajemen data penelitian di Perpustakaan IPB: sebuah tantangan. Laporan Penelitian dengan dana hibah Direktorat Sumber Daya Manusia IPB. Bogor: Perpustakaan IPB.

Supranto, J. (2016). Statistik: teori dan aplikasi edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Wulandari, N.E.R., Nugroho, E. (2017). E-learning: implikasinya terhadap pelayanan perpustakaan perguruan tinggi dan peran pustakawan. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 13(1), 87-96. Diambil 23 Juni 2019 dari https://journal.ugm.ac.id/bip/article/ view/26199/16614
Diterbitkan
2020-06-10