Peningkatan layanan perpustakaan dengan media SMS gateway: studi kasus Perpustakaan Kebun Raya Bogor

  • Sutarsyah LIPI Bogor

Abstrak

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi perlu dilakukan untuk meningkatkan layanan perpustakaan ke pemustaka, dalam tulisan ini Perpustakaan Kebun Raya Bogor melakukan layanan SMS sebagai media komunikasi untuk meningkatkan layanan perpustakaan. Layanan SMS dilakukan karena ruang perpustakaan pindah dan memiliki jarak yang cukup jauh sekitar 2 km dengan kantor utama, sebagai pusat segala aktifitas termasuk peneliti sebagai pengguna aktif perpustakaan.  Hal ini menyebabkan akses ke perpustakaan jauh sehingga berdampak pada jumlah kunjungan para peneliti menurun, terlambat dalam penyampaian informasi-informasi baru, dan tingkat disiplin pengembalian buku ke perpustakaan menjadi kurang baik. Tujuan dari layanan ini untuk mengetahui respon peneliti  terhadap layanan SMS  Gateway. Metode penelitian dilakukan dengan melakukan uji coba prototip.  Hasil penelitian menunjukkan respon positif dari peneliti dengan permintaan beberapa artikel yang dibutuhkan untuk dicarikan literaturnya oleh perpustakaan.

Unduh

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

1. Ansor, Sokhibul & Setiawan. 2016. Kontribusi jurnal terbitan Universitas Negeri Malang sebagai media komunikasi ilmiah dalam menumbuhkan penggunaan literatur primer bagi mahasiswa strata 1 dan 2 Universitas Negeri Malang. Visi Pustaka. Vol. 18 no. 3. Hal. 2
2. Bielskas, A.& Dreyer, K.M. 2012. IM and SMS reference services for libraries. Chicago: ALA Tech.source
3. Electronic Communication Committee. 2004. Short Message Service (SMS) in Fixed and Mobile Network. Diakses dari: http://test.ecodocdb.dk/docdb/download/62086129-e1ba/ECCREP052.PDF
4. Haidar Bagir (2016) kompas 28/4/2016.
5. K. Katankar, Veena.,& Thakare, V.M. 2010. Short Message Service using SMS Gateway. International Journal on Computer Science and Technology. Vol. 02 no. 04.
6. Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2015. Rencana strategis komunikasi dan informasi tahun 2015-2019. https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/PM_KOMINFO_No_21_Tahun_2016_REVISI%20RENSTRA%20KEMKOMINFO.pdf
7. Kompas, 26 April 2016, hal. 21.
8. Stahr, B. (2009). SMS library reference service options. Library Hi Tech News. 26 (3/4): 13-15
9. Wicaksono,2017. Layanan referensi melalui SMS: Studi literatur. Media Pustakawan. Vol. 24 no. 1, hal. 4.
10. Yazdi, Mohammad. 2012. E-Learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis E-learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. Jurnal Ilmiah Foristek Vol. 2, No. 1, Maret 2012 .
Diterbitkan
2020-06-10