KOMPETENSI PUSTAKAWAN PERGURUAN TINGGI DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Abstract
Kemenristikdikti memiliki program dan kebijakan terkait sumber daya, pembelajaran, riset dan pengembangan inovasi, yang diharapkan relevan dan siap menghadapi revolusi industry 4.0. Jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang mencapai 4.400, tentu membutuhkan sumberdaya yang kompeten dan relevan dengan kebutuhan pada zamannya. Perguruan tinggi diharapkan fokus pada kualitas dan relevansi. Salah satu program Kemenristek dikti yakni peningkatan kapasitas sumber daya dosen. Program ini dilakukan antara lain dengan melakukan kolaborasi riset dengan profesor kelas dunia. Pustakawan yang merupakan bagian dari sumberdaya perguruan tinggi, juga tidak luput dari perhatian. Kemenristekdikti memprogramkan bimbingan teknis bagi pengelola bidang perpustakaan. Tujuannya tidak lain agar pustakawan/pengelola perpustakaan perguruan tinggi, mampu menghadapi tuntutan era revolusi industry 4.0, yang dihadapi oleh dunia pendidikan tinggi. Hal ini memunculkan pertanyaan, sesungguhnya kompetensi apa saja yang diperlukan pustakawan di lingkungan pendidikan tinggi dalam menghadapi era revolusi industry 4.0. Tinjauan pustaka dilakukan penulis untuk mencoba menjawab permasalahan diatas. Berdasarkan hasil tinjauan pustaka ada beberapa kompetensi yang perlu dimiliki pustakawan dan atau dikembangkan. Kompetensi ini sangat diperlukan pustakawan di lingkungan pendidikan tinggi, agar tetap relevan mendukung pendidikan tinggi menghadapi tantangan era revolusi 4.0.
Kata Kunci: Kompetensi Pustakawan; Pendidikan Tinggi; Revolusi IndustriDownloads
©2024 IPB Journal. All Rights Reserved