PENERAPAN MODEL PERSAMAAN STRUKTURAL UNTUK EVALUASI KUALITAS KINERJA BIMBINGAN KONSELING SMA NEGERI 1 DRAMAGA
Abstract
Bimbingan konseling (BK) pada jenjang pendidikan SMA memiliki peran penting dalam memberikan layanan konsultasi akademik maupun non akademik kepada para siswa. Oleh karenanya, kemampuan dan kepribadian guru BK, serta fasilitas penunjang yang memadai sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan membangun model empiris untuk mengevaluasi kinerja layanan BK berbasis kepuasan siswa, terhadap faktor-faktor yang memengaruhi kualitas kinerja BK SMA Negeri 1 Dramaga. Penelitian ini melibatkan 125 siswa dengan cara mengisi kuesioner secara online. Pendugaan parameter model dilakukan menggunakan Structural Equation Model (SEM). Tingkat kepuasan siswa secara keseluruhan terhadap layanan BK sebesar 94%. Kemampuan Guru BK dan program kerja konsultasi memiliki peran dominan dalam memengaruhi kepuasan. Layanan informasi BK berpengaruh positif terhadap kepuasan, sedangkan faktor kepribadian, fasilitas ruang diskusi, dan program kerja klasikal berpengaruh negatif terhadap kepuasan siswa. Upaya untuk meningkatkan kualitas kinerja BK SMA Negeri 1 Dramaga diprioritaskan melalui peningkatan kinerja program kerja klasikal dengan memperbaiki kualitas penyampaian informasi seputar perguruan tinggi.