PERSEPSI RISIKO, FINANCIAL SELF-EFFICACY DAN MINAT INVESTASI EMAS PADA GENERASI Z
Risk Perception, Financial Self-Efficacy, and Interest in Gold Investment among Gen-Z
Abstract
Emas merupakan produk investasi berisiko rendah, namun keputusan berinvestasi emas dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti persepsi risiko dan financial self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik responden, persepsi risiko, financial self-efficacy, dan minat investasi emas pada generasi Z di Indonesia. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatori, penelitian ini melibatkan 188 responden berusia 17-26 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi risiko memiliki pengaruh negatif terhadap minat investasi emas, sementara jumlah tanggungan dan usia berpengaruh positif terhadap minat investasi emas. Selain itu, hasil analisis regresi menunjukkan bahwa faktor usia dan jumlah tanggungan dapat meningkatkan minat investasi emas secara signifikan. Implikasi teoritis dari penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman tentang faktor psikologis yang memengaruhi keputusan investasi, khususnya pada generasi Z. Secara praktis, temuan ini memberikan informasi penting bagi lembaga keuangan untuk lebih fokus pada pengurangan persepsi risiko yang dapat menghalangi minat investasi. Program edukasi yang mengedukasi masyarakat tentang risiko dan potensi keuntungan investasi emas dapat membantu meningkatkan partisipasi generasi Z dalam investasi emas. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperhatikan pengaruh variabel eksternal, seperti budaya, sosialisasi keuangan dari keluarga, serta pengaruh media terhadap keputusan investasi generasi Z, agar dapat memperkaya pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi perilaku investasi di kalangan generasi muda.
References
Ainia, N. S. N., & Lutfi, L. (2019). The influence of risk perception, risk tolerance, overconfidence, and loss aversion towards investment decision making. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 21(3), 401–413. https://doi.org/10.14414/jebav.v21i3.1663
Akhtar, F., & Das, N. (2019). Predictors of investment intention in Indian stock markets: Extending the theory of planned behaviour. International Journal of Bank Marketing, 37(1), 97–119. https:/doi.org/10.1108/ijbm-08-2017-0167
Almansour, B. Y., Elkrghli, S., & Almansour, A. Y. (2023). Behavioral finance factors and investment decisions: A mediating role of risk perception. Cogent Economics & Finance, 11(2). https://doi.org/10.1080/23322039.2023.2239032
Anastasia, N., & Lestaritio, M.J. (2020). The Effect of Women's Financial Self-Efficacy on Financial Product Ownership. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 23(2), 169–182. https://doi.org/10.14414/jebav. v23i2.2285
Annur, C. M. (2022a, August 10). Survey: Ini platform investasi emas digital terpopuler di Indonesia. Databoks. Retrieved July 12, 2023, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/10/survei-ini-platform-investasi-emas-digital-terpopuler-di-indonesia
Annur, C. M. (2022b, June 29). Survei: Pecandu internet terbanyak dari kalangan Gen Z. Databoks. Retrieved July 30, 2024, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/29/survei-pecandu-internet-terbanyak-dari-kalangan-gen-z
Brooks, C., Sangiorgi, I., Hillenbrand, C., & Money, K. (2018). Why are older investors less willing to take financial risks? International Review of Financial Analysis, 56, 52–72. https://doi.org/10.1016/j.irfa.2017.12.008
Chen, M. F., & Tung, P. J. (2014). Developing an extended theory of planned behavior model to predict consumers’ intention to visit green hotels. International Journal of Hospitality Management, 36, 221–230. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2013.09.006.
Elfahmi, R., & Solikin, I. (2020). Model of student investment intention with financial knowledge as a predictor that moderated by financial selfefficacy and perceived risk. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 1(1), 165–175. https://doi.org/10.38035/dijefa.v1i1.232
Farrell, L., Fry, T.R., & Risse, L. (2016). The significance of financial self-efficacy in explaining women’s personal finance behaviour. Journal of Economic Psychology. 54, 85–99. https://doi.org/10.1016/j.joep.2015.07.001
Garg, S. (2020). A study of factors influencing investor behaviour towards gold as an investment avenue with factor analysis. Materials Today: Proceedings, 37, 2587–2590. https://doi.org/10.1016/j.matpr.2020.08.503
Hidayat, M. (2022, March 4). Tokopedia: Minat masyarakat investasi emas meningkat selama 3 tahun terakhir. Liputan6. Retrieved June 25, 2023 from https://www.liputan6.com/amp/4901005/tokopedia-minat-masyarakat-investasi-emas-meningkat-selama-3-tahun-terakhir
Jusuf, D. I. (2018). Perilaku konsumen di masa bisnis online. Andi Offset.
Lestari, D. A., Sokarina, A., & Suryantara, A. B. (2022). Determinan minat investasi di pasar modal. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(1), 70–84.
Lown, J. M. (2011). Development and validation of a financial self-efficacy scale. Journal of Financial Counseling and Planning, 22(2), 54–63.
Montford, W., & Goldsmith, R. E. (2016). How gender and financial self‐efficacy influence investment risk taking. International Journal of Consumer Studies, 40(1), 101–106. https://doi.org/10.1111/ijcs.12219
Pasiusiene, I., Podviezko, A., Malakaite, D., Zarskiene, L., Liucvaitiene, A., & Martisiene, R. (2024). Exploring Generation Z’s investment patterns and attitudes towards greenness. Sustainability, 16(1), 352. https://doi.org/10.3390/su16010352
Poeteri, N. A., Simanjuntak, M., & Hasanah, N. (2021). The investment intention among Indonesian millennials via peer-to-peer lending applications. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 25(4), 787–803. https://doi.org/10.26905/jkdp.v25i4.6352
Populix (2022). Insights and future trends of investment in Indonesia. Populix. https://info.populix.co/reports
Purwanto, A., & Taftazani, B. M. (2018). Pengaruh jumlah tanggungan terhadap tingkat kesejahteraan ekonomi keluarga pekerja K3L Universitas Padjadjaran. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2), 33–43. https://doi.org/10.24198/focus.v1i2.18255
Robiyanto, R., Nugroho, B. A., Huruta, A. D., Frensidy, B., & Suyanto, S. (2021). Identifying the role of gold on sustainable investment in Indonesia: The dcc-garch approach. Economies, 9(3), 119. https://doi.org/10.3390/economies9030119
Saivasan, R., & Lokhande, M. (2022). Influence of risk propensity, behavioural biases and demographic factors on equity investors' risk perception, Asian Journal of Economics and Banking, 6(3), 373–403. https://doi.org/10.1108/AJEB-06-2021-0074
Santoso, D., Najib, M., & Munandar, J. M. (2017). Pengaruh persepsi risiko, price consciousness, familiarity, persepsi kualitas, dan citra toko pada minat beli konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 9(3), 218–230. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.3.218
Sari, N. R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh literasi keuangan, pendidikan keuangan di keluarga, uang saku terhadap perilaku pengelolaan keuangan dengan financial self-efficacy sebagai variabel intervening. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 58–70. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p58-70
Sholeh, M. (2014). Emas sebagai instrumen investasi yang aman pada saat instrumen investasi keuangan lain mengalami peningkatan resiko. Jurnal Akuntansi Unesa, 2(2), 1–20.
Sondari, M. C., & Sudarsono, R. (2015). Using theory of planned behavior in predicting intention to invest: Case of Indonesia. International Academic Research Journal of Business and Technology, 1(2), 137–141.
SubaidaI, S., & Hakiki F. N. (2021). Pengaruh pengetahuan keuangan dan pengalaman keuangan terhadap perilaku perencanaan investasi dengan kontrol diri sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 14(2), 152–163. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.2.152
Sumarwan, U. (2015). Perilaku konsumen teori penerapannya dalam pemasaran (2nd ed.). Ghalia Indonesia.
Tsalitsa, A., & Rachmansyah, Y. (2016). Analisis pengaruh literasi keuangan dan faktor demografi terhadap pengambilan kredit pada PT. Columbia cabang Kudus. Media Ekonomi dan Manajemen, 31(1),1–13. https://doi.org/10.24856/mem.v31i1.280
Ubaidillah, H. L., & Asandimitra, N. (2019). Pengaruh demografi, dan literasi keuangan terhadap perilaku menabung masyarakat di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 242–249.
Ulumudiniati, M., & Asandimitra, N. (2022). Pengaruh financial literacy, financial self-efficacy, locus of control, parental income, love of money terhadap financial management behavior: Lifestyle sebagai mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 51–67. https://doi.org/10.26740/jim.v10n1.p51-67
Washington, M., Shirley, E., Lisset, G., & Regina, R. (2015). Students' perceived risk and investment intention: the effect of brand equity. Management & Marketing, 10(3), 208–225. https://doi.org/10.1515/mmcks-2015-0015
Zigi.id & Katadata Insight Center. (2021). Perilaku keuangan Generasi Z & Y. Katadata Insight Center. https://kic.katadata.co.id/insights/33/survei- perilaku-keuangan-generasi-z
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors submitting manuscripts should understand and agree that copyright of manuscripts published are held Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. The statement to release the copyright to Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen is stated in Copyright Release Form. Copyright encompass exclusive rights to reproduce, to distribute, and to sell any part of the journal articles in all form and media. The reproduction of any part of this journal is allowed with a written permission from Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen.