PENGARUH DEMOGRAFI KELUARGA DALAM PENGASUHAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN JIWA ANAK USIA DINI
Abstract
Keluarga merupakan sekolah utama bagi anak untuk tumbuh berdasarkan fitrah masing-masing sehingga apa pun yang terjadi di keluarga tentunya memberikan pengaruh terhadap perkembangan anak usia dini. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan melihat perbedaan dari status ekonomi, tempat tinggal, dan keterlibatan orang tua di program Bina Keluarga Balita (BKB) terhadap pengasuhan, pertumbuhan, dan perkembangan jiwa anak usia dini. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan sumber data sekunder. Sebanyak 3.894 orang Ibu menjadi responden pada Survei Kinerja dan Akuntabilitas Program (SKAP) 2019 Provinsi Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status ekonomi dan keterlibatan orang tua dalam program BKB berpengaruh signifikan terhadap pengasuhan, pertumbuhan, dan perkembangan jiwa anak usia dini. Selain itu, ada perbedaan signifikan antara status ekonomi orang tua yang tinggi, sedang, dan rendah. Hasil lainnya juga menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara mereka yang mengikuti program BKB dan tidak. Hasil penelitian secara umum memperkuat bahwa diperlukan fondasi yang kuat pada keluarga baik dari sisi ekonomi maupun dari segi partisipasi orang tua dalam kegiatan pembinaan dan kemasyarakatan.
References
Alfwaress, F., & Alomari, M. (2020). Social and religious attitudes of Jordanian parents toward children born with orofacial clefts. International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 137(October), 110222. doi:10.1016/j.ijporl.2020.110222
Aslan, M., & Kosir, S. (2021). Survey data showing the influence of school attachment among secondary school students in Albania. Data in Brief, 35(April). doi:10.1016/j.dib.2021.106949
Atari, M., Graham, J., & Dehghani, M. (2020). Foundations of morality in Iran. Evolution and Human Behavior, 41(5), 367-384. doi:10.1016/j.evolhumbehav.2020.07.014
Aziz, S. (2017). Pendidikan spiritual berbasis sufistik bagi anak usia dini dalam keluarga. Dialogia: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 15(1), 131-149. doi:10.21154/dialogia.v15i1.1188
Azwar, S. (2016). Konstruksi tes kemampuan kognitif. Yogyakarta, ID: Pustaka Belajar.
Bekui, B. A., Aziato, L., Ohene, L. A., & Richter, M. S. (2020). Psychological and spiritual wellbeing of family caregivers of children with cancer at a teaching hospital in Ghana. International Journal of Africa Nursing Sciences, 13. doi:10.1016/j.ijans.2020.100231
Berge, J. M., Law, D. D., Johnson, J., & Wells, M. G. (2010). Effectiveness of a psychoeducational parenting group on child, parent, and family behavior: A pilot study in a family practice clinic with an underserved population. Families, Systems & Health: The Journal of Collaborative Family Healthcare, 28(3), 224–235. doi:10.1037/a0020907
Burchinal, M., Vernon-Feagans, L., Cox, M., & Key. (2008). Cumulative social risk, parenting, and infant development in rural low-income communities. Parenting, Science and Practice, 8(1), 41–69. doi:10.1080/15295190701830672
[BKKBN] Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2018). Peraturan kepala badan kependudukan dan keluarga berencana nasional tentang pengelolaan bina keluarga balita Holistik Integratif (HI). Jakarta, ID: BKKBN
[BKKBN] Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2020). Survei kinerja dan akuntabilitas program KKBPK 2019. Jakarta, ID: BKKBN
[BPS] Biro Pusat Statistik. (2012). Survei kesehatan dan demografi Indonesia. Retrieved from https://sirusa.bps.go.id/sirusa/index.php/kuesioner/39
Chairini, R., Hamid, A. Y., Sahar, J., Nurachmah, E., & Budhi, T. B. (2019). Strengthening resilience in families of street adolescents with embedding spiritual values. Enfermeria Clinica, 29(2), 600-605. doi:10.1016/j.enfcli.2019.06.009
Christensen, L. A. (2011). Effects of group psychoeducation for parents of at-risk adolescents undergraduate. (Tesis, University of North Florida).
https://digitalcommons.unf.edu/etd/144.
Crosnoe, R., Mistry, R. S., & Elder, G. H. (2002). Economic disadvantage, family dynamics, and adolescent enrollment in higher education. Journal of Marriage and Family, 64(3), 690–702. doi:10.1111/j.1741-3737.2002.00690.x
Davis, D., Miller, D., Mrema, D., Matsoai, M., Mapetia, N., Raikes, A., & Burton, A. (2021). Understanding perceptions of quality among early childhood education stakeholders in Tanzania and Lesotho: A multiple qualitative case study. Social Sciences and Humanities Open, 4, 100153. doi:10.1016/j.ssaho.2021.100153
Dogra, S. A., Rai, K., Barber, S., McEachan, R. R. C., Adab, P., & Sheard, L. (2021). Delivering a childhood obesity prevention intervention using Islamic religious settings in the UK: What is most important to the stake holders?. Preventive Medicine Reports, 22(June). doi:10.1016/j.pmedr.2021.101387
Fatmasari, Y. (2017). Efektifitas penyuluhan bina keluarga balita dalam upaya meningkatkan keterampilan pola asuh orang tua di bkb al-muntaha kelurahan sako baru kota Palembang (Skripsi, UIN Raden Fatah Palembang). http://repository.radenfatah.ac.id/4977/
Gralewski, J., & Jankowska, D. M. (2020). Do parenting styles matter? Perceived dimensions of parenting styles, creative abilities and creative self-beliefs in adolescents. Thinking Skills and Creativity, 38. doi:10.1016/j.tsc.2020.100709
Handayani, R. (2019). Pengaruh lingkungan tempat tinggal dan pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 15-26.
Handayani, N., & Nasirin, C. (2019). Pengaruh sosial demografi terhadap jumlah anak yang diinginkan di NTB. Jurnal Midwifery Update (MU), 1(2), 70-78.
Harris, P. L., & Corriveau, K. H. (2021). Beliefs of children and adults in religious and scientific phenomena. Current Opinion in Psychology, 40(August), 20-23. doi:10.1016/j.copsyc.2020.08.003
Hashim, R., Yussof, H., & Bahrin, N. L. Z. (2017). Religious perceptions on use of humanoid for spiritual augmentation of children with autism. Procedia Computer Science, 105, 353-358. doi:10.1016/j.procs.2017.01.233
Havighurst, S. S., Kehoe, C., Harley, A. E., Radovini, A., & Thomas, R. (2022). A randomizes controlled trial of an emotion socialization parenting program and its impact on parenting, children’s behavior and parent and child stress cortisol: Tuning in to toddlers. Behavior Research and Therapy, 149, 104016. doi:10.1016/j.brat.2021.104016
Hayati, M., & Mamat, N. (2014). Pengasuhan dan peran orang tua serta pengaruhnya terhadap perkembangan sosial emosional anak di paud banda aceh, Indonesia. Buah Hati, 1(2), 16-30. doi:10.46244/buahhati.v1i2.523
Hollander, Dd., Albertyn, R., & Ambler, J. (2020). Palliation, end-of-life care and burns, practical issues, spiritual care and care of the family (A narrative review II). African Journal of Emergency medicine, 10, 256-260. doi:10.1016/j.afjem.2020.07.011
Jubaedah, E. (2019). Analisis kependudukan Provinsi Jawa Barat. Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, 8(1).
Liu, Q., Zhou, N., Cao, H., & Hong, X. (2020). Family socioeconomic status and Chinese young children’s social competence: Parenting processes as mediators and contextualizing factors as moderators. Children and Youth Services Review, 118, 105356. doi:10.1016/j.childyouth.2020.105356
Machu, E., & Morysova, D. (2016). Analysis of the emotion of fear in gifted children and its use in teaching practice. Procedia Social and behavioral Sciences, 217, 222-228. doi:10.1016/j.sbspro.2016.02.071
Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Jakarta, ID: Prenadamedia Group.
Marliani, R., Nasrudin, E., Rahmawati, R., & Ramdani, Z. (2020). Regulasi emosi, stres, dan kesejahteraan psikologis: Studi pada ibu work from home dalam menghadapi pandemi COVID-19. In Karya Tulis Ilmiah LP2M UIN SGD Bandung.
McLeigh, J. D., & Taylor, D. (2020). The role of religious institutions in preventing, eradicating, and mitigating violence against children. Child Abuse & Neglect, 110(1), 104313. doi:10.1016/j.chiabu.2019.104313
Metz, K. E. (1995). Reassessment of developmental constraints on children’s science instruction. Review of Educational Research, 65, 93-127. doi:10.3102/00346543065002093
Mohammadyari, G. (2012). Relationship between parent’s spiritual intelligence, level of education and children’s mental health. Procedia-Social and Behavioural Sciences, 69 (December), 2114-2118. doi:10.1016/j.sbspro.2012.12.174
Nurwati, N. (2008). Pengaruh kondisi sosial dan ekonomi keluarga terhadap motivasi pekerja anak dalam membantu keluarga di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Jurnal Kependudukan Padjajaran, 10(2), 112-121.
Oktriyanto. (2016). Partisipasi keluarga anggota bina keluarga balita (BKB) dalam pengasuhan dan tumbuh kembang anak usia 0-6 tahun. Jurnal Kependudukan Indonesia, 1(2), 133–142. doi:10.14203/jki.v11i2.192
Permatasari, C. L., & Hastuti, D. (2013). Nilai budaya, pengasuhan penerimaan-penolakan, dan perkembangan sosial anak usia 3-5 tahun pada keluarga Kampung Adat Urug, Bogor. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 6(2), 91-99. doi:10.24156/jikk.2013.6.2.91
Pratiwi, I., Hastuti, D., & Muflikhati, I. (2018). Penyesuaian keluarga, pengasuhan, kekerasan dalam pengasuhan, dan agresivitas pada anak usia sekolah. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 11(3), 181-193. doi:10.24156/jikk.2018.11.3.181
Qi, D., & Wu, Y. (2020). Family’s social economic status and child educational outcomes in China: The mediating effects of parenting practices and children’s learning attitudes. Children and Youth Services Review, 118, 105387. doi:10.1016/j.childyouth.2020.105387
Rahmat, S. T. (2019). Peran keluarga sebagai basis pembentukan karakter anak dalam menyongsong era bonus demografi. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-20.
Ramdani, Z., Supriyatin, T., & Susanti, S. (2018). Perumusan dan pengujian instrumen alat ukur kesabaran sebagai bentuk coping strategy. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 1(2), 97–106. doi:10.15575/jpib.v1i2.2955
Rowe, M. L. (2008). Child-directed speech: Relation to socioeconomic status, knowledge of child development and child vocabulary skill. Cambrige University Press, 35(2008), 185-205. doi:10.1017/S0305000907008343
Rukmana, U. K., & Indawati, R. (2014). Kondisi sosioekonomi dan demografi keluarga pra sejahtera dan sejahtera 1. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, 3(1), 88-95.
Santrock, J. W. (2011). Life-span development (15th ed.). New York: McGraw-Hill.
Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan psikososial pada anak prasekolah. Journal of Nursing Practice, 1(1), 1-8.
Satrianingrum, A. P., & Andriyanti, E. (2020). Resiko pengasuhan permisif orang tua dan nenek pada pencapaian bahasa anak. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 13(3), 239-249. doi:10.24156/jikk.2020.13.3.239
Sifers, S. K. (2012). Measuring spirituality in children. Journal of Psychology and Christianity, 31(3), 209-218.
Solihin, R. D. M., Anwar, F., & Sukandar, D. (2013). Kaitan antara status gizi, perkembangan kognitif, dan perkembangan motoric pada anak usia prasekolah. Nutrition and Food Research, 36(1), 62-72.
Tsania, N., Sunarti, E., & Krisnatuti, D. (2015). Karakteristik keluarga, kesiapan menikah istri, dan perkembangan anak usia 3-5 tahun. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 8(1), 28-37. doi:10.24156/jikk.2015.8.1.28
Wahhab. (2020). Apa itu bina keluarga balita atau BKB?. Dinas Pengendalian Penduduk KB Pemberdayaan Masyarakat & Desa Kab. Bantul. Retrieved from https://dppkbpmd.bantulkab.go.id/apa-itu-bina-keluarga-baliata-atau-bkb/ (Diakses tanggal 21 Juli 2021)
Wahyuningsih, F., Wahyuni, S., Widianto, E. (2020). Implementation of bina keluarga balita development program: Efforts to strengthen parents’ ability in caring for children. Journal of Nonformal Education, 6(2), 176-184. doi:10.15294/jne.v6i2.25185
Xia, X. (2020). Parenting style and Chinese children’s school readiness outcomes: The moderating role of socioeconomic status. Children and Youth Services Review, 105381. doi:10.1016/j.childyouth.2020.105381
Yachina, N. (2015). The problem of spiritual and moral formation of personality. Procedia Social and Behavioural Sciences, 197, 1575-1579.
Ye, M., Hu, Y., Xue, Q., Liang, A, & Lu, Z. (2021). Understanding and change – Parents’ perspectives of their self-poisoning children: A phenomenological study. International Emergency Nursing, 59(November), 101074. doi:10.1016/j.ienj.2021.101074
Zhao, X., & Yang, J. (2021). Fostering creativity thinking in the family: The importance of parenting styles. Thinking Skills and Creativity, 41, 100920. doi:10.1016/j.tsc.2021.100920
Zhuravlyova, I., & Zhuravlyov, S. (2015). Humanistic sense of creativity in professional university education: The role of creativity in forming innovation model and modernization of university training. Procedia Social and Behavioural Sciences, 206, 445-454. doi:10.1016/j.sbspro.2015.10.081
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors submitting manuscripts should understand and agree that copyright of manuscripts published are held Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. The statement to release the copyright to Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen is stated in Copyright Release Form. Copyright encompass exclusive rights to reproduce, to distribute, and to sell any part of the journal articles in all form and media. The reproduction of any part of this journal is allowed with a written permission from Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen.