FAKTOR-FAKTOR OBJEKTIF DAN SUBJEKTIF YANG MEMPREDIKSI MINDFUL PARENTING PADA IBU DI INDONESIA

  • Dewi Kumalasari Universitas YARSI
  • Endang Fourianalistyawati University of Wisconsin
Keywords: kognisi pengasuhan, mindful parenting, pengetahuan pengasuhan efektif, tingkat pendidikan, usia ibu

Abstract

Studi terdahulu menemukan sejumlah faktor yang memengaruhi mindful parenting secara terpisah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor objektif dan subjektif terhadap mindful parenting pada ibu di Indonesia. Kognisi pengasuhan dalam penelitian ini terdiri atas kognisi pengasuhan positif yang diwakili oleh rasa kompeten pengasuhan dan kognisi pengasuhan negatif yang diwakili oleh atribusi berpusat pada orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Penelitian ini melibatkan 171 ibu yang memiliki anak usia 3-12 tahun dan dipilih melalui teknik insidental sampling. Berdasarkan analisis regresi berganda, didapatkan hasil bahwa kognisi pengasuhan yang positif dalam bentuk rasa kompeten pengasuhan dan kognisi pengasuhan negatif dalam bentuk atribusi berpusat pada orang tua dapat memprediksi mindful parenting pada ibu di Indonesia. Sementara itu, faktor-faktor objektif yang meliputi usia ibu, tingkat pendidikan, dan pengetahuan tentang pengasuhan efektif ditemukan tidak berpengaruh signifikan terhadap mindful parenting. Hal ini mengindikasikan bahwa pembentukan kognisi pengasuhan yang positif dan menghindari kognisi pengasuhan yang negatif dapat meningkatkan keterampilan mindful parenting. Untuk itu, orang-orang di sekeliling ibu juga diharapkan dapat memberikan dukungan bagi para ibu agar merasa kompeten di dalam mengasuh anak.

Author Biographies

Dewi Kumalasari, Universitas YARSI

Fakultas Psikologi, Universitas YARSI, Terakreditasi B

Endang Fourianalistyawati, University of Wisconsin

School of Human Ecology, University of Wisconsin, Amerika Serikat

References

Aritonang, S. D., Hastuti, D., & Puspitawati, H. (2020). Pengasuhan ibu, keterlibatan ayah dalam pengasuhan, dan perkembangan kognitif anak usia 2-3 tahun di wilayah prevalensi stunting. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 13(1), 38–48. doi:10.24156/jikk.2020.13.1.38.

Bandura, A. (2012). On the functional properties of perceived self-efficacy revisited. Journal of Management, 38(1), 9–44. doi:10.1177/014920 6311410606.

Benedetto, L., & Ingrassia, M. (2018). Parental self-efficacy in promoting children care and parenting quality. Parenting - Empirical Advances and Intervention Resources. doi:10.5772/intechopen.68933.

Berry, J. O., & Jones, W. H. (1995). The parental stress scale: Initial psychometric evidence. Journal of Social and Personal Relationships, 12(3), 463–472. doi: 10.1177/0265407595123009.

Bluth, K., & Wahler, R. G. (2011). Does effort matter in mindful parenting?. Mindfulness, 2(3), 175–178. doi:10.1007/ s12671-011-0056-3.

Bögels, S. M., Hellemans, J., Deursen, S. V, Römer, M., & Meulen, R. V. D (2014). Mindful parenting in mental health care: Effects on parental and child psychopathology, parental stress, parenting, coparenting, and marital functioning. Mindfulness, 5(5), 536–551. doi:10.1007/s12671-013-0209-7.

Bornstein, M. H., Putnick, D. L., & Lansford, J. E. (2011). Parenting attributions and attitudes in cross-cultural perspective. Parenting, 11(2–3), 214–237. doi: 10.1080/15295192.2011.585568.

Bornstein, M. H., Putnick, D. L., & Suwalsky, J. T. D. (2018). Parenting cognitions, parenting practices, child adjustment? The standard model. Development and Psychopathology, 30(2), 399–416. doi: 10.1017/S0954579417000931.

Bugental, D. B., New, M., Johnston, C., & Silvester, J. (1998). Measuring parental attributions: Conceptual and methodological issues. Journal of Family Psychology, 12(4), 459–480. doi: 10.1037/0893-3200.12.4.459.

Chung, G., Lanier, P., & Wong, P. Y. J. (2020). Mediating effects of parental stress on harsh parenting and parent-child relationship during coronavirus (COVID-19) pandemic in Singapore. Journal of Family Violence. doi:10.1007/s10896-020-00200-1.

Cluver, L., Meinck, F., Yakubovich, A., Doubt, J., Redfern, A., Ward, C., Salah, N., De Stone, S., Petersen, T., Mpimpilashe, P., Romero, R. H., Ncobo, L., Lachman, J., Tsoanyane, S., Shenderovich, Y., Loening, H., Byrne, J., Sherr, L., Kaplan, L., & Gardner, F. (2016). Reducing child abuse amongst adolescents in low- and middle-income countries: A pre-post trial in South Africa. BMC Public Health, 16(1), 1–11. doi:10.1186/s12889-016-3262-z.

Dumka, L. E., Gonzales, N. A., Wheeler, L. A., & Millsap, R. E. (2010). Parenting self-efficacy and parenting practices over time in Mexican American families. Journal of Family Psychology, 24(5), 522–531. doi:10.1037/a0020833.

Duncan, L. G., Coatsworth, J. D., & Greenberg, M. T. (2009). A model of mindful parenting: Implications for parent-child relationships and prevention research. Clinical Child and Family Psychology Review, 12(3), 255–270. doi:10.1007/s10567-009-0046-3.

Farb, N. A. S., Anderson, A. K., & Segal, Z. V. (2012). The mindful brain and emotion regulation in mood disorders. Canadian Journal of Psychiatry, 57(2), 70–77. doi: 10.1177/070674371205700203.

Gani, I. A. A., & Kumalasari, D. (2019). Be mindful, less stress: Studi tentang mindful parenting dan stres pengasuhan pada Ibu dari anak usia middle childhood di Jakarta. Jurnal Psikologi, 15(2), 98–107. doi:10.24014/ jp.v14i2.7744.

Gibaud-Wallston, J., & Wandersman, L. P. (1978). Parenting sense of competence scale (PSOC). 5–6. Retrieved from http://psych.ubc.ca/persons/charlotte-johnston/%0Ahttps://psychology.ucalgary.ca/profiles/eric-mash.

Gouveia, M. J., Carona, C., Canavarro, M. C., & Moreira, H. (2016). Self-compassion and dispositional mindfulness are associated with parenting styles and parenting stress: The mediating role of mindful parenting. Mindfulness, 7(3), 700–712. doi: 10.1007/s12671-016-0507-y.

Irzalinda, V., Puspitawati H., & Muflikhati, I. (2014). Aktivitas bersama orang tua-anak dan perlindungan anak meningkatkan kesejahteraan subjektif anak. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 7(1), 40-47. doi:10.24156/jikk.2014.7.1.40.

Johnston, K. A., & Taylor, M. (2018). The handbook of communication engagement (Eds.). New Jersey, NJ: John Wiley & Sons.

[Kemen PPPA] Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2020). Angka Kekerasan terhadap Anak Tinggi di Masa Pandemi, Kemen PPPA Sosialisasikan Protokol Perlindungan Anak. Jakarta, ID: Kemen PPPA.

[Kemen PPPA] Kemenetrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2020). Pengasuhan yang Baik, Tekan Potensi Kekerasan pada Anak. Jakarta, ID: Kemen PPPA.

Knerr, W., Gardner, F., & Cluver, L. (2013). Improving positive parenting skills and reducing harsh and abusive parenting in low- and middle-income countries: A systematic review. Prevention Science, 14(4), 352–363. doi:10.1007/s11121-012-0314-1/.

Kumalasari, D., & Fourianalistyawati, E. (2020). The role of mindful parenting to the parenting stress in mother with children at early age. Jurnal Psikologi, 19(2), 135–142. doi:10.14710/jp.19.2.135-142.

Lestari, S. (2012). Psikologi keluarga: Penanaman nilai & penanganan konflik dalam keluarga. Jakarta, ID: Kencana Prenamedia Group.

Lippold, M. A., Jensen, T. M., Duncan, L. G., Nix, R. L., Coatsworth, J. D., & Greenberg, M. T. (2019). Mindful parenting, parenting cognitions, and parent-youth communication: Bidirectional linkages and mediational processes. Mindfulness. doi:10.1007/s12671-019-01119-5.

Lo, H. H. M., Yeung, J. W. K., Duncan, L. G., Ma, Y., Siu, A. F. Y., Chan, S. K. C., Choi, C. W., Szeto, M. P., Chow, K. K. W., & Ng, S. M. (2018). Validating of the interpersonal mindfulness in parenting scale in Hong Kong-Chinese. Mindfulness, 9(5), 1390–1401. doi:10.1007/s12671-017-0879-7.

Meunier, J. C., Roskam, I., & Browne, D. T. (2011). Relations between parenting and child behavior: Exploring the child’s personality and parental self-efficacy as third variables. International Journal of Behavioral Development, 35(3), 246–259. doi:10.1177/0165025410382950.

Neece, C. L. (2014). Mindfulness-based stress reduction for parents of young children with developmental delays: Implications for parental mental health and child behavior problems. Journal of Applied Research in Intellectual Disabilities, 27(2), 174–186. doi:10.1111/jar.12064.

Oates, J. (2010). Supporting parenting (Vol. 5). Milton Keynes, UK: The Open University.

Park, J. L., Johnston, C., Colalillo, S., & Williamson, D. (2016). parents' attributions for negative and positive child behavior in relation to parenting and child problems. Journal of Clinical Child & Adolescent Psychology, 47(Sup1), 1-13. doi:10.1080/15374416.2016.1144191.

Pranawati, R., Naswardi, & Zulkarnaen, S. D. (2015). Kualitas pengasuhan anak Indonesia: Survei nasional dan telaah kebijakan pemenuhan hak pengasuhan anak di Indonesia. Jakarta, ID: Komisi Perlindungan Anak Indonesia.

Rachmawati, A. N., & Hastuti, D. (2017). Parental self-efficacy dan praktik pengasuhan menentukan perilaku agresif anak usia pra sekolah. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 10(3), 227–237. doi:10.24156/jikk.2017.10.3.227.

Sanders, M. R., & Morawska, A. (2018). Handbook of parenting and child development across the lifespan. Handbook of Parenting and Child Development Across the Lifespan, 1–853. doi:10.1007/978-3-319-94598-9.

Shumow, L., & Lomax, R. (2002). Parental efficacy: Predictor of parenting behavior and adolescent outcomes. Parenting, Science and Practice, 2(2), 127-150. doi: 10.1207/S15327922PAR0202_03.

Slagt, M., Deković, M., de Haan, A. D., van den Akker, A. L., & Prinzie, P. (2012). Longitudinal associations between mothers’ and fathers’ sense of competence and children’s externalizing problems: The mediating role of parenting. Developmental Psychology, 48(6), 1554–1561. doi:10.1037/ a0027719.

Steinberg, L. (2004). The 10 basic principles of good parenting. New York, US: Simon & Schuster.

Oord, S. V. D, Bögels, S. M., & Peijnenburg, D. (2012). The Effectiveness of mindfulness training for children with ADHD and mindful parenting for their parents. Journal of Child and Family Studies, 21(1), 139–147. doi:10.1007/s10826-011-9457-0.

Wang, M., & Wang, J. (2018). Negative parental attribution and emotional dysregulation in Chinese early adolescents: Harsh fathering and harsh mothering as potential mediators. Child Abuse and Neglect, 81(October 2017), 12–20. doi:10.1016/ j.chiabu.2018.04.008.

Widarsson, M., Engström, G., Rosenblad, A., Kerstis, B., Edlund, B., & Lundberg, P. (2013). Parental stress in early parenthood among mothers and fathers in Sweden. Scandinavian Journal of Caring Sciences, 27(4), 839–847. doi:10.1111/j.1471-6712.2012.01088.x.

Winter, L., Morawska, A., & Sanders, M. (2012). The knowledge of effective parenting scale (KEPS): A tool for public health approaches to universal parenting programs. Journal of Primary Prevention, 33(2–3), 85–97. doi:10.1007/s10935-012-0268-x

Published
2021-01-31
How to Cite
KumalasariD., & FourianalistyawatiE. (2021). FAKTOR-FAKTOR OBJEKTIF DAN SUBJEKTIF YANG MEMPREDIKSI MINDFUL PARENTING PADA IBU DI INDONESIA . Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 14(1), 52-62. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.1.52