GREEN CONSUMER BEHAVIORISM OF BOGOR CITIZEN IN PLASTIC WASTE MANAGEMENT

  • Rachman Hendarsyah School of Business, IPB University
  • Ujang Sumarwan IPB University
  • Lilik Noor Yuliati IPB University
Keywords: kesadaran, konsumen hijau, SEM, sikap, sosialisasi

Abstract

Tata laksana sampah plastik menjadi penting dilakukan khususnya untuk mengembangkan perilaku masyarakat yang peduli lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku peduli lingkungan (sosialisasi, awareness, dan attitude). Metode analisis data menggunakan structural equation model (SEM). Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 223 orang dari empat wilayah kecamatan kota Bogor (kecamatan Bogor Utara, kecamatan Bogor Tengah, kecamatan Bogor Selatan dan kecamatan Bogor Timur) yang ditetapkan secara non-purposive. Variabel sosialisasi, awareness dan attitude diukur menggunakan skala Likert 1 sampai 5, dimana 1 menunjukkan tingkat sangat tidak setuju dan 5 tingkat sangat setuju. Variabel behavior diukur menggunakan skala Likert 1 sampai 5, dimana 1 menunjukkan tingkat tidak pernah dan 5 tingkat selalu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel penelitian memberikan pengaruh terhadap pembentukan perilaku peduli lingkungan, dan variabel sosialisasi memberikan pengaruh paling besar dibandingkan variabel lainnya.

Author Biographies

Rachman Hendarsyah, School of Business, IPB University

School of Business, IPB University, Terakreditasi A

Ujang Sumarwan, IPB University

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Terakreditasi A

Lilik Noor Yuliati, IPB University

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Terakreditasi A

References

[Perpres RI] Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Diambil dari https://peraturan.bpk.go.id/ Home/Details/73225/perpres-no-97-tahun-2017.

[Perpres RI] Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2018). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut. Diambil dari https://peraturan.bpk.go.id/ Home/Details/94716/perpres-no-83-tahun-2018.

Ajzen, I. (2002). Perceived behavioral control, self‐efficacy, locus of control, and the theory of planned behavior. Journal of applied social psychology, 32(4), 665-683. doi:10.1111/j.1559-1816.2002.tb00236.x.

Ari, E., & Yilmaz, V. (2017). Consumer attitudes on the use of plastic and cloth bags. Environmental Development Sustain, 19(7), 1219–1234. doi:10.1007/s10668-016-9791-x.

Aydin, H. (2016). Some determinants of green consumption behavior: A study on green consumers. Journal of Environmental Management and Tourism, 7(4), 609-618. doi:10.14505/jemt.v7.4(16).07.

Boediono, G. T., Sitawati, R., & Harjanto, S. (2018). Analisis pengaruh sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan kesadaran sebagai variabel mediasi. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 22-38. doi:10.33633/jpeb.v3i1.2286.

Chan, R. Y. K., Wong, Y. H., & Leung, T. K. P. (2008). Applying ethical concepts to the study of green consumer behavior. Journal of Business Ethics, 79(2), 469-481. doi:10.1007/s10551-007-9410-8.

Fraj, E., & Martinez, E. (2006). Environmental values and lifestyles as determining factors of ecological consumer Behavior: an empirical analysis. Journal of Consumer Marketing, 23(3), 133-144. doi:10.1108/07363760610663295.

Geyer, R., Jambeck, J. R., & Law, K. L. (2017). Production, use and fate of all plastics ever made. Science advance, 3(7), 1-5. doi:10.1126/sciadv.1700782.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate data analysis. New Jersey, US: Pearson Prentice Hall.

Ismail, O. A. (2017). Promosi kampanye diet kantong plastik oleh greeneration Indonesia. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 7(1), 93-102. doi:10.34010/JIPSI.V7I1.335.

Jambeck, J. R., Geyer, R., Wilcox, C., Siegler, T. R., Perryman, M., Andrady, A., Narayan, R., & Law, K. L. (2015). Plastic waste inputs from land into the ocean. Science, 347(6223), 768-770. doi:10.1126/science .1260352.

Kaiser, F., Ranney, M., Hartig, T., & Bowler, P. (1999). Ecological behavior, environmental attitude, and feelings of responsibility for the environment. European Psychologist, 4(2), 59-74. doi:10.1027//1016-9040.4.2.59.

Luthfiana, I., & Kania, D. (2014). Pengaruh komunikasi pemasaran sosial terhadap brand awareness ombudsman Republik Indonesia. Journal Communication Spectrum, 4(1), 24-42. doi:10.36782/jcs.v4i1.1769.

Novianti, A. I., & Kartika, L. (2017). Pengaruh green marketing kebijakan kantong plastik berbayar terhadap green behavior masyarakat Kota Bogor. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2(1), 81-94. doi:10.36226/jrmb.v2i1.32.

Ramsey, C. E., & Rickson, R. E. (1976). Environmental knowledge and attitudes. The Journal of Environmental Education, 8(1), 10-18. doi:10.1080/00958964.1976.9941552.

Schwarz, A. E., Ligthart, T. N., Boukris, E., & Harmelen, T. (2019). Sources, transport, and accumulation of different types of plastic litter in aquatic environments: a review study. Marine Pollution Bulletin, 143, 92-100. doi:10.1016/j.marpolbul.2019.04.029.

Setiawan, B., & Fithrah, D. (2015). Kampanye gerakan Indonesia diet kantong plastik dalam membentuk persepsi masyarakat Bandung. Jurnal Manajemen Komunikasi, 2(2), 102-117. doi:10.24198/jmk.v2i2.12909.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor, ID: Ghalia Indonesia.

Sumarwan, U., Simanjuntak, M., & Yurita. (2012). Persepsi dan preferensi iklan memengaruhi niat beli anak pada produk makanan ringan. Jurnal ilmu Keluarga & Konsumen, 5(2), 185-192. doi:10.24156/jikk.2012.5.2.186.

Waskito, J., & Harsono, M. (2012). Gren consumer: deskripsi tingkat kesadaran dan kepedulian masyarakat joglosemar terhadap kelestarian lingkungan hidup. Jurnal Dinamika Manajemen, 3(1), 29-39. doi:10.15294/jdm.v3i1.2457.

Widyastuti, S., Said, M., Siswono, S., & Firmansyah, D. A. (2019). Customer trust through green corporate image, green marketing strategy, and social responsibility: A case study. European Research Studies, 22(2), 83-99. doi:10.35808/ersj/1427.

Wilopo, S. A. (1995). Transisi demografi dan pembangunan berkelanjutan. Jurnal Populasi, 6(1), 19-37. doi:10.22146/jp.11443.

Published
2020-05-01
How to Cite
HendarsyahR., SumarwanU., & YuliatiL. N. (2020). GREEN CONSUMER BEHAVIORISM OF BOGOR CITIZEN IN PLASTIC WASTE MANAGEMENT. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(2), 187-198. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.2.187