GREEN CONSUMER BEHAVIORISM OF BOGOR CITIZEN IN PLASTIC WASTE MANAGEMENT
Abstract
Tata laksana sampah plastik menjadi penting dilakukan khususnya untuk mengembangkan perilaku masyarakat yang peduli lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku peduli lingkungan (sosialisasi, awareness, dan attitude). Metode analisis data menggunakan structural equation model (SEM). Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 223 orang dari empat wilayah kecamatan kota Bogor (kecamatan Bogor Utara, kecamatan Bogor Tengah, kecamatan Bogor Selatan dan kecamatan Bogor Timur) yang ditetapkan secara non-purposive. Variabel sosialisasi, awareness dan attitude diukur menggunakan skala Likert 1 sampai 5, dimana 1 menunjukkan tingkat sangat tidak setuju dan 5 tingkat sangat setuju. Variabel behavior diukur menggunakan skala Likert 1 sampai 5, dimana 1 menunjukkan tingkat tidak pernah dan 5 tingkat selalu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel penelitian memberikan pengaruh terhadap pembentukan perilaku peduli lingkungan, dan variabel sosialisasi memberikan pengaruh paling besar dibandingkan variabel lainnya.
References
[Perpres RI] Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Diambil dari https://peraturan.bpk.go.id/ Home/Details/73225/perpres-no-97-tahun-2017.
[Perpres RI] Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2018). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut. Diambil dari https://peraturan.bpk.go.id/ Home/Details/94716/perpres-no-83-tahun-2018.
Ajzen, I. (2002). Perceived behavioral control, self‐efficacy, locus of control, and the theory of planned behavior. Journal of applied social psychology, 32(4), 665-683. doi:10.1111/j.1559-1816.2002.tb00236.x.
Ari, E., & Yilmaz, V. (2017). Consumer attitudes on the use of plastic and cloth bags. Environmental Development Sustain, 19(7), 1219–1234. doi:10.1007/s10668-016-9791-x.
Aydin, H. (2016). Some determinants of green consumption behavior: A study on green consumers. Journal of Environmental Management and Tourism, 7(4), 609-618. doi:10.14505/jemt.v7.4(16).07.
Boediono, G. T., Sitawati, R., & Harjanto, S. (2018). Analisis pengaruh sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan kesadaran sebagai variabel mediasi. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 22-38. doi:10.33633/jpeb.v3i1.2286.
Chan, R. Y. K., Wong, Y. H., & Leung, T. K. P. (2008). Applying ethical concepts to the study of green consumer behavior. Journal of Business Ethics, 79(2), 469-481. doi:10.1007/s10551-007-9410-8.
Fraj, E., & Martinez, E. (2006). Environmental values and lifestyles as determining factors of ecological consumer Behavior: an empirical analysis. Journal of Consumer Marketing, 23(3), 133-144. doi:10.1108/07363760610663295.
Geyer, R., Jambeck, J. R., & Law, K. L. (2017). Production, use and fate of all plastics ever made. Science advance, 3(7), 1-5. doi:10.1126/sciadv.1700782.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate data analysis. New Jersey, US: Pearson Prentice Hall.
Ismail, O. A. (2017). Promosi kampanye diet kantong plastik oleh greeneration Indonesia. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 7(1), 93-102. doi:10.34010/JIPSI.V7I1.335.
Jambeck, J. R., Geyer, R., Wilcox, C., Siegler, T. R., Perryman, M., Andrady, A., Narayan, R., & Law, K. L. (2015). Plastic waste inputs from land into the ocean. Science, 347(6223), 768-770. doi:10.1126/science .1260352.
Kaiser, F., Ranney, M., Hartig, T., & Bowler, P. (1999). Ecological behavior, environmental attitude, and feelings of responsibility for the environment. European Psychologist, 4(2), 59-74. doi:10.1027//1016-9040.4.2.59.
Luthfiana, I., & Kania, D. (2014). Pengaruh komunikasi pemasaran sosial terhadap brand awareness ombudsman Republik Indonesia. Journal Communication Spectrum, 4(1), 24-42. doi:10.36782/jcs.v4i1.1769.
Novianti, A. I., & Kartika, L. (2017). Pengaruh green marketing kebijakan kantong plastik berbayar terhadap green behavior masyarakat Kota Bogor. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2(1), 81-94. doi:10.36226/jrmb.v2i1.32.
Ramsey, C. E., & Rickson, R. E. (1976). Environmental knowledge and attitudes. The Journal of Environmental Education, 8(1), 10-18. doi:10.1080/00958964.1976.9941552.
Schwarz, A. E., Ligthart, T. N., Boukris, E., & Harmelen, T. (2019). Sources, transport, and accumulation of different types of plastic litter in aquatic environments: a review study. Marine Pollution Bulletin, 143, 92-100. doi:10.1016/j.marpolbul.2019.04.029.
Setiawan, B., & Fithrah, D. (2015). Kampanye gerakan Indonesia diet kantong plastik dalam membentuk persepsi masyarakat Bandung. Jurnal Manajemen Komunikasi, 2(2), 102-117. doi:10.24198/jmk.v2i2.12909.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor, ID: Ghalia Indonesia.
Sumarwan, U., Simanjuntak, M., & Yurita. (2012). Persepsi dan preferensi iklan memengaruhi niat beli anak pada produk makanan ringan. Jurnal ilmu Keluarga & Konsumen, 5(2), 185-192. doi:10.24156/jikk.2012.5.2.186.
Waskito, J., & Harsono, M. (2012). Gren consumer: deskripsi tingkat kesadaran dan kepedulian masyarakat joglosemar terhadap kelestarian lingkungan hidup. Jurnal Dinamika Manajemen, 3(1), 29-39. doi:10.15294/jdm.v3i1.2457.
Widyastuti, S., Said, M., Siswono, S., & Firmansyah, D. A. (2019). Customer trust through green corporate image, green marketing strategy, and social responsibility: A case study. European Research Studies, 22(2), 83-99. doi:10.35808/ersj/1427.
Wilopo, S. A. (1995). Transisi demografi dan pembangunan berkelanjutan. Jurnal Populasi, 6(1), 19-37. doi:10.22146/jp.11443.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors submitting manuscripts should understand and agree that copyright of manuscripts published are held Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. The statement to release the copyright to Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen is stated in Copyright Release Form. Copyright encompass exclusive rights to reproduce, to distribute, and to sell any part of the journal articles in all form and media. The reproduction of any part of this journal is allowed with a written permission from Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen.