Pengujian Tahap Beta Literasik: Permainan Edukasi Bahasa Indonesia
Abstrak
Penulisan perlu memperhatikan tata bahasa dan aturan yang berlaku seperti Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD V), tetapi kesalahan penulisan masih sering terjadi bahkan di tingkat perguruan tinggi. Literasik telah dikembangkan sebagai sarana edukasi penggunaan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan pedoman penulisan dengan menguji pengguna untuk menemukan kesalahan pada penulisan kata, pemakaian huruf kapital, dan penggunaan tanda baca. Pengembangan lebih lanjut memerlukan pengujian tahap beta ke target pengguna sekaligus untuk mendapatkan masukan agar Literasik siap untuk dirilis. Dari pengujian dan survei, ditemukan nilai engagement Literasik berada pada rentang nilai baik hingga sangat baik. Focused attention menjadi aspek dengan nilai terendah yang berarti daya Literasik untuk membuat pemain fokus pada permainan masih bisa dikembangkan. Berdasarkan survei pengguna, Literasik disesuaikan dengan penambahan suara latar belakang, penyingkatan waktu respons jawaban, dan penambahan tombol untuk keluar dari permainan.
Penulis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.