THE EFFECT OF SOCIAL SUPPORT, SELF-ESTEEM, AND SELF-CONTROL, ON ADOLESCENT RESILIENCE AT CHILD WELFARE INSTITUTION

Pengaruh Dukungan Sosial, Harga Diri, Dan Kontrol Diri Terhadap Resiliensi Remaja Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak

  • Larisa Hana Gusti Suparman Department of Family and Consumer Sciences, Faculty of Human Ecology, IPB University
  • Alfiasari Department of Family and Consumer Sciences, Faculty of Human Ecology, IPB University

Abstrak

Resiliensi remaja di LKSA perlu dianalisis karena sebagai anak dalam kelompok perlindungan khusus, memahami resiliensi pada kelompok ini menjadi penting agar anak-anak tersebut bisa terus bangkit dengan berbagai kesulitan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dukungan sosial, harga diri, dan kontrol diri sebagai faktor yang memengaruhi resiliensi remaja di LKSA. Penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan desain explanatory study. Metode penarikan contoh penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan teknik purposive sampling di 3 LKSA terpilih. Responden yang terlibat dalam penelitian ini yaitu 93 remaja yang tinggal di asrama LKSA, berusia 12-18 tahun, serta masih memiliki orang tua kandung. Indeks rata-rata untuh dukungan sosial adalah 65,71, harga diri adalah 50,57, kontrol diri adalah 50,37, dan resiliensi adalah 63,26. Terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dengan resiliensi remaja. Terdapat pula hubungan positif antara harga diri dengan kontrol diri remaja di LKSA. Selanjutnya ditemukan adanya pengaruh langsung dan tidak langsung antara dukungan sosial terhadap resiliensi remaja di LKSA melalui harga diri. Kontrol diri juga berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap resiliensi remaja melalui variabel harga diri.

Referensi

Adnan, A. Z., Fatimah, M., Zulfia, M., & Hidayati, F. (2016). Pengaruh dukungan sosial terhadap harga diri remaja Desa Wonoayu Kecamatan Wajak. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 13(2), 53-58. https://doi.org/10.18860/psi.v13i2.6442

Aza, I. N., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2019). Kontribusi dukungan sosial, self-esteem, dan resiliensi terhadap stres akademik siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 491-498. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12285

Baumeister, R. F., Vohs, K. D., & Tice, D. M. (2007). The strength model of self-control. Current directions in psychological science, 16(6), 351-355. https://doi.org/10.1111/j.1467-8721.2007.00534.x

[BPS] Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor. 2021. Kabupaten Bogor Dalam Angka 2021. Bogor (ID): BPS Kabupaten Bogor.

Connor, K. M., & Davidson, J. R. (2003). Development of a new resilience scale: The Connor‐Davidson resilience scale (CD‐RISC). Depression and anxiety, 18(2), 76-82. https://doi.org/10.1002/da.10113

Fergus, S., & Zimmerman, M. A. (2005). Adolescent resilience: A framework for. Annu. Rev. Public Health, 26, 399-419. https://doi.org/10.1146/annurev.publhealth.26.021304.144357

Gecas, V. (1982). The self-concept. Annual review of sociology, 8(1), 1-33. https://doi.org/10.1146/annurev.so.08.080182.000245

Ghufron, M.N. & Susilo, R.R. (2017). Teori-Teori Psikologi. Edisi ke-2. Sleman (ID): Ar-Ruzz Media.

Gizir, C. A. (2004). Academic resilience: An investigation of protective factors contributing to the academic achievement of eight grade students in poverty. http://etd.lib.metu.edu.tr/upload/3/12605533/index.pdf

Gordon-Hollingsworth, A. T., Thompson, J. E., Geary, M. A., Schexnaildre, M. A., Lai, B. S., & Kelley, M. L. (2016). Social support questionnaire for children: Development and initial validation. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 49(2), 122-144. https://doi.org/10.1177/0748175615596780

Hadiningsih, T. T., Yuwono, S., & Psi, S. (2014). Hubungan antara dukungan sosial dengan resiliensi pada remaja di panti asuhan keluarga yatim muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30740

Heatherton, T. F., & Polivy, J. (1991). Development and validation of a scale for measuring state self-esteem. Journal of Personality and Social psychology, 60(6), 895. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-3514.60.6.895

Lete, G. R., Kusuma, F. H. D., & Rosdiana, Y. (2019). Hubungan antara harga diri dengan resiliensi remaja di panti asuhan bakti luhur malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 4(1). https://doi.org/10.33366/nn.v4i1.1436

Miller, P.H. (2011). Theories of Developmental Psychology (5th ed.). Worth Publishers.

Missasi, V., & Izzati, I. D. C. (2019, November). Faktor–faktor yang mempengaruhi resiliensi. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 433-441).

Morrison, R., & Pidgeon, A. M. (2017). Cultivating resilience and self-control among university students: an experimental study. Universal Journal of Psychology, 5(1), 1-7.

Mulia, L. O. (2014). Hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadap tingkat resiliensi remaja di panti asuhan (Doctoral dissertation, Riau University).

Muliawiharto, A., & Masykur, A. M. (2020). Hubungan antara Dukungan Emosional Pengasuh dengan Resiliensi pada Remaja Panti Asuhan di Kecamatan Tembalang. Jurnal Empati, 8(4), 694-705. https://doi.org/10.14710/empati.2019.26536

Naulha, F., & Sundari, A. R. (2021, June). Hubungan Harga Diri dan Dukungan Sosial Keluarga dengan Resiliensi pada Odha Saat Pandemi COVID-19. In Seminar Nasional Psikologi UM (Vol. 1, No. 1, pp. 38-45).

Purba, J., Yulianto, A., Widyanti, E., Esa, D. F. P. U. I., & Esa, M. F. P. U. I. (2007). Pengaruh dukungan sosial terhadap burnout pada guru. Jurnal Psikologi, 5(1), 77-87.

Rachman, Y. A., Sunarti, E., & Herawati, T. (2020). Interaksi suami-istri, interaksi orang tua-anak, interaksi teman sebaya, dan resiliensi remaja. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 13(1), 1-12. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.1

Rodriguez, M. S., & Cohen, S. (1998). Social support. Encyclopedia of mental health, 3(2), 535-544.

Rosa, E. M., & Tudge, J. (2013). Urie Bronfenbrenner's theory of human development: Its evolution from ecology to bioecology. Journal of family theory & review, 5(4), 243-258. https://doi.org/10.1111/jftr.12022

Rosada, U. D., Wahyudi, A., & Partini, S. (2018, July). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pengembangan Resiliensi Remaja. In Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling 2018.

Sabila, S. S., & Aulia, L. A. A. (2019). Ekspektasi Guru dan Resiliensi Remaja. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 6(1), 1-17. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1695

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak. Edisi ke-7. Jakarta (ID): Penerbit Erlangga.

Santrock, J.W. (2012). Perkembangan Masa Hidup. Edisi ke-13. Jakarta (ID): Penerbit Erlangga.

Sari, K., & Ayu, C. (2017). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Dan Resiliensi. Nusantara of Research, 4(01), 154658.

Schwarzer, R., Knoll, N., & Rieckmann, N. (2004). Social support. Health psychology, 158, 181.

Sururi, M. M. A., & Muslikah, M. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Aktualisasi Diri Dengan Harga Diri Remaja Panti Asuhan Di Purbalingga. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 36-42.

Tangney, J. P., Boone, A. L., & Baumeister, R. F. (2018). High self-control predicts good adjustment, less pathology, better grades, and interpersonal success. In Self-regulation and self-control (pp. 173-212). Routledge.

Vinayak, S., & Judge, J. (2018). Resilience and empathy as predictors of psychological wellbeing among adolescents. International Journal of Health Sciences and Research, 8(4), 192-200.

Zimmerman, M. A., Stoddard, S. A., Eisman, A. B., Caldwell, C. H., Aiyer, S. M., & Miller, A. (2013). Adolescent resilience: Promotive factors that inform prevention. Child development perspectives, 7(4), 215-220. https://doi.org/10.1111/cdep.12042

Diterbitkan
2024-01-31