STRATEGI KEBIJAKAN PENINGKATAN JUMLAH MAHASISWA DALAM MEMUTUSKAN MEMILIH PROGRAM PASCASARJANA DI DEPARTEMEN ESL FEM IPB
POLICY STRATEGY INCREASES THE NUMBER OF STUDENTS IN CHOOSING POSTGRADUATE PROGRAM IN THE ESL DEPARTMENT FEM IPB
Abstract
Department of Resources and Environmental Economics (ESL Department) is one of the departments under the Faculty of Economics and Management, IPB University and running the Postgraduate program. This research aimed to formulate alternatives policy based on the factors that influence students’ decision to choose a postgraduate program in the ESL department FEM IPB. The research was carried out by using Analytical Hierarchy Process (AHP). The data were collected by interviews with 14 respondents namely the Dean of the Graduate School IPB, the Dean of the Faculty of Economics and Management, The Head of the ESL Department FEM IPB, three Heads of Study Program in the ESL Department FEM IPB, two lectures, four active students of the Postgraduate Program, and two alumni of the Postgraduate program at the ESL Department FEM IPB. The results of the AHP analysis showed that the main factor was the product. The priority actor was the head of the study program. The overall priority strategy to increase the student number was to offer collaboration to several institutions both in domestic and abroad.
Keywords: ESL department students, postgraduate programs, AHP
Abstrak: Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (Departemen ESL) merupakan salah satu Departemen yang berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor dan sebagai salah satu unit pengelola program pascasarjana. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan alternatif kebijakan dari faktor-faktor yang memengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih program pascasarjana di Departemen ESL FEM IPB dalam upaya meningkatkan jumlah mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Teknik pengumpulan data dengan wawancara aktor dan pengisian kuesioner oleh 14 responden yaitu Dekan Sekolah Pascasarjana IPB, Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Ketua Departemen ESL FEM IPB, tiga orang Ketua Program Studi di lingkungan Departemen ESL FEM IPB, dua orang Dosen, empat orang mahasiswa Program Pascasarjana yang masih aktif, dan dua orang alumni Program Pascsarajana di Departemen ESL FEM IPB. Hasil analisis AHP memperlihatkan bahwa faktor yang menjadi prioritas secara keseluruhan adalah produk. Aktor yang menjadi prioritas secara keseluruhan yaitu Ketua Program Studi. Strategi prioritas dalam upaya meningkatkan jumlah mahasiswa adalah menawarkan kerjasama ke beberapa lembaga baik di dalam maupun di luar negeri.
Kata kunci: departemen ESL, program pascasarjana, AHP