Strategi Bersaing Industri Madu (Studi Kasus: CV Madu Apiari Mutiara)

  • Debi Sarah Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor
  • Rita Nurmalina Suryana Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor
  • Kirbrandoko Kirbrandoko Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun

Abstract

The amount of imported honey in Indonesia has been increasing since 2013. Import of honey has increased because due to high honey demands on industries of beverage, health, and beauty. The objectives of this research were to determine the internal and external environment factors of CV Madu Apiari Mutiara, to formulate alternative strategies and priorities in developing the company competitive strategy, and to map the recommendation of program and alternative strategy in developing competing strategy CV Madu Apiari Mutiara. The analytical tools used in this research were the internal and external corporate environment analysis, A'WOT integration between hierarchy process analysis (AHP) and SWOT, and the strategy architecture to determine the company's long-term plan. These six alternative strategies are used to determine strategic priorities. The three highest priority strategies are (1) expansion of the marketing area, (2) optimizing market penetration for all honey derivative products, (3) improving product quality and corporate credibility. The designs of the strategic architecture are to improve marketing in the first year, to make a mapping of marketing distribution channels the second year, and to innovate honey derivative products in the third year.

Keywords: architecture strategy, A’WOT, CV Madu Apiari Mutiara, honey, competitive strategy

Abstrak: Impor madu di Indonesia mengalami peningkatan pada tahun 2013 hingga saat ini. Impor meningkat karena banyaknya permintaan madu pada industri minuman, kesehatan dan kecantikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan faktor lingkungan internal dan eksternal CV Madu Apiari Mutiara, merumuskan alternatif strategi serta prioritasnya dalam pengembangan strategi bersaing perusahaan, dan memetakan blue print strategi dalam pengembangan strategi bersaing CV Madu Apiari Mutiara. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan, A’WOT integrasi antara analisis proses hierarki (AHP) dan SWOT, arsitektur strategi untuk menentukan rencana jangka panjang perusahaan. Terdapat enam alternatif strategi yang dapat direkomendasikan kepada CV Madu Apiari Mutiara. Enam alternatif strategi tersebut digunakan untuk menentukan prioritas strategi. Tiga prioritas strategi tertinggi, yaitu (1) perluasan wilayah pemasaran, (2) optimalisasi penetrasi pasar untuk semua produk turunan madu, (3) peningkatan kualitas produk dan kredibilitas perusahaan. Rancangan arsitektur strategi di tahun pertama yaitu melakukan peningkatan pemasaran, tahun kedua membuat pemetaan saluran distribusi pemasaran dan pada tahun ketiga membuat inovasi produk turunan madu.

Kata kunci: arsitektur strategi, A’WOT, CV Madu Apiari Mutiara, madu, strategi bersaing

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-24
How to Cite
SarahD., SuryanaR. N., & KirbrandokoK. (2019). Strategi Bersaing Industri Madu (Studi Kasus: CV Madu Apiari Mutiara). Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 5(1), 71. https://doi.org/10.17358/jabm.5.1.71