Pengaruh Motivasi, Marketing Mix dan Konsep Diri Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Baru di Perumahan Bukit Cimanggu City Bogor

  • Aditya Primarianto PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero)
  • Lilik Noor Yuliati Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor
  • M. Joko Affandi Sekolah Tinggi Manajemen PPM

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh motivasi, bauran pemasaran dan konsep diri terhadap keputusan pembelian rumah baru di perumahan Bukit Cimanggu City (BCC) Kota Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap konsumen dalam keputusan pembelian rumah baru di BCC, ini ditunjukkan dari nilai t-hitung yang diperoleh> 1,96. Pengaruh yang paling dalam faktor motivasi untuk memutuskan membeli rumah baru, adalah tujuan konsumen untuk memenuhi kebutuhan dasar tempat tinggal, hal ini ditunjukkan oleh nilai loading factor 1,00 lebih besar dari indikator lainnya. Variabel Marketing Mix berpengaruh signifikan terhadap konsumen dalam keputusan pembelian rumah baru di BCC, ini ditunjukkan dari nilai t-hitung yang diperoleh> 1,96. Faktor yang paling berpengaruh adalah produk BCC memiliki keuntungan dalam hal tipe rumah, ini ditunjukkan oleh nilai loading factor 0,79 lebih besar dari indikator lainnya. Variabel Konsep Diri tidak berpengaruh signifikan terhadap konsumen dalam keputusan pembelian rumah baru di BCC, ini ditunjukkan dari nilai t-hitung yang diperoleh <1,96. Faktor yang paling memengaruhi konsep diri dalam keputusan pembelian rumah baru adalah keinginan seseorang tentang bagaimana konsumen memandang dirinya untuk memengaruhi produk yang mereka beli dan gunakan, ini ditunjukkan oleh nilai variabel pembebanan faktor pemuatan lebih besar dari indikator lainnya. Keputusan pembelian memiliki pengaruh paling besar yaitu indikator keuangan, hal ini ditunjukkan oleh nilai loading factor 0,78 lebih besar dari indikator lainnya. Dalam hal ini konsumen dalam membuat keputusan pembelian dipengaruhi oleh kondisi keuangan.

Kata kunci: bauran pemasaran, motivasi, keputusan pembelian, konsep diri

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-05
How to Cite
Primarianto, A., Yuliati, L. N., & Affandi, M. J. (2018). Pengaruh Motivasi, Marketing Mix dan Konsep Diri Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Baru di Perumahan Bukit Cimanggu City Bogor. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 4(3), 454. https://doi.org/10.17358/jabm.4.3.454