Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Salon XYZ
Abstract
Salah satu jenis usaha jasa yang mengalami peningkatan dengan pesat adalah usaha salon kecantikan. Kota besar menjadi pendukung tumbuhnya usaha salon, seperti kota Bogor. Salah satu salon di kota Bogor yang cukup berkembang adalah Salon XYZ. Menyusul keberhasilannya, Salon XYZ ingin mengembangkan bisnis salon ke luar kota Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan proses bisnis Salon XYZ; 2) mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi Salon XYZ; 3) memformulasikan alternatif strategi pengembangan bisnis di luar kota Bogor; 4) memilih prioritas strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan bisnis Salon XYZ. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah: 1) identifikasi proses bisnis Salon XYZ dengan menggunakan analisis deskriptif; 2) identifikasi faktor internal Salon XYZ menggunakan metode Internal Factor Evaluation (IFE) dan identifikasi faktor eksternal Salon XYZ menggunakan metode External Factor Evaluation (EFE), penentuan posisi bisnis Salon XYZ dengan menggunakan matriks Internal External (IE); 3) formulasi alternatif strategi menggunakan metode matriks SWOT; 4) perumusan strategi prioritas dengan metode Quantitative Stratategy Planning Matrix (QSPM). Hasil analisis internal dan eksternal didapatkan posisi Salon XYZ berada pada kuadran II yaitu pada posisi bertumbuh dan membangun, strategi yang harus dilakukan adalah perluasan pasar, perluasan produk dan penetrasi produk. Hasil dari alternatif strategi matriks SWOT, didapatkan prioritas strategi dari QSPM adalah memperluas pangsa pasar dengan membuka outlet di luar kota Bogor yaitu ke Jakarta, Depok, Bandung dan Bekasi.
Kata kunci: EFE, bisnis salon, IFE, QSPM, SWOT