Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Keterlekatan Pegawai Generasi X dan Generasi Y pada PT. Yudhistira Ghalia Indonesia
Abstract
Employee engagement is one of the keys to the success of a company to achieve its vision and mission optimally. This research was conducted to analyze the effect of quality of work-life and job satisfaction on employee engagement in each generation at PT. Yudhistira Ghalia Indonesia. The analytical tools were Structural Equation Modeling - Partial Least Square and Multi-group Analysis. The results show that the quality of work-life had a significant positive effect on job satisfaction and employee engagement of Generation X and Generation Y; job satisfaction had a significant positive effect on employee engagement of Generation X and Generation Y; generation did not act as a moderator (moderating variable), it means the strong-weak influenced between latent variables did not depend on generation. The analysis implied that the improvement of the quality of work-life and job satisfaction would increase employee engagement of Generation X and Generation Y at PT. Yudhistira Ghalia Indonesia.
Keywords: employee engagement, generation X, generation Y, job satisfaction, quality of work life
Abstrak: Keterlekatan pegawai adalah salah satu kunci keberhasilan perusahaan untuk mencapai visi dan misi secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas kehidupan kerja (quality of work life) dan kepuasan kerja (job satisfaction) terhadap keterlekatan pegawai (employee engagement) pada setiap kelompok generasi di PT. Yudhistira Ghalia Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodelogi analisis, yaitu Structural Equation Modeling - Partial Least Square dan Multigroup Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kehidupan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja dan keterlekatan pegawai (employee engagement) pada Generasi X dan Generasi Y; kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlekatan pegawai pada Generasi X dan Generasi Y; generasi tidak berperan sebagai moderator (variabel moderasi) yang bermakna kuat-lemahnya pengaruh antara variabel laten tidak tergantung pada generasi. Implikasi dari penelitian ini adalah dengan PT. Yudhistira Ghalia Indonesia meningkatkan kualitas kehidupan kerja dan kepuasan kerja, pegawai Generasi X dan Generasi Y dengan keterlekatan pegawai yang tinggi pun akan meningkat.
Kata kunci: generasi X, generasi Y, kepuasan kerja, keterlekatan pegawai, kualitas kehidupan kerja