Formulasi Strategi Bisnis Perusahaan Original Equipment Manufacturer (OEM) Studi Kasus di PT XYZ

  • Puryani Puryani Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor
  • Lukman Muhammad Baga Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor
  • Imam Teguh Saptono Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor

Abstract

The objectives of this study are to describe the vision and mission, to analyze internal and external conditions, and to formulate strategy of PT XYZ. The research was carried out by descriptive analysis method. The tools used at this study included IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (External Factor Evaluation), IE (Internal-External) and QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). The study showed that the vision of the company is in accordance with the goals of the company, whereas the mission analysis identified that not all members of the company know the company mission. Internal analysis shows 8 factors becoming the strengths and 8 factors becoming the weaknesses for the company, while the external analysis shows 7 factors becoming the opportunities and 7 factors becoming the threats for the company. The IFE and EFE matrix analysis showed scores of 3,064 and 2,595. This score showed that the company position is on the IE matrix, quadrant I (cell IV). In this quadrant, the right strategy is to grow and build. Alternative strategies formulated for the company include market penetration, product development, people development, market development, company relocation and competitive pricing. Based on the QSPM matrix, the priority strategy formulated for PT XYZ is people development.

Keywords: alternative strategies, IFE, EFE, IE, QSPM

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan visi dan misi, menganalisis kondisi internal dan eksternal serta merumuskan strategi PT XYZ. Penelitian dilakukan melalui metode pendekatan analisis deskriptif. Alat analisis yang digunakan, yaitu matrix IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (External Factor Evaluation), IE (Internal-External) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian dapat diidentifikasi bahwa visi perusahaan saat ini sudah sesuai dengan tujuan dan cita-cita perusahaan, sedangkan pada analisis misi dapat diidentifikasi bahwa belum semua anggota perusahaan mengetahui misi perusahaan. Hasil analisis lingkungan internal menghasilkan 8 faktor yang menjadi kekuatan dan 8 faktor yang menjadi kelemahan perusahaan, sedangkan hasil analisis lingkungan eksternal menghasilkan 7 faktor yang menjadi peluang dan 7 faktor yang menjadi ancaman perusahaan. Analisis matrik IFE dan EFE menghasilkan skor 3,064 dan 2,595. Skor ini memposisikan perusahaan pada pada matrik IE, yaitu kuadran I (sel IV). Pada kuadran ini strategi yang tepat adalah grow and build. Alternatif strategi yang berhasil dirumuskan adalah penetrasi pasar, pengembangan produk, pengembangan SDM, pengembangan pasar, relokasi perusahaan dan menetapkan harga bersaing. Berdasarkan matrik QSPM, strategi prioritas yang berhasil dirumuskan adalah pengembangan SDM.

Kata kunci: alternatif strategi, IFE, EFE, IE, QSPM

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-24
How to Cite
PuryaniP., BagaL. M., & SaptonoI. T. (2019). Formulasi Strategi Bisnis Perusahaan Original Equipment Manufacturer (OEM) Studi Kasus di PT XYZ. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 5(1), 13. https://doi.org/10.17358/jabm.5.1.13