Strategi Bersaing dan Pengukuran Kinerja dengan Pendekatan Resources Base View Perusahaan Komponen Otomotif Indonesia

  • Purwantoro Purwantoro PT Indokarlo Perkasa
  • Heny K Daryanto Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor
  • Setiadi Djohar Sekolah Tinggi Manajemen PPM

Abstract

Indonesia has the highest growth of motor vehicle industry in Southeast Asia. The shifting of central car production has started since 2012 with the initial launch of low cost green car (LCGC). This development was followed by the growth of automotive component industry to support it. To compete in business coverage with high attractiveness industry, strategies and highly capable human resources are required by the company. This research utilized resource-based view in examining the connection between Porter’s competitiveness strategy and company’s human resource and its performance. This research classified human resource configuration into product-based and process-based, and the companies were categorized into strategic groups. Thus, this research examined the different performances between strategic groups. The relationship between human resource configuration and strategies was analyzed to reveal the differences of human resource and its competence in one strategic group and to examine its connection to the company’s performance. The primary finding in this research was the significant differences of performances among strategic groups in which companies in the same group have a distinctive human resource configuration.

Keywords: competitiveness strategy, base resource, performance, competitive advantage

Abstrak: Indonesia mempunyai pertumbuhan industri kendaraan bermotor tertingi di Asia Teggara. Pergeseran pusat produksi mobil sudah dimulai sejak tahun 2012 dengan diluncurkannya low cost green car (LCGC). Perkembangan ini diikuti oleh tumbuhnya industri komponen otomotif sebagai pendukungnya. Untuk dapat bersaing dalam lingkungan bisnis dengan industry actractiveness yang masih tinggi diperlukan strategi dan capability sumber daya yang unggul bagi perusahaan. Penelitian ini menggunakan resources base view dalam menganalisis keterkaitan antara strategi bersaing Porter, sumber aya perusahaan dan kinerja. Dalam penelitian ini penulis membagi konfigurasi sumber daya menjadi product based dan processs based. Lalu perusahaan-perusahaan ini dikelompokkan dalam grup strategi dan mengukur perbedaan kinerja antara grup strategi. Hubungan antara konfigurasi sumberdaya dan strategi dianalisis untuk mengetahui perbedaan sumber daya dan distinctive competence dalam satu grup strategi dan menganalisis keterkaitannya dengan kinerja perusahaan.Temuan utama dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat perbedaan kinerja yang signifikan diantara grup strategi, perusahaan-perusahan dalam satu grup strategi memiliki perbedaan konfigurasi sumber daya.

Kata kunci: strategi bersaing, resources base, kinerja, competitive advantage

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-10
How to Cite
PurwantoroP., DaryantoH. K., & DjoharS. (2018). Strategi Bersaing dan Pengukuran Kinerja dengan Pendekatan Resources Base View Perusahaan Komponen Otomotif Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 4(2), 220. https://doi.org/10.17358/jabm.4.2.220