Pengembangan Strategi PT ABC Niaga di Industri Distribusi Gas
Abstract
This study aims to analyze the development strategy of PT ABC Niaga in gas distribution industry. This study uses IFE and EFE Matrix, analysis SWOT matrix and QSPM. Prior to the analysis of the development of the strategy, first performed project feasibility analysis in the development plans of the city gas network from the aspects of company expenditure using capital budgeting. Then analyzed factors internal and external affecting business performance, SWOT analysis and formulated alternatives for the development of business strategies and their order of priority using QSPM. Analysis of internal and external factors each have a score of 2,541 and 3,261. QSPM matrix analysis shows that the strategy of "aggressive market penetration by expanding city gas area into potential region with high commercial activities" has the highest TAS value 10.943.
Keywords: gas distribution industry, IFE, EFE, SWOT, QSPM
Abstrak: Penelitian ini bertujuan menganalisis pengembangan strategi PT ABC Niaga di industri distribusi gas. Penelitian ini menggunakan Matriks IFE dan EFE, analisis SWOT, dan QSPM. Sebelum dilakukan analisis pengembangan strategi, terlebih dahulu dilakukan analisis kelayakan proyek dalam rencana pengembangan jaringan gas kota dari aspek pembelanjaan perusahaan dengan menggunakan metode capital budgeting. Selanjutnya dianalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kinerja bisnis dengan analisis SWOT dan dirumuskan alternatif-alternatif strategi untuk pengembangan bisnis beserta urutan prioritasnya dengan menggunakan metode QSPM. Analisis faktor internal dan eksternal masing-masing memiliki skor 2,541 dan 3,261. Analisis matriks QSPM menunjukkan bahwa strategi "penetrasi pasar secara agresif dengan memperluas area gas kota di wilayah yang potensial dengan aktivitas komersial yang tinggi" memiliki nilai TAS tertinggi 10.943.
Kata kunci: industri distribusi gas, IFE, EFE, SWOT, QSPM