APLIKASI DATA ENVELOPMENT ANALYSIS UNTUK MENELAAH EFISIENSI BIAYA DAN PENDAPATAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS PT.DIAN SWARA)

  • Ari Binuko Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Hermanto Siregar Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor
  • Sri Hartoyo Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor

Abstract

The research is to evaluate the cost efficiency level and the income of Dian Swara a company in Purwokerto, Central Java.  The data is analyzed using  DEA (Data Envelopment Analysis) with CRS (Constant Return of Scale) method and as the input is the operational cost, administration cost and marketing cost while the output is the event income, program syndicate income and advertisement income.  The first step in this research is calculating the efficiency value cost and income, also the independent variable consist of ROA (Return of Asset), ROE (Return of Equity),  aging of receivables, DER (Debt to Equity Ratio) and dummy.  The next step is to observe the impact of the independent variables toward the efficiency using multiple linear regression analysis.  The result using DEA shows that the efficiency value from 2009-2014 did not reach 1.  The most efficient is in 2013 where the value was 0.98 and the least efficient was in 2012 the value was 0.71.  Whereas the result from the multiple linear regression analysis shows that ROA and ROE has a positive and significant impact in efficiency.   

Keywords: dian swara, CSR, DEA, ROA, ROE


Abstrak

Penelitian ini untuk mengukur tingkat efisiensi biaya dan pendapatan pada perusahaan Dian Swara yang berada di Purwokerto, Jawa Tengah. Menggunakan DEA (Data Envelopment Analysis) dengan metode CRS (Constant Return of Scale) dan sebagai input adalah biaya operasional, biaya administrasi serta biaya pemasaran. Yang digunakan sebagai output dalam penelitian ini adalah pendapatan event, pendapatan sindikasi program serta pendapatan iklan. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah menghitung nilai efisiensi biaya dan pendapatan serta menghitung variabel independennya yang terdiri dari ROA (Return of Asset), ROE (Return of Equity), Umur piutang, DER (Debt to Equity Ratio) serta dummy. Langkah kedua dalam penelitian ini, melihat pengaruh variabel independen terhadap efisiensi dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari perhitungan dengan menggunakan DEA menunjukan bahwa nilai efisiensi dari periode tahun 2009 sampai dengan tahun 2014 tidak ada yang mencapai nilai 1.00. Dalam periode tersebut tahun yang paling efisien adalah tahun 2013 dengan nilai 0.98 dan tahun yang inefisien dalam penelitian ini adalah tahun 2012 dengan nilai 0.71. Sedangkan hasil dari analisis regresi menunjukan bahwa ROA dan ROE berpengaruh positif dan signifikan terhadap efisiensi.

Kata kunci: dian swara, CSR, DEA, ROA, ROE

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-01-25
How to Cite
BinukoA., SiregarH., & HartoyoS. (2017). APLIKASI DATA ENVELOPMENT ANALYSIS UNTUK MENELAAH EFISIENSI BIAYA DAN PENDAPATAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS PT.DIAN SWARA). Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 3(1), 71. https://doi.org/10.17358/jabm.3.1.71