Perencanaan Strategik SBU Mineral PT Sucofindo (Persero)

  • Suprapto Suprapto PT. SUCOFINDO (Persero) Jakarta
  • Lukman M. Baga Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor Jl. Kamper Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680
  • Kirbrandoko Kirbrandoko Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Jl. K.H. Sholeh Iskandar Km. 2 Bogor 16162

Abstract

Strategic planning requires an organization in the face of today's business competition and a more complex future. Likewise, Mineral Gas Station also requires this strategic planning as a newly formed business unit of 2015. Therefore, the company analyzed its internal and external factors as well as a future review of the mineral service industry to stay afloat, grow and develop. The objectives of this study were to identify the internal performance and core competencies of Mineral Gas Station, to identify the external macro environment condition and external micro intensity of mineral service industry competition, to map the current position of the company, to recommend appropriate business strategy in facing competition pressure, and to develop the objectives and program of the company. This research used descriptive and quantitative analysis methods with a purposive sampling technique. The results show that the position of Mineral Gas Station on the intensity of mineral service competition is 'moderate' and is in quadrant of 'grow and build'. Therefore, the appropriate strategy is intensive strategy (market penetration, market development and product development). Mineral Gas Station require to conduct customer satisfaction surveys related to customer perspectives which becomes the most important strategic factor with a focus on customer complaint factor. Further research is needed by involving all external parties so that the results will be more independent.

Keywords: mineral services, strategic planning, competition, mineral gas station, Sucofindo


ABSTRAK

Perencanaan strategik dibutuhkan organisasi dalam menghadapi persaingan bisnis saat ini dan masa depan yang semakin komplek. Demikian juga yang dibutuhkan SBU Mineral sebagai unit bisnis yang baru terbentuk 2015, dengan menganalisis faktor internal dan ekternal perusahaan serta tinjauan masa depan industri jasa mineral untuk tetap bertahan, tumbuh dan berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kinerja internal dan kompetensi inti SBU Mineral, mengidentifikasi kondisi lingkungan eksternal makro dan eksternal mikro intensitas persaingan industri jasa mineral, memetakan posisi SBU Mineral saat ini dan merekomendasikan strategi bisnis yang tepat dalam menghadapi tekanan persaingan serta menyusun tujuan dan program SBU Mineral. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi SBU Mineral pada intensitas persaingan jasa mineral 'tingkat sedang' serta berada pada kuadran 'tumbuh dan membangun'. Oleh sebab itu, strategi yang tepat adalah stretegi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk). SBU Mineral perlu melakukan survei kepuasaan pelanggan terkait dengan perspektif pelanggan yang menjadi faktor strategis paling penting dengan fokus pada faktor keluhan pelanggan. Diperlukan penelitian lebih lanjut dengan melibatkan semua responden dari pihak eksternal sehingga hasil yang diperoleh akan lebih independen.

Kata kunci: jasa mineral, perencanaan strategik, persaingan, SBU mineral, Sucofindo

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-21
How to Cite
SupraptoS., BagaL. M., & KirbrandokoK. (2017). Perencanaan Strategik SBU Mineral PT Sucofindo (Persero). Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 3(2), 172. https://doi.org/10.17358/jabm.3.2.172