Manajemen Pemanenan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Kebun Tandun, Kabupaten Kampar, Riau

  • Trio Wahyudi Program Studi Agronomi dan Hortikultura, Departemen Agronomi dan Hortikultura, Institut Pertanian Bogor (IPB University)
  • Supijatno Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB University)
  • Adolf Pieter Lontoh Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB University)

Abstract

Kelapa sawit merupakan salah satu tanaman perkebunan yang berperan penting dalam perekonomian Indonesia. Upaya peningkatan produksi dan produktivitas kelapa sawit dapat dilakukan dengan memperbaiki manajemen produksi melalui kegiatan panen yang baik. Penelitian ini dilaksanakan di Perkebunan Tandun, Kabupaten Kampar, Riau, pada bulan Januari hingga Mei 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis perencanaan panen, pelaksanaan panen, dan evaluasi panen. Data hasil pengamatan dianalisis secara kuantitatif dan deskriptif dengan menggunakan rata-rata, persentase, dan uji komparatif (t-student). Kegiatan panen di kebun Tandun sudah berjalan cukup baik, terlihat dari hasil produksi harian yang sesuai dengan taksasi produksi dengan nilai varians rata-rata di bawah 5%, kapasitas panen rata-rata sudah mencapai tandan buah segar (TBS) dan memiliki nilai jual yang tinggi, serta pengangkutan buah dengan truk sudah sesuai dengan kapasitas. Namun demikian, beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan seperti rotasi panen yang masih pendek, realisasi panen yang tidak sesuai dengan rencana panen perlu dievaluasi, kepatuhan penggunaan helm yang masih di bawah 100%, kualitas buah mentah yang masih di atas standar yaitu 1.51% dari batas toleransi 1%, masih ditemukannya kehilangan hasil dari buah yang tidak terkumpul dan buah yang belum matang saat panen masih ditemukan saat inspeksi areal panen.

Kata kunci: kehilangan hasil, perencanaan panen, produksi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilyanti, S. 2017. Pengaruh usia dan masa kerja terhadap produktivitas kerja (studi kasus PT OASIS Water International Cabang Palembang). J Sis dan Manaj Ind. 1(2):68-72. https://doi.org/10.30656/jsmi.v1i2.413

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2019. Statistik Kelapa Sawit Indonesia (Indonesian Palm Statistics). Jakarta: BPS.

[Ditjenbun] Direktorat Jendral Perkebunan. 2019. Statistik Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia Tahun 2018-2020. Jakarta: Direktorat Jendral Perkebunan, Departemen Pertanian.

[Ditjenbun] Direktorat Jendral Perkebunan. 2020. Statistik Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia Tahun 2017-2021. Jakarta: Direktorat Jendral Perkebunan, Departemen Pertanian.

Fauzi, Y., Y. E. Widyastuti, I. Satyawibawa, R. H. Paeru. 2012. Kelapa Sawit: Budidaya, Pemanfaatan Hasil dan Limbah, Analisis Usaha dan Pemasaran. Jakarta: Penebar Swadaya.

Lubis, R. E., A. P. Lontoh. 2016. Manajemen panen kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Kebun Adolina Estate, Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Bul Agrohorti. 4(2):144-154. https://doi.org/10.29244/agrob.v4i2.15013

Miranda, R. R. 2009. Manajemen panen tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di PT Gunung Kemasan Estate, Minamas Plantation, Pulau Laut, Kalimantan Selatan [skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Pahan, I. 2010. Panduan Lengkap Kelapa Sawit: Manajemen Agribisnis dari Hulu hingga Hilir. Jakarta: Penebar Swadaya.

[PPKS] Pusat Penelitian Kelapa Sawit. 2006. Budidaya Kelapa Sawit. Medan: Pusat Penelitian Kelapa Sawit.

[PPKS] Pusat Penelitian Kelapa Sawit. 2007. Budidaya Kelapa Sawit. Medan: Pusat Penelitian Kelapa Sawit.

Reason, J. 2007. Managing The Risk of Organizational Accidents. Boca raton (US): CRC Press.

Sinaga, E. H. 2007. Pengelolaan pemanenan tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Perkebunan PT SAL 1 Agrowijaya, Kecamatan Tungkul Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi [skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Tobing MOSL. 1992. Pemanenan dan pengangkutan hasil panen kelapa sawit. Medan: Lembaga Perkebunan Kampus Medan.

Published
2024-05-31
How to Cite
WahyudiT., Supijatno, & LontohA. P. (2024). Manajemen Pemanenan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Kebun Tandun, Kabupaten Kampar, Riau. Buletin Agrohorti, 12(2), 266-275. https://doi.org/10.29244/agrob.v12i2.51430