Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Buletin Tanah dan Lahan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN

 

Buletin Tanah dan Lahan merupakan media yang menyajikan artikel mengenai hasil penelitian dan telaah perkembangan mutakhir dalam bidang ilmu tanah, lahan, dan ilmu wilayah sebagai bahan kajian utama.

Naskah berupa naskah asli yang belum pernah dimuat atau tidak sedang dalam proses publikasi dalam jurnal ilmiah nasional maupun internasional lainnya. Penulis harus mengacu pada petunjuk di bawah ini ketika mempersiapkan naskah.

PERSIAPAN NASKAH

Jenis Naskah

Full Article. Artikel lengkap diharapkan menyajikan keaslian, memberikan kemajuan besar dan penting dalam bidang ilmu tanah, lahan dan ilmu wilayah, memiliki skema penelitian yang luas serta menyajikan diskusi mendalam suatu temuan. Struktur artikel terdiri dari Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Daftar Pustaka.

Format Naskah

Naskah harus disiapkan dalam format Microsoft Word (doc ataudocx), kecuali Grafik menggunakan program Microsoft Excel dan Gambar menggunakan format JPEG atau PDF.Naskah diketik pada ukurankertas A4 (21.0 x 29.7 cm) dengan jarak 2 spasi, dengan huruf Times New Roman 12 point. Jarak ketikan dari tepi kiri 3.0 cm, sedangkan tepi kanan, atas, dan bawah masing-masing 2.5 cm. Setiap halaman diberi nomor halaman. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris.

Naskah disusun dengan urutan sebagai berikut:

  1. Bila artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia, maka judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, sedangkan bila artikel dalam Bahasa Inggris, maka judul ditulis hanya dalam Bahasa Inggris.
  2. Nama lengkap penulis tanpa disingkat.
  3. Nama lembaga/institusi, disertai alamat lengkap dengan nomor kode pos dari masing-masing penulis.
  4. Penulis korespondensi dilengkapi dengan nomor telepon dan surel.
  5. Running title
  6. Abstrak (Abstract) dalam Bahasa Indonesia dan Inggris untuk artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia, sedangkan untuk artikel dalam Bahasa Inggris, Abstrak ditulis hanya dalam Bahasa Inggris. Jumlah kata dari Abstract maksimal 250 kata.
  7. Kata kunci (Key words) maksimum 6 (enam) kata.
  8. Pendahuluan (Introduction)
  9. Bahan dan Metode (Materials and Methods)
  10. Hasil dan Pembahasan (Results and Discussion)
  11. Simpulan (Conclusions)
  12. Ucapan terima kasih (Acknowledgements)
  13. Daftar Pustaka (References)
  14. Tabeldan Gambar beserta keterangannya.

 

Naskah dikirimkan secara elektronik melalui sistem online:

http://journal.ipb.ac.id/index.php/btanah/login

Jika penulis tidak dapat mengirimkan naskah secara elektronik, maka naskah dapat dikirimkan ke alamat email:

b.tanahlahan_soilipb@yahoo.com.

 

Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor

Jln. Meranti Lt 5 Wing 15,

Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680

No. Telp/Hp: 0251-8629360/08121108782

 

DETAIL PENJELASAN TENTANG NASKAH

 

Judul dan Nama Penulis

Judul dicetak tebal (bold) dengan huruf kapital pada setiap awal kata, kecuali kata sambung. Naskah dalam Bahasa Indonesia harus disertai judul dalam Bahasa Inggris yang ditulis miring (italic) dan dicetak tebal (bold).

Di bawah judul, ditulis nama lengkap (tidak disingkat) semua penulis beserta nama dan alamat lembaga afiliasi penulis. Beri tanda * pada nama penulis untuk korespondensi. Alamat untuk korespondensi dilengkapi dengan nomor telepon/HP dan surel.

Penulis harus memberikan running title (maksimum 50 karakter) yang digunakan sebagai judul pendek header halaman.

Abstrak/ Abstract

Abstrak/ Abstracttidak lebih dari 250 kata yang tidak memiliki referensi dan tidak mengandung angka, singkatan, dan akronim. Abstrakharusditulissecarasingkatmencakup pendahuluan, metode, hasil, dansimpulan.Implikasi hasil penelitian juga sebaiknya tercantum dalam abstrak. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Editor memiliki hak untuk mengedit abstrak untuk alasan kejelasan.

Kata Kunci/ Key Words

      Maksimum 6 (enam) kata, kata kunci pertama yang paling penting.

Pendahuluan

Pendahuluan berisi latar belakang penelitian, tujuan dan hipotesis (jika ada). Berikan deskripsi (lokal dan nama ilmiah) dari objek yang diteliti.

Bahan dan Metode

Bahan dan Metode berisi uraian tentang bahan, alat dan metode utama yang digunakan dalam penelitian. Bagian metode harus cukup rinci untuk menggambarkan apakah jenis penelitian eksperimental atau eksplorasi. Metode yang dijelaskan harus cukup detail dan memadai sehingga kajian dapat direplikasi. Jika penelitian anda menggunakan metode peneliti sebelumnya, maka jelaskan secara singkat metode tersebut. Jika Anda membuat modifikasi, gambarkan bagian yang dimodifikasi.

Hasil dan Pembahasan

Hasil yang diperoleh berdasarkan metode yang digunakan. Jangan menyajikan data yang sama dalam tabel dan grafik. Semua data yang disajikan dalam hasil harus dinyatakan dalam tabel, gambar atau grafik secara singkat dan jelas. Pembahasan berisi ulasan hasil penelitian dengan membandingkan data yang dilaporkan saat ini dengan hasil sebelumnya. Jelaskan mengapa hasilnya menjadi seperti itu.

Simpulan

Simpulan disajikan secara singkat,tetapimencerminkanhasilpenelitian yangdiperoleh.

Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih memuat ucapan terima kasih kepada penyandang dana yang telah memberikan bantuan penelitian (jikaada).

Daftar Pustaka

Daftar pustaka mencantumkan semua pustaka yang digunakan. Daftar pustaka ditulis berdasarkan urutan alfabet dari nama akhir penulis pertama. Pustaka dengan nama penulis (kelompok penulis) yang sama diurutkan secara kronologis. Apabila ada lebih dari satu pustaka yang ditulis penulis (kelompok penulis) yang sama pada tahun yang sama, maka huruf ‘a’, ‘b’, dan seterusnya ditambahkan setelah tahun.

Pustaka di dalam teks ditulis menggunakan sistem nama dan tahun, misalnya Brady (1990) atau (Brady 1990); Tinker dan Nye (2000) atau (Tinker dan Nye 2000). Bila penulis tiga orang atau lebih, ditulis et al. seperti  Bohn et al. (1979) atau (Bohn et al. 1979).

Buku:

Brady NC. 1990. The Nature and Properties of Soils. 10th ed. Macmillan Publ. Com., New York. 520 pp.

Jurnal:

Chang AC, GranatoTC, PageAL. 1992. A methodology for establishing phytotoxicity criteria for chromium, copper, nickel, and zinc in agricultural land application of municipal sewage sludges. J. Environ. Qual., 21:521-536.

Prosiding:

Blum WEH. 1993. Soil protection concept of the Council of Europe and integrated soil research. In H.J.P. Eijsackers and T. Hammers (Eds.). Integrated Soil Research: A Basis for Proper Protection. Kluwer Acad. Publ., Dordecht, Boston, London. p. 37-47.

Tesis atau Disertasi:

HadiS. 2012. Model spasial penggunaan lahan dan arahan rencana penggunaan lahan di Kabupaten Bogor [Tesis]. IPB. Bogor.

Jordan ME. 2001. Population dynamics of Oribatid mites (Acari: Oribatida) on horse pastures of North Central Florida[Disertasi]. University of Florida. United States.

Informasi dari internet:

Phyllosphere.2000. 7th International Symposium on the Microbiology of Areal Plant Surfaces, Berkeley, California, USA: August 3-8, 2000.http://www.cnr.berkeley.edu/p2000/ (diakses 15 Maret 2001).

 

 

Tabel dan Gambar

Tabel dibuat dengan bentuk terbuka (tanpa garis vertikal) dan diberi judul yang singkat. Judul tabel menggunakan huruf kapital pada awal kalimat. Isi tabel diketik dengan huruf Times NewRoman 11point. Catatan kaki ditulis di bawah tabel menggunakan angka dengan kurung tutup dan diketik superscript dengan huruf Times NewRoman 10point.

Gambar dan ilustrasi harus menggunakan resolusi tinggi dan kontras yang baik dalam format JPEG atau PDF. Keterangan di dalam gambar harus jelas. Jika ukuran gambar diperkecil maka semua tulisan harus tetap dapat terbaca.

Tabel dan gambar (peta, ilustrasi, grafik) harus asli (bukan fotokopi), dan dibuat pada halaman terpisah. Biaya cetak gambar berwarna dibebankan  kepada penulis.

Satuan mengikuti Standar Internasional (SI). Eksponen negatif digunakan untuk menyatakan satuan penyebut. Contoh: ton ha-1, bukan ton/ ha. Satuan ditulis menggunakan spasi setelah angka, kecuali untuk menyatakan persen. Contoh: 32 0C, bukan 320C; 12%, bukan 12 %. Penulisan desimal ditulis menggunakan koma, sedangkan penulisan ribuan ditulis menggunakan titik.

 

PROSEDUR PUBLIKASI

 

      Penulis wajib mengisi form pernyataan bahwa naskah belum pernah atau tidak sedang diajukan untukdipublikasikan dijurnal lain. Contoh form dapat diunduh dari:      . Seluruh naskah yang diterima akan dikirimkan ke Dewan Editor untuk dinilai. Dewan Editor berhakmeminta penulis untuk melakukan perbaikan sebelum naskah dikirim ke mitra bestari untuk ditelaah. Editorjuga berhak menolak naskah jika naskah tidak sesuai dengan format yang telah ditentukan.Naskah akan ditelaah oleh setidaknya dua orang ahli di bidang yang bersangkutan. Dewan Editor akanmenentukan naskah yang dapat diterbitkan berdasarkan hasil penelaahan. Hasil penelaahan akan menentukannaskah diterima atau ditolak untuk dipublikasikan di Buletin Tanah danLahan. Penulis akan menerimapemberitahuan tentang hal tersebut melalui e-mail b.tanahlahan_soilipb@yahoo.com.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Faperta IPB