Date Log
Kebijakan Strategis untuk Peningkatan Layanan Telemedicine Berdasarkan Perilaku Konsumen
Corresponding Author(s) : Megawati Simanjuntak
Policy Brief Pertanian, Kelautan, dan Biosains Tropika,
Vol. 6 No. 3 (2024): Policy Brief Pertanian, Kelautan dan Biosains Tropika
Abstract
Untuk meningkatkan kepuasan konsumen, peran pemerintah sangat diperlukan. Kementerian Komunikasi dan Informatika diperlukan untuk meningkatkan perilaku dan kepuasan konsumen dalam menggunakan telemedicine dengan cara memperkuat regulasi terkait keamanan dan privasi data dalam telemedicine, seperti persyaratan untuk enkripsi data, penyimpanan yang aman, dan prosedur keamanan yang ketat untuk melindungi informasi pribadi pasien. Kementerian Komunikasi dan Informatika juga berperan untuk melakukan peningkatan konektivitas di daerah terpencil agar pengguna telemedicine dapat mengakses layanan dengan mudah. Selanjutnya, Kementerian Kesehatan dapat melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap layanan telemedicine dengan cara memantau kualitas layanan dan kepatuhan terhadap regulasi. Lembaga perlindungan konsumen seperti BPKN (Badan Perlindungan Konsumen Nasional) dapat menyediakan informasi kepada konsumen terkait hak-hak konsumen dalam menggunakan telemedicine di antaranya memberikan informasi terkait standar kualitas layanan, hak privasi dan keamanan data, serta prosedur pengaduan jika terjadi masalah dalam penggunaan telemedicine.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Alfarizi M. 2022. Analysis of consumer technology acceptance model on Indonesian telemedicine applications. Jurnal Manajemen Teknologi. 21(1):14–32. doi:10,12695/jmt.2002.21.1.2.
Bokolo AJ. 2021. Exploring the adoption of telemedicine and virtual software for care of outpatients during and after COVID-19 pandemic. Ir J Med Sci. 190(1). doi:10.1007/s11845-020-02299-z.
Davis FD. 1989. Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. JSTORE. 13(3):319–340.
Devina R, Handayani PW, Pinem AA. 2019. Privacy Concern on Continuance of use in Online Doctor Consultation. IEEE; 2019 April 11-13. Singapore.
Djuana Siboro M, Surjoputro A, Budiyanti RT. 2021. Faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan layanan telemedicine pada masa pandemi COVID-19 di Pulau Jawa. J. Kesehatan Masyarakat. 9(5): 613-620. doi:10.14710/jkm.v9i5.30762.
Girsang MJ, Candiwan, Hendayani R, Ganesan Y. 2020. Can Information Security, Privacy and Satisfaction Influence the E-Commerce Consumer Trust? Di dalam: 2020 8th International Conference on Information and Communication Technology, ICoICT 2020. Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc.
Kamal SA, Shafiq M, Kakria P. 2020. Investigating acceptance of telemedicine services through an extended technology acceptance model (TAM). Technol Soc. 60. doi:10.1016/j.techsoc.2019.101212.
Katadata. 2022b Apr 7. Jumlah pengguna baru layanan telemedicine capai 44% dalam 6 bulan. Katadata., siap terbit.
Khotimah FKH, Fahmi I, & Hartono S. 2022. The Antecedents of Intention to Use Telemedicine. Journal of Consumer Sciences. 7(2). doi: 10.29244/jcs.7.2.97-115.
Lee WI, Fu HP, Mendoza N, Liu TY. 2021. Determinants impacting user behavior towards emergency use intentions of m-health services in taiwan. Healthcare (Switzerland). 9(5). doi:10.3390/healthcare9050535.
Orrange S, Patel A, Mack WJ, Cassetta J. 2021. Patient satisfaction and trust in telemedicine during the COVID-19 pandemic: Retrospective observational study. JMIR Hum Factors. 8(2). doi:10.2196/28589.
Peluso AM. 2011. Consumer satisfaction: advancements in theory, modeling, and empirical findings. Peter Lang. 62 Pramudita E. 2023. Exploring factors affecting user satisfaction and behavioral intention towards telemedicine services among gen-z and millennials in Indonesia: A PLS-SEM Study on Alodokter Application. J Innovation and Entrepreneurship. 5(1):1-14. doi:10.21203/rs.3.rs-2850704/v1.
Qasaimeh M, Halemah NA, Rawashdeh R, Al-Qassas RS, Qusef A. 2022. Systematic Review of E-commerce Security Issues and Customer Satisfaction Impact. Di dalam: Proceedings - 2022 International Conference on Engineering and MIS, ICEMIS 2022. Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc.
Sari GG, Wirman W. 2021. Telemedicine sebagai media konsultasi kesehatan di masa pandemic COVID 19 di Indonesia. Jurnal Komunikasi. 15(1):43–54. doi:10.21107/ilkom.v15i1.10181.
Tiara K, Antonio F. 2022. The influence of telemedicine usability on patient loyalty mediated by patients’ trust and satisfaction: a study at hospitals of state-owned enterprises in Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2326-2341:6(1).
Türkyılmaz S. 2023. Investigation of telemedicine services, an innovative and technology-based healthcare application, by using the extended Technology Acceptance Model (TAM2): An Example from Turkey. European Journal of Applied Sciences. 11(1). doi:10.14738/aivp.111.14101.
Wakhida U I, Sanaji. 2020. peran-perceived-usefulness-dan-perceived-risk sebagai-1krnsgz3sa. Jurnal Ilmu Manajemen. 8(4):1–17. doi:10.26740/jim.v8n4.p1158-1174.
Yulaikah N, Artanti Y. 2022. Decisions to Use Telemedicine During The COVID 19 Pandemic: The Effects of Perceived Fear, Information Quality, and Trust. Social Science Studies. 2(1):057–071. doi:10.47153/sss21.3142022.