Date Log
Optimalisasi Kebijakan Peran Orangtua dan Kualitas Sekolah dalam Pembentukan Disiplin Anak Usia Prasekolah untuk Menghadapi Tantangan Era Society 5.0
Corresponding Author(s) : Bekti Amalia Faron
Policy Brief Pertanian, Kelautan, dan Biosains Tropika,
Vol. 6 No. 3 (2024): Policy Brief Pertanian, Kelautan dan Biosains Tropika
Abstract
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter anak adalah proses panjang yang dilakukan di rumah dan selanjutnya dilakukan di sekolah sebagai lingkungan kedua pada anak usia prasekolah. Di era society 5.0, keterlibatan orangtua dalam mengasuh anak perlu diarahkan guna menguatkan karakter anak yang antara lain dilakukan melalui pembiasaan yang sehat bagi anak sejak dini. Metode sosialisasi yang dijalankan di rumah akan memberikan efek pada anak jika dilakukan melalui cara yang tepat, yaitu dengan memberikan teladan, memberikan penjelasan sesuai perkembangan kognitif anak, mendampingi anak, memberikan koreksi dan sanksi, pelatihan serta kesempatan terlibat dalam peristiwa sosial budaya di lingkungan rumah dan sekolah. Keterlibatan orangtua pada kegiatan sosial budaya di sekitar termasuk akses pada program stimulasi pengasuhan, baik yang diperoleh dari program pemerintah seperti Posyandu, BKB kelas pengasuhan, Puspaga, dan lain-lain ataupun dari media sosial dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kapasitas orangtua di era society 5.0. Disamping itu, pemilihan orangtua pada pendidikan prasekolah berkualitas juga dapat menjadi salah satu solusi lain bagi terbentuknya karakter tangguh anak di masa datang. Pertanyaan terkait apakah kriteria yang menjadi prasyarat pada kualitas keluarga dan sekolah, sehingga dapat menjadi pembentuk disiplin sebagai karakter tangguh di era society 5.0 akan dibahas pada tulisan ini.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Aziz OF. 2017. Peranan orang tua dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini pada lingkungan keluarga (studi kasus di dusun kukap desa poncosari kecamatan srandakan). Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 1(2): 158-171. https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/23867.
Barrett P, Treves A, Shmis T, Ambasz D. 2019. The Impact of School Infrastructure on Learning: A Synthesis of the Evidence. International Development in Focus. Washington, DC: World Bank. doi:10.1596/978-1-4648-1378-8.
Baumrind. 1971. Current Patterns of Parental Authority. Dev Psychol. 4(2): 1–103. doi:10.1037/h0030372.
Berns RM. 2010. Child, Family, School, Community Socialization and Support (Edisi ke-8). Amerika (US): Wadsworth Cengage Learning.
Bharadwaj M. 2012. Undisciplined behavior of students and the role of parents. Global Research Methodology Journal. 6: 1-9.
Clarkson A, Zierl L. 2018. An online parenting program grows digital parenting skills and parent–school connection. The Journal of Extension. 56: 5. https://doi.org/10.34068/ joe.56.05.06.
Clinton HR. 2006. It Takes a Village. Simon and Schuster.
Cochran M, Henderson Jr CR. 1986. Family matters: evaluation of the parental empowerment program. A Summary of a Final Report to the National Institute of Education. https://eric.ed.gov/?id=ED280577.
Darling-Hammond L. 2000. Teacher quality and student achievement. Education Policy Analysis Archives. 8:1. https://epaa.asu.edu/index.php/epaa/article/view/392.
Dewi FC, Yuniarsih T. 2020. Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 5(1): 1-13. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25846.
Dodge KA, Pettit GS, Bates JE. 1994. Socialization mediators of the relation between socioeconomic status and child conduct problems. Child Development. 65: 649–665.https://srcd.onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1467- 8624.1994.tb00774.x.
Dusek JB, Flaherty JF, Hill JP. 1981. The Development of The Self-Concept During The Adolescent Years. Monographs of the society for research in child development. 1-67.
Elmanora, Hastuti D, Istiqlaliyah, M. 2015. Pengaruh kesejahteraan keluarga, kualitas lingkungan pengasuhan, dan kualitas pendidikan prasekolah terhadap perkembangan kognitif anak. Institut Pertanian Bogor. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118583.
Espelage DL, Holt MK, Henkel RR. 2003. Examination of peer–group contextual effects on aggression during early adolescence. Child development. 74(1): 205-220. https://doi.org/10.1111/1467-8624.00531.
Farhatilwardah F, Hastuti D, Krisnatuti D. 2019. Karakter sopan santun remaja: Pengaruh metode sosialisasi orang tua dan kontrol diri. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. 12(2): 114-125. https://doi.org/10.24156/jikk.2019.12.2.114.
Fatimah SK, Efendi R, Liliawati W. 2020. Pengaturan diri peserta didik SMA terhadap prestasi akademik pada materi usaha dan energi. Jurnal Pendidikan Fisika. 8(2): 126-137. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3012.
Fu Y, Jordan LP, Zhou X, Chow C, Fang L. 2023. Longitudinal associations between parental migration and children's psychological well-being in Southeast Asia: The roles of caregivers' mental health and caregiving quality. Social Science & Medicine. 320: 115701.
Gilang L, Sihombing RM, Sari N. 2018. Pengaruh konteks pada ilustrasi buku pendidikan karakter terhadap perilaku disiplin anak usia dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 8(1): 41-50. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p41-50.
Grusec JE, Hastings PD. (Eds.). 2014. Handbook of socialization: Theory and research. Guilford Publications.
Hakim AL. 2011. Pengaruh pendidikan anak usia dini terhadap prestasi belajar siswa kelas I sekolah dasar di Kabupaten dan Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 17(1): 109-122. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i1.11.
Hapsari ET, Handayani DE, Prasetyo SA. 2019. Pola asuh orang tua dalam menerapkan kedisiplinan siswa kelas IV di SD Negeri Lobang 01 Batang. Jurnal Basicedu. 3(3): 870-873. http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/145.
Hastuti D, Sarwoprasodjo S, Alfiasari. 2016. An integration of family and school on strengthening the character of teenager in Indonesia: It’sa Must. Journal of Child Development Studies. 1(1): 13-27. https://www.academia.edu/download/70473752/9105.pdf.
Hidayat A, Machali I. 2012. Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah. Kaukaba.
Hidayati L, Widiana IW, Handayani DAP. 2022. Korelasi pola asuh demokratis ibu dengan kedisiplinan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. 10(1): 7-15. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.44662.
Humaeda N. 2016. Analysis of children values, academic socialization, and motivation to continue junior high school education. Journal of Child Development Studies. 1(2): 22-33.
Jipson J. 1991. Developmentally appropriate practice: culture, curriculum, connections. Early Education and Development. 2(2): 120-136. doi:10.1207/s15566935eed0202_4.
Latifah M, Alfiasari, Hernawati N. 2009. Kualitas tumbuh kembang, pengasuhan orang tua, dan faktor risiko komunitas pada anak usia prasekolah wilayah pedesaan di Bogor. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. 2(2): 143-153. https://doi.org/10.24156/jikk.2009.2.2.143.
Lestari NGAMY. 2019. Program parenting untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya keterlibatan orang tua di PAUD. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(1): 8-17. https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/issue/archive.
Lickona T. 2000. Character education: The heart of school reform. Religion & Education. 27(1): 58-64.
Liu S, Zhang D, Wang X, Ying J, Wu X. 2023. A network approach to understanding parenting: Linking coparenting, parenting styles, and parental involvement in rearing adolescents in different age groups. Developmental Psychology. 59(4): 786-800. http://dx.doi.org/10.1037/dev0001470.
Moffitt TE, Arseneault L, Belsky D, Dickson N, Hancox RJ, Harrington H, ... & Caspi A. 2011. A gradient of childhood self-control predicts health, wealth, and public safety. Proceedings of the national Academy of Sciences. 108(7): 2693-2698.
Novianti DS, Alfiasari. 2017. Kepuasan hidup mahasiswa tingkat pertama: kaitannya dengan karakter mahasiswa dan gaya pengasuhan orang tua. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. 10(1): 13-23. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.1.13.
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2024. Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. https://guru.kemdikbud.go.id/dokumen/w1BD3v6VQ5.
Prima E, Lestari PI. 2018. The improvement of the discipline for early childhood through token economy technique. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2(2): 247-254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.124.
PUSIKNAS. 2023a. Kekerasan dan kejahatan ‘bersenjata’ lebih banyak melibatkan pelajar serta mahasiswa. https://pusiknas.polri.go.id/detail_artikel/kekerasan_dan_kejahatan_%E2%80%98bersenjata%E2%80%99_lebih_banyak_melibatkan_pelajar_serta_mahasiswa.
Reppas K, Papamichael MM, Moschonis G, Cardon G, Iotova V, Bazdarska Y, ... & Manios Y. 2023. Role of parenting practices and digital media on beverage intake in European schoolchildren of different weight status. Feel4Diabetes-study. Nutrition. 115: 112142. https://doi.org/10.1016/j.nut.2023.112142.
Sa’diyah R. 2017. Pentingnya melatih kemandirian anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam. 16(1): 31-46.
Santrock JW. 2014. Child Development (edisi ke-14). McGraw-Hill Education.
Sari PP, SumardiS, Mulyadi S. 2020. Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia. 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206.
Schoch AD, Gerson CS, Halle T, Bredeson M. 2023. Children's learning and development benefits from high-quality early care and education: a summary of the evidence. OPRE Report 2023-226. Office of Planning, Research and Evaluation. https://eric.ed.gov/?id=ED639941.
Suryani E. 2023. Implementasi kolaborasi guru dan orang tua dalam pembelajaran 5.0: strategi dan tantangan dalam konteks sekolah dasar. Jurnal Kependidikan. 8(1): 89-95. https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1203.
Syahara M, Siswidiyanto D, AliMaskur SAPM. 2021. Dampak Migrasi Internasional Terhadap Pendidikan Anak Yang Ditinggalkan (Studi Kasus Pada Anak Pekerja Migran di Desa Sumberejo Pagak). Universitas Brawijaya. http://repository.ub.ac.id/189913/.
Umasyah R, Alfiasari A. 2016. Effects of socialization methods and peer attachment on character strength of school-aged children. Journal of Child Development Studies. 1(2): 1-11.
Utami F, Prasetyo I. 2021. Pengasuhan keluarga terhadap perkembangan karakter disiplin anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2): 1777-1786. doi:10.31004/obsesi.v5i2.985.
Waajid BI. 2005. The relationship between preschool children’s school readiness, social-emotional competence and student-teacher relationships. Education policy analysis archives, 8, 1. https://epaa.asu.edu/index.php/epaa/article/view/392.
Wood E, Hedges H. 2016. Curriculum in early childhood education: critical questions about content, coherence, and control. The Curriculum Journal. 27(3): 387-405. https://doi.org/10.1080/09585176.2015.1129981