Date Log
Peningkatan Perilaku Konsumsi Hijau Konsumen Muda Indonesia
Corresponding Author(s) : Megawati Simanjuntak
Policy Brief Pertanian, Kelautan, dan Biosains Tropika,
Vol. 4 No. 3 (2022): Policy Brief Pertanian, Kelautan dan Biosains Tropika
Abstract
Perilaku konsumsi hijau adalah salah satu bentuk solusi alternatif dalam upaya penyelesaian masalah lingkungan akibat kegiatan konsumsi. Pengetahuan lingkungan berpengaruh terhadap munculnya tanggung jawab lingkungan, sikap lingkungan, dan perilaku konsumsi hijau hijau. Perilaku konsumsi hijau tidak dipengaruhi oleh tanggung jawab lingkungan lingkungan, tetapi paling bes ar dipengaruhi oleh sikap lingkungan. Konsumen muda Indonesia memiliki tingkat pengetahuan lingkungan, tanggung jawab, dan perilaku konsumsi hijau pada kategori sedang. Namun, telah menunjukkan sikap lingkungan yang tinggi. Perilaku konsumsi hijau dapat di tingkatkan melalui kolaborasi berbagai pihak baik itu konsumen, pelaku usaha, maupun pemerintah. Sebagai regulator, pemerintah perlu terus mendorong ketersediaan produk ramah lingkungan, merumuskan langkah teknis terkait pengelolaan sampah dari taraf rumah tangga hingga tempat pembuangan akhir, serta mendorong masifnya pelaksanaan peraturan daerah terkait kebijakan pengurangan sampah plastik.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Bang HK, Ellinger AE, Hadjimarcou J, Traichal PA. 2000. Consumer concern, knowledge, belief, and attitude toward renewable energy: An application of the reasoned action theory. Psychol Mark. 17(6):449–468. doi:10.1002/(SICI)1520-6793(200006)17:6<449::AID-MAR2>3.0.CO;2-8.
Berglund C, Matti S. 2014. Citizen and consumer : The dual role of individuals in environmental policy. Environmental politics. 15(4): 550-571. doi:10.1080/09644010600785176.
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2020. Hasil Sensus Penduduk 2020. Jakarta (ID): BPS. Chen T, Chai L. 2010. Attitude towards the environment and green products: Consumers’ perspective. Management Science and Engineering. 4(2):27–39. http://www.flrjournal.org/index.php/mse/article/download/j.mse.1913035X20100402.002/1343. Cruz MUM,
Prabawani B. 2017. Konsumen Ramah Lingkungan: Perilaku Konsumsi Hijau Civitas Academica Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 6(4): 40-50. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/17215.
Farhanah A, Kusumastuti AE. 2020. Kesadaran Produk Ramah Lingkungan Sebagai Mediasi: Kepedulian Lingkungan dan Efektivitas Sosial Media. 2(1): 65–80.
Fryxell GE, Lo CWH. 2003. The influence of environmental knowledge and values on managerial behaviours on behalf of the environment: An empirical examination of managers in China. Journal of Business Ethics. 46:45–69. https://doi.org/10.1023/A:1024773012398.
Fraj E, Martinez E. 2006. Environmental values and lifestyles as determining factors of ecological consumer behaviour: An empirical analysis. Journal of Consumer 326 Marketing. 23(3): 133–144. doi:10.1108/07363760610663295.
Habibie A. 2020. Hubungan antara efikasi diri dan pengetahuan lingkungan dengan perilaku bertanggung jawab terhadap lingkungan. BIOEDUSCIENCE. 4(1): 21-26.
Hendrawan D, Zorigoo K. 2019. Trust in website and its effect on purchase intention for young consumers on C2C e-commerce business. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM). 17(3): 391–399. doi: 10.21776/ub.jam.2019.017.03.02.
Hume M. 2010. Compassion without action: Examining the young consumers consumption and attitude to sustainable consumption. Journal of World Business. 45(4): 385–394. doi: 10.1016/ j.jwb.2009.08.007.
Joshi Y, Rahman Z. 2015. Factors affecting green purchase behaviour and future research directions. International Strategic Management Review. 3:128-143. http://dx.doi.org/10.1016/j.ism.2015.04.001.
[KLHK] Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2020. Sistem informasi pengelolaan sampah nasional. [diakses 2021 Nov 16]. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/.
Kim SY, Yeo J, Sohn SH, Rha JY, Choi S, Choi AY, Shin S. 2012. Toward a composite measure of green consumption: an exploratory study using a Korean sample. Journal of family and economic issues. 33(2): 199-214.
Kostadinova E. 2016. Sustainable consumer behavior: Literature overview. Economic Alternatives. 2:224-234.
Lee K. 2008. Opportunities for green marketing: Young consumers. Marketing Intelligence & Planning. 26(6):573–586. doi:10.1108/02634500810902839.
Mobrezi H, Khoshtinat B. 2016. Investigating the factors affecting female consumers’ willingness toward green purchase based on the model of planned behavior. Procedia Economics and Finance. 36(16): 441–447. http://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)30062.
Mostafa MM. 2007. Gender differences in Egyptian consumers’ green purchase behavior: The effects of environmental knowledge, concern and attitude. International Journal of Consumer Studies. 31(3): 220–229. doi:10.1111/j.1470-6431.2006.00523.
Oyewole P. 2001. Social costs of environmental justice associated with the practice of green marketing. J Bus Ethics. 29(3): 239–251. doi:10.1023/A:1026592805470.
Peattie K. 2010. Green consumption: Behavior and norms. Annual review of environment and resources. 35:195-228. doi: 10.1146/annurev-environ-032609-094328.
Polonsky, MJ, Vocino A, Grau, SL, Garma R, Ferdous AS. 2012. The impact of general and carbon-related environmental knowledge on attitudes and behaviour of US consumers. Journal of Marketing Management. 28(3-4): 238-263. https://doi.org/10.1080/0267257X.2012.659279. [PERMEN] Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 75 Tahun 2019 tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah oleh Produsen. [diakses 2021 Des 20]. http://jdih.menlhk.co.id/. [PP] Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. [diakses 2022 Jul 26]. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5295/pp-no-81-tahun-2012 [PP] Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Spesifik. [diakses 2022 Jul 26]. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/138876/pp-no-27-tahun-2020 327 [PERPRES] Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024. 2020. [diakses 2021 Des 20]. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/131386/perpres-no-18-tahun-2020. PERGUB] Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019 Tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan perlu dicontoh oleh daerah-daerah di Indonesia. [diakses pada 2022 Mei 12]. https://jdih.jakarta.go.id/uploads/default/produkhukum/PERGUB_NO._142_TAHUN_2019.pdf
Saleh RM, Anuar MM, Al-Swidi AK, Omar K. 2020. The effect of awareness, knowledge and cost on intention to adopt green building practices. International Journal of Environment and Sustainable Development. 19(1): 33-58.
Tempo.co. 2021. 5 negara ini penyumbang sampah plastik terbesar di dunia, Indonesia urutan ke-3. Tempo.co., siap terbit. [diakses 2021 Okt 16]. https://tekno.tempo.co.
[UNDP] United Nations Development Programme. 2015. Sustainable Development Goals., siap terbit [diakses 2021 Des 20]. https://www.undp.org/sustainable-development-goals. Yadav R, Pathak GS. 2016. Intention to purchase organic food among young consumers : Evidences from a developing nation. Appetite. 96: 122–128. doi:10.1016/j.appet.2015.09.017.
Zuraidah R, Hashima H, Yahya K, Mohamad S. 2012. Environmental conscious behaviour among male and female Malaysian consumers. OIDA Int J Sustain Dev. 4(8): 55–64. https://ssrn.com/abstract=2131895. 328 10