Date Log
Strategi Peningkatan Minat Beli Produk Ramah Lingkungan Konsumen Indonesia
Corresponding Author(s) : Nidya Luthfi Nafila
Policy Brief Pertanian, Kelautan, dan Biosains Tropika,
Vol. 4 No. 3 (2022): Policy Brief Pertanian, Kelautan dan Biosains Tropika
Abstract
Sikap peduli lingkungan dan minat untuk mem beli produk ramah lingkungan adalah salah satu implementasi masyarakat yang memiliki tanggung jawab lingkungan. Informasi mengenai lingkungan dan word of mouth telah tersebar luas serta mudah ditemukan di berbagai media. Pengetahuan lingkungan, word of mouth, sikap peduli lingkungan, dan minat beli produk ramah lingkungan di Indonesia ter golong kategori moderate . Pengetahuan lingkungan dan word of mouth dapat memengaruhi sikap peduli lingkungan. Selain itu, penge pengetahuan lingkungan, word of mouth, sikap peduli lingkungan dapat memengaruhi minat beli p produk ramah lingkungan. Maka dari i tu, di butuhkan kerjasama antara pemerintah dengan organisasi terkait dalam menyebarluaskan informasi tentang lingkungan yang a aktual dan terkini. Selanjutnya, lembaga lembaga-lembaga terkait lingkungan dapat menyediakan akses informasi mengenai lingkungan, dapat memberi contoh aktivitas untuk menjaga kelestarian lingkungan, dan menyediakan fasilitas yang memadai untuk menunjang kelestarian lingkungan.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Bansal HS, Taylor SF, James YS. 2005. “Migrating” to new service providers: Toward a unifying framework of consumers’ switching behaviors. J Acad Mark Sci. 33(1):96–115. doi:10.1177/0092070304267928.
Barber N, Taylor DC, Strick S. 2010. Selective marketing to environmentally concerned wine consumers: A case for location, gender and age. J Consum Mark. 27(1):64–75. doi:10.1108/07363761011012967.
Chan WW, Lam JC. 2002. Prediction of pollutant emission through electricity consumption by the hotel industry in Hong Kong. Int J Hosp Manag. 21(4):381–391. doi:10.1016/S0278-4319(02)00027-0.
Chen YS, Chang CH. 2012. Enhance green purchase intentions: The roles of green perceived value, green perceived risk, and green trust. Manag Decis. 50(3):502–520. doi:10.1108/00251741211216250.
Han H, Hsu LT (Jane), Lee JS. 2009. Empirical investigation of the roles of attitudes toward green behaviors, overall image, gender, and age in hotel customers’ eco-friendly decision-making process.
Int J Hosp Manag. 28(4):519–528. doi:10.1016/j.ijhm.2009.02.004. [KLHK] Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2021. Grafik Komposisi Sampah. [diakses 2021 Nov 15]. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/.
Khare A. 2013. Consumers’ susceptibility to interpersonal influence as a determining factor of ecologically conscious behavior. Mark Intell Plan. 32(1):2–20. doi:10.1108/MIP-04-2013-0062.
Kusumawati E. 2019. Minat beli produk ramah lingkungan sebagai dampak dari implementasi green advertising. J Kaji Ilm. 19(1):57. doi:10.31599/jki.v19i1.394.
Lin LY, Ching Yuh CY. 2010. The influence of corporate image, relationship marketing, and trust on purchase intention: the moderating effects of word of mouth. Tour Rev. 65(3):16–34. doi:10.1108/16605371011083503.
Lukiarti MM. 2019. Pengaruh kepedulian lingkungan dan sikap terhadap minat beli produk hijau. Bul Bisnis Manaj. 05(1):15–28. doi:10.47686/bbm.v5i1.240.
Onel N, Mukherjee A. 2016. Consumer knowledge in pro-environmental behavior. World J Sci Technol Sustain Dev. 13(4):328–352. doi:10.1108/wjstsd-01-2016-0004.
Palakshappa N, Dodds S. 2021. Mobilising SDG 12: co-creating sustainability through brands. Mark Intell Plan. 39(2):265–283. doi:10.1108/MIP-08-2018-0360.
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2019 tentang Tata Cara Penerapan Label Ramah Lingkungan Hidup. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun 2000 tentang Standardisasi Nasional.
Sumarsono, Giyatno Y. 2012. Analisis sikap dan pengetahuan konsumen terhadap ecolabelling serta pengaruhnya pada keputusan pembelian produk ramah 318 lingkungan. Bus Manag J. 15(1):70–85. http://www.jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/Performance/article/view/73.
[UNDP] United Nations Development Programme. 2015. Sustainable Development Goals. [diakses 2021 Sep 25]. https://www.undp.org/sustainable-development-goalsutm_source=EN&utm_medium=GSR&utm_content=US_UNDP_PaidSearch_Brand_English&utm_campaign=CENTRAL&c_src=CENTRAL&c_src2=GS R&gclid=Cj0KCQjw-daUBhCIARIsALbkjSbSFmNUjbT6SxPYVLr0EOP0gLYmlGlZ2V1uTcFDInOjNDoAUu0a96. Wang Y, Li Y, Zhang J, Su X. 2019. How impacting factors affect Chinese green purchasing behavior based on Fuzzy Cognitive Maps. J Clean Prod. 240:1–10. doi:10.1016/j.jclepro.2019.118199. 319